Cara Mencatat Transaksi dan Laporan Keuangan di BukuWarung

  • 2 min read
  • Aug 18, 2021
BukuWarung

Sebagai salah satu aplikasi terbaik di bidang pengembangan bisnis UMKM, BukuWarung memiliki fitur Catat Transaksi. Melalui fitur ini, aplikasi laporan keuangan menjadi lebih rapi disertai penghitungan cepat karena dilakukan secara praktis dan otomatis.

Daftarkan Diri dan Bisnis Anda di BukuWarung

BukuWarung merupakan aplikasi pembukuan yang menawarkan proses kalkulasi dan rekap instan bagi UMKM di seluruh Indonesia. Setiap fitur telah disiapkan untuk mencatat, mengirim dana, hingga memasukkan catatan hutang.

Sebelum melakukan pencatatan secara langsung, sudah pasti Anda perlu membuat akun dan mendaftarkan bisnis terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Download aplikasi BukuWarung melalui Google PlayStore
  • Aplikasi berhasil terpasang. Saatnya untuk memasukkan nomor HP untuk menerima kode OTP lewat SMS atau Whatsapp
  • Input kode OTP pada kolom pengisian yang tersedia. Tunggu sampai beberapa saat untuk proses verifikasi akun
  • Pendaftaran telah berhasil. Anda akan diarahkan langsung menuju menu utama

Cara Mencatat Transaksi Pemasukan dan Penjualan

Dalam fitur Catat Transaksi, terdapat dua pilihan menu yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yaitu Pengeluaran dan Penjualan. Masing-masing dapat dioperasikan lewat pengalaman dan cara yang mudah, yaitu:

1. Penjualan

Selain memasukkan dalam catatan, Anda juga dapat melakukan pemantauan lewat hasil hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Klik pilihan fitur Catat Transaksi pada menu utama
  • Lanjutkan dengan mengklik pilihan Penjualan
  • Masukkan harga atau nominal produk yang dijual pada Total Penjualan
  • Input Harga Pokok/Modal barang. Apabila tahapan ini sudah dilakukan, jangan ulangi pada kesempatan berikutnya untuk menghindari catatan ganda
  • Pilih status pembayaran berdasarkan transaksi yang sedang terjadi, Lunas atau Belum Lunas
  • Masukkan Barang Terjual untuk mengurangi stok produk secara otomatis
  • Input informasi tambahan pada bagian kolom Catatan serta Kategori Transaksi yang keduanya bersifat opsional. Tujuannya untuk memberikan informasi lebih detail terkait transaksi yang sedang berlangsung
  • Masukkan juga Nama Pelanggan untuk melengkapi data yang ada
  • Pilih tanggal terjadinya transaksi (opsional)
  • Bila data-data yang diisikan sudah lengkap, pilih tombol Simpan Transaksi

2. Pengeluaran

  • Lakukan input pada nominal pengeluaran
  • Masukkan Barang Dibeli untuk memberikan informasi lebih detail mengenai barang yang telah dibeli
  • Pilih Kategori sesuai barang yang telah terbeli, contohnya pulsa, stok produk, cicilan, dan sebagainya. Tambahkan kategori baru bila pilihan yang tertera tidak sesuai dengan golongan barang tersebut
  • Isi juga kolom Catatan serta Kategori Transaksi. Keduanya juga bersifat tidak wajib atau opsional karena manfaatnya untuk menambahkan informasi lebih detail pada transaksi
  • Ubah dan masukkan tanggal bila perlu. Selesaikan pencatatan dengan mengklik Simpan Transaksi

Aplikasi keuangan terbaik ini tentu harus Anda miliki selama menjalankan dan mengembangkan bisnis. BukuWarung tersedia secara gratis hingga memberikan ruang yang lapang untuk mengurus lebih dari satu bisnis secara mudah dan aman. Gunakan sekarang!