Bermasalah dengan Kulit Kering? Simak Informasi-Informasi Penting Berupa Penyebab, Hal yang Harus Dihindari, dan Juga Cara Perawatan Wajah Kering

  • 4 min read
  • Dec 12, 2019
Bermasalah dengan Kulit Kering? Simak Informasi-Informasi Penting Berupa Penyebab, Hal yang Harus Dihindari, dan Juga Cara Perawatan Wajah Kering

Wajah yang sehat dan juga bercahaya adalah hal yang diidamkan oleh setiap wanita. Sayangnya hal tersebut tidak bisa didapatkan dengan mudah, apalagi bila wajah Anda kering. Wajah yang kering ini bisa menyebabkan beberapa masalah kulit seperti ruam, kulit terkelupas, penuaan, garis-garis halus, serta kerutan bisa muncul di wajah yang kering. Tidak hanya wajah yang kering saja yang menjadi momok, wajah kusam pun juga menjadi masalah bagi para wanita. Tentu saja kondisi wajah seperti ini membuat Anda tidak percaya diri. Untuk mengatasi wajah yang kering, Anda perlu melakukan perawatan wajah yang sesuai untuk wajah kering. Sebelum membahas mengenai perawatan wajah, terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab terjadinya wajah kering, yaitu suhu udara yang dingin serta kelembapan udara yang rendah, mandi dengan air yang suhunya terlalu panas, terlalu lama mandi, menggunakan secara berlebihan sabun atau bahan antiseptik, menggosok tubuh terlalu sering, mengkonsumsi suatu obat yang membuat kulit kering, dan berlebihan saat menggosokan handuk di bagian tubuh. Penyebab wajah kering sudah diketahui, namun Anda tetap harus menghindari beberapa kesalahan dalam perawatan wajah kering berikut ini.

Hindari 2 Hal Ini Saat Melakukan Perawatan Wajah Kering

  1. Tidak melakukan perawatan wajah yang benar yaitu menggunakan masker sebelum tidur

Sebenarnya melakukan perawatan wajah pada malam hari mudah untuk Anda lakukan, misalnya dengan menggunakan serum dan pelembab. Selain itu menggunakan masker wajah juga sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki wajah kering karena masker wajah bisa memberikan hidrasi dan menjaga kelembapan kulit Anda. Jadi sebelum tidur lakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker wajah ya!

  1. Melakukan perawatan wajah yang salah dengan menggunakan pelembab berbahan minyak  Anda harus memahami jenis kulit dan kebutuhannya. Jangan gunakan produk yang terbuat dari bahan dasar minyak. Untuk alternatifnya gunakan pelembab yang memiliki kandungan asam laktat. Kandungan asamnya dapat melenyapkan lapisan kulit mati yang lebih baik dibanding dengan pelembab yang memiliki kandungan minyak berlebih. Maka dari itu lakukan perawatan wajah dengan menggunakan pelembab wajah yang mengandung asam laktat.

Bermasalah dengan Kulit Kering? Simak Informasi-Informasi Penting Berupa Penyebab, Hal yang Harus Dihindari, dan Juga Cara Perawatan Wajah Kering

Cara Melakukan Perawatan Wajah Kering dengan Bahan-Bahan alami

  1. Lakukan perawatan wajah kering dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih

Cara melakukan perawatan wajah kering yang satu ini cukup mudah dilakukan ya, Anda tinggal memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, serta air putih secara rutin akan membantu Anda menghindari risiko wajah kering dan Anda pun menjadi jauh lebih segar.

  1. Lakukan perawatan wajah kering dengan mengkonsumsi buah cranberry

Melakukan perawatan wajah kering bisa juga dengan mengkonsumsi satu gelas jus Cranberry setiap harinya. Buah Cranberry sudah dikenal oleh banyak orang dapat memberikan hidrasi pada wajah ataupun kulit kering. Selain itu Anda bisa juga menambahkan sesendok bubuk akar Dandelion yang bisa membantu mengeluarkan kandungan garam berlebih di dalam tubuh yang bisa menyebabkan dehidrasi.

  1. Lakukan perawatan wajah kering dengan mengkonsumsi ikan

Untuk mencegah kulit atau wajah yang kering secara alami para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi banyak ikan. Coba Anda lakukan perawatan wajah kering dengan menyeimbangkan diet, yaitu mengkonsumsi lebih banyak ikan serta sayuran untuk memberikan tubuh berupa dosis asam lemak serta vitamin yang bisa membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

  1. Lakukan perawatan wajah kering dengan mengaplikasikan pelembab alami

Cara perawatan wajah kering berikut ini bisa juga Anda terapkan untuk mencegah kulit kering. Coba siapkan bahan-bahan alami seperti bubuk almond, minyak argan, dan madu yang dapat membantu proses pengelupasan pada kulit wajah. Setelah bahan-bahan sudah siap campurkan bubuk almond sampai halus untuk menghilangkan bagian yang bergerigi yang mungkin bisa menggores permukaan kulit wajah Anda.

  1. Lakukan perawatan wajah kering dengan lidah buaya

Perawatan wajah kering bisa juga dilakukan dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya ini memang sudah dikenal sebagai bahan alami terbaik yang biasa digunakan untuk kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang ada di dalam lidah buaya sangat bermanfaat untuk melawan paparan sinar matahari dan juga kulit kering. Caranya adalah dengan menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya dan minyak almond.

  1. Lakukan perawatan wajah kering dengan minyak kelapa

Perawatan wajah kering selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini adalah salah satu bahan alami yang sederhana dan ekonomis yang bisa Anda gunakan untuk melawan kulit wajah yang kering. Bila Anda memiliki kulit wajah kering, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada bagian wajah Anda. Tidak hanya kulit, bibir kering pun juga bisa diatasi dengan mengoleskan minyak ini. Benar-benar bermanfaat bagi tubuh ya minyak kelapa!.

  1. Lakukan perawatan wajah kering dengan yoghurt dan telur                                                                                                                                                Protein dan lemak baik yang terkandung di dalam telur dan yoghurt dapat dimanfaatkan untuk mencegah kulit kering secara alami. Kombinasi kedua bahan tersebut juga bisa bermanfaat untuk menyehatkan dan melindungi kulit. Bila Anda tertarik membuatnya, siapkan yoghurt murni tanpa tambahan gula dan perasa dan telur, ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan dengan telur. Aplikasikan campuran tersebut ke kulit yang kering dan pijat secara perlahan hingga meresap dengan sempurna. Sebelum Anda bersihkan tunggu kurang lebih 10 menit. Terakhir bilas dengan air hangat hingga bersih. Dengan melakukan perawatan wajah menggunakan cara ini dengan rutin wajah Anda pun tidak akan kering lagi deh.
  2.  Lakukan perawatan wajah kering dengan masker alpukat

Cara perawatan wajah kering secara alami yang satu ini juga tidak kalah lho dengan cara yang lain!. Alpukat memang sangat bermanfaat bagi kulit Anda lho!. Manfaat buah ini diantaranya adalah bisa membuat kulit halus dan lembab. Dengan begitu buah alpukat bisa Anda gunakan untuk melawan kulit kering. Caranya dibuat menjadi masker. Cara membuat masker alpukat sendiri adalah campurkan alpukat dengan madu. Asam lemak yang terdapat di dalam campuran alpukat mempunyai sifat alami anti bakteri. Nah kalau madu bermanfaat untuk menghidrasi kulit yang kering dan juga melawan noda.

  1. Lakukan perawatan wajah kering dengan teh hijau

Cara perawatan wajah kering dengan bahan alami ini menggunakan teh hijau. Caranya adalah memakai teh hijau, minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, serta minyak lavender. Kombinasi teh hijau dengan salah satu minyak tersebut dapat bermanfaat untuk menenangkan kulit kering dan juga kulit sensitif yang mengalami iritasi.

  1. Lakukan perawatan wajah dengan krim susu

Ternyata susu juga bisa bermanfaat untuk mengatasi kulit kering lho!. Cara perawatan wajah kering dengan susu ini pertama siapkan kain lap, baskom kecil yang sudah diisi susu dingin, dan baskom kecil berisi air hangat. Lalu usapkan pada bagian kulit yang kering, misalnya wajah selama 5 sampai 7 menit. Kemudian cuci susunya dengan lap yang sebelumnya dicelupkan ke dalam air hangat. Lakukan rutin setiap hari ya!.