Cara Menormalkan Tekanan Darah dan Tips Menjaga Agar Tetap Stabil

  • 2 min read
  • Dec 22, 2020
Cara Menormalkan Tekanan Darah dan Tips Menjaga Agar Tetap Stabil

Cara menormalkan tekanan darah bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan berobat ke dokter dan meminum obat secara teratur atas petunjuk dokter. Dengan begitu, tekanan darah anda akan cepat normal kembali. Namun, ada juga cara lainnya yang bisa anda tempuh untuk membuat tekanan darah normal. Untuk itu, jangan beranjak dari layar baca anda karena kita akan bahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Tekanan Darah merupakan salah satu parameter yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan kita. Tidak boleh terlalu rendah, dan juga terlalu tinggi. Nilai yang normal untuk tekanan darah kurang lebih adalah 130/80 mmHg. Oleh sebab itu, anda yang kebetulan sudah memiliki penyakit ini hendaklah rajin melakukan beberapa tips yang akan kita bagikan ini. Tunggu apa lagi, mari kita simak bersama.

Cara Menormalkan Tekanan Darah dan Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

1# – Batasi Konsumsi Garam

Sudah bukan rahasia lagi, garam merupakan salah satu makanan yang dapat memicu tekanan darah naik dengan cepat. Oleh sebab itu, sangat logis apabila kita harus menjaga atau membatasi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh kita. Menurut kesehatan, batasan konsumsi garam perhari adalah 2 gram atau setara dengan 1 sendok teh. Jadi, bila anda masih memiliki kebiasaan konsumsi garam berlebih atau hobi mengkonsumsi makanan dengan rasa asin dan gurih yang tajam, segeralah dikurangi.

2# – Perbanyak Makan Buah & Sayur

Entah disadari atau tidak, penyakit yang ada pada diri kita sebagian berasal dari makanan yang kita makan. Termasuk juga tekanan darah. Oleh karena itu, tips ke dua setelah batasi konsumsi garam, adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain bermanfaat untuk kesehatan secara umum, buah dan sayur juga secara tidak langsung akan menurunkan tekanan darah secara perlahan. Hal ini karena kandungan dan manfaat yang terdapat di dalamnya.

Bahkan sebagian buah – buahan dan sayuran telah diteliti dan terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah. Diantara buah dan sayur yang baik dikonsumsi adalah Buah Bit, Pisang, Kiwi, Mentimun, Tomat, Alpukat dan juga sayuran hijau lainnya. Memperbanyak menkonsumsi buah dan sayur bukan hanya sebagai ikhtiar penurun tekanan darah, namun juga meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu regenerasi sel – sel di dalam tubuh kita.

3# – Olahraga

Apakah anda selalu rutin berolahraga ? Bila jawaban anda Ya, maka anda sudah benar, karena itu adalah salah satu langkah efektif yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Olahraga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, diantaranya adalah melancarkan peredaran darah yang secara tidak langung akan membuat tekanan darah menjadi normal. Selain itu, olahraga juga dapat membakar timbunan lemak tubuh yang juga merupakan pemicu tidak normalnya tekanan darah. Oleh sebab itu, biasakan berolahraga secara teratur.

4# – Hindari Stress

Tips dan cara menormalkan tekanan darah yang sudah kita bicarakan diatas bisa jadi tidak berpengaruh terhadap anda ketika anda tidak memiliki sistem managemen stress yang baik. Bahkan sebagian orang yang notabebe memiliki tekanan darah normal akan menjadi naik ketika dilanda stress yang bekepanjangan. Oleh sebab itu, pintar – pintarlah untuk mengatur dan menetralisir stress anda.

5# – Cek Setiap Waktu

Berikutnya adalah cara ampuh agar tekanan darah anda tetap dalam kondisi normal. Tekanan darah seringkali tidak menimbulkan gejala yang berarti. Dengan demikian, kita tidak pernah tahu berapa tekanan darah kita tanpa mengukurnya. Oleh sebab itu, saran kami belilah sebuah tensimeter yang praktis dan mudah digunakan agar anda bisa mengecek kondisi tekanan darah anda setiap saat. Anda bisa membelinya di toko alat kesehatan terdekat atau anda bisa juga membeli secara online.

Kiranya ini saja yang bisa kita uraikan dalam kesempatan kali ini. Mudah – mudahan tips dan cara mudah menormalkan tekanan darah yang singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan selamat beraktifitas.