Suka Belanja Online? Ikuti Tips Berikut Ini Biar Gak Kena Tipu!

  • 2 min read
  • Feb 28, 2020
Ikuti Tips Berikut Ini Biar Gak Kena Tipu

Sumber: pinterest.com

Diera digital ini, jual beli online bisa dikatakan sudah menjadi trend di kalangan semua masyarakat. Wajar-wajar saja jika mengingat berbelanja online kita tidak harus repot-repot keluar rumah untuk mencari barang yang diinginkan. Kalau kita ingin membeli suatu barang, maka kita hanya perlu mencarinya di toko online setelah itu memesannya. Sangat gampang dan praktis sekali.

Meski jual beli online membawa dampak positif bagi semua masyarakat, akan tetapi dibalik semua itu ada dampak negatif yang harus kita waspadai. Salah satunya adalah kasus penipuan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Banyak berbagai cara modus yang mereka lakukan kepada para konsumen. Agar kita tidak mengalami penipuan saat berbelanja online, salah satu cara yang harus kita lakukan adalah tetap waspada dan selektif dalam memilih toko online. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tidak terjebak penipuan di toko online.

  • Pilih Situs Belanja Online Terpercaya

Pilih Situs Belanja Online Terpercaya

Sumber: pinterest.com

Supaya kamu tidak kena tipu saat berbelanja online, pilihlah situs belanja online terpercaya dan sudah mempunyai kredibilitas di dunia jual beli online. Baca juga apakah situs belanja online tersebut ada kebijakan garansi barang sampai pengembalian uang kalau barang yang diterima tak kunjung datang atau keadaan cacat. Jangan lupa, pastikan data-data pribadi dilindungi dengan baik dan tidak dipublikasikan ke pihak lain.

  • Jangan Terlena dengan Harga Murah

Jangan Terlena dengan Harga Murah

Sumber: pinterest.com

Untuk mengetahui harga barang yang akan dibeli, ada baiknya konsumen mencari tahu dulu kisaran harga barang tersebut di internet. Sehingga bisa menghindari penipuan barang online di toko yang menjual barang tersebut dengan harga yang miring. Misalnya, headset bluetooth Xiaomi Mi Basic seharga Rp 185.000, tapi di toko online tersebut harganya senilai Rp 50.000. Kamu tentu patut mencurigai barang tersebut tidak ori atau KW.

  • Baca Dulu Deskripsi Produk

Baca Dulu Deskripsi Produk

Sumber: kontenmania.com

Sebelum memutuskan untuk membeli produk yang diinginkan, kamu wajib membaca deskripsi dari produk tersebut dulu dengan teliti. Pastikan produk tersebut sesuai dengan yang kamu harapkan. Semisal ada yang kurang jelas, kamu bisa menghubungi pihak penjualnya langsung untuk mengetahui lebih jelas tentang produk tersebut.

  • Cek Review Penjual

Cek Review Penjual

Sumber: pinterest.com

Para konsumen bisa menilai review penjual yang diberikan oleh pembeli-pembeli lain yang sebelumnya pernah membeli barang tersebut di toko belanja online yang bersangkutan. Kalau review yang dikasih pembeli bernilai positif, maka kamu bisa melanjutkan transaksi di toko online tersebut. Tapi kalau sebaliknya, ada baiknya kamu cari toko belanja online lain yang menjual produk yang diinginkan.

  • Utamakan COD (Cash on Delivery)

Utamakan COD (Cash on Delivery)

Sumber: prooyo.com

Saat kamu ingin membeli barang di toko online, lebih baik selalu mencari toko online yang menyediakan jasa COD (Cash on Delivery) agar bisa melakukan transaksi langsung dan menerima barang dari pihak si penjualnya. Dengan begitu, kamu pun bisa langsung mengecek barang yang kamu beli. Sehingga bisa meminimalkan tindakan penipuan.

  • Simpan Bukti Transaksi

Simpan Bukti Transaksi

Sumber: pinterest.com

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, simpan lah bukti transaksi seperti histori pembicaraan dengan si penjual, resi transaksi hingga transaksi yang benar-benar selesai. Jika terjadi kesalahan pengiriman atau barang tidak kunjung datang hingga melewati batas waktu, konsumen bisa memberikan bukti-bukti tersebut kepada si penjual.

  • Asuransikan

Asuransikan

Sumber: east.vc

Disarankan minta penjual menambahkan asuransi di pengiriman barang tersebut. Meskipun harus bayar lebih untuk biaya asuransi tersebut yang penting pesanan headset bluetooth Samsung datang dalam kondisi baik dan cepat. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih puas dengan barang-barang yang diterima nantinya.

Dengan kamu mengikuti tahap-tahap di atas, semoga kegiatan jual beli online kamu bisa berjalan dengan lancar dan terhindar dari penipuan, ya. Baca juga informasi Poin Penting Dalam Bisnis Restoran yang Wajib di Ketahui.