Berapa Lama Rehabilitasi Narkoba? Ini Jawabannya!

  • 2 min read
  • Sep 14, 2021

Jika bicara mengenai berapa lama rehabilitasi narkoba, tentu jawabannya sangat bervariatif. Ada yang berlangsung sangat cepat dan juga cukup lama bahkan hingga 6-12 bulan. Hal tersebut tergantung pada tingkatan pecandu dalam mengonsumsi narkotika.

Berapa Lama Rehabilitasi Narkoba?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa proses rehabilitas bergantung pada jenis tingkatannya. Jadi, tak ada jangka waktu khusus yang bisa diketahui sebelum melalui proses pemeriksaan pasien. Jika Anda masih bingung dengan hal itu, berikut penjelasannya.

  1. Definis Rehabilitasi Narkoba

Rehabilitasi narkoba ialah sebuah metode untuk memulihkan para pecandu dari narkoba tentunya. Mengenai prosesnya bisa saja akan berjalan tidak sebentar. Hal ini dikarenakan butuh penangan khusus dan berbagai macam tahap guna pemulihan pasien tersebut.

Pada prosesnya tergantung tingkatan candu pasien dan lama tidaknya konsumsi narkoba dalam. Masalah seperti itu pastinya membutuhkan waktu lebih guna memulihkan pecandu supaya terlepas dari ketergantungan. Itulah mengapa pentingnya tahap rehabilitasi.

  1. Tujuan Dilakukan Rehabilitasi Narkoba

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau rehabilitasi ialah salah satu langkah guna memulihkan Pasien atau pecandu kembali pulih. Tentu targetnya adalah untuk dapat terbebas dari ketergantungan. Alhasil angka penyalahgunaan narkoba pun otomatis akan berkurang.

Semua orang sadar kalau narkoba memiliki dampak buruk terhadap para penggunanya. Bahkan hal ini juga bisa dirasakan pada lingkungan sekitar. Oleh sebab itu pemerintah berusaha dalam menekan angka penyalahgunaan narkotika melalui layanan rehabilitasi.

  1. Syarat Rehabilitasi Narkoba

Untuk dapat layanan rehabilitasi, tentu ada beberapa syarat yang telah buat dalam hukum. Jadi, bisa dikatakan bahwa hal ini tidak dilakukan secara sembarang. Terlebih pasien wajib memenuhi berbagai macam ketentuan supaya mendapatkan fasilitas rehabilitasi.

Beberapa syarat diantaranya ialah pecandu telah tertangkap pihak penyidik baik Polri atau BNN. Dalam kasus ini BB (barang bukti) yang ada berupa narkoba dosis kecil atau pemakai. Kemudian sudah dilakukan uji lab (urine) untuk memastikan positif atau negatif.

  1. Berapa Biaya Dan Lama Proses Rehabiltasi Narkoba

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah perihal berapa lama Rehabiltasi narkoba. Lagi-lagi jawabannya adalah sangat bergantung pada jenis kasusnya. Ada yang hitungan 28 hari, 6 bulan Hingga satu tahun, ditentukan oleh keterkaitan pasien.

Perihal biaya sejauh ini bisa dikatakan gratis. Pasalnya, pemerintah beserta pihak terkait memiliki tempat rehabilitasi yang tersebar luar diseluruh Indonesia. Selain tu tak dipungut biaya apapun. Jadi Anda dapat menikmati layanan rehabilitasi sesuai rekomendasi.

  1. Cara Mendaftar Rehabilitasi Narkoba Secara Offline

Langkah awal yang perlu dilakukan agar bisa mendapatkan layanan rehabilitasi adalah membuat surat pengajuan. Permohonan tersebut diajukan kepada pihak terkait yaitu IPWL. Institusi Pertawa Wajib Lapor menerima ajuan bagi siapapun yang ingin rehabilitasi.

Namun, dalam surat pengajuan tentu memiliki format ketentuan. Anda bisa mencari informasi selengkapnya pada Website terkait atau BNN dan lainnya. Nantinya akan dali arahkan ke setiap tahap yang perlu dilakukan. Perihal biaya sejauh ini bersifat gratis.

  1. Caa Mendaftar Rehabilitasi Secara Online

Selain mendaftar dengan cara offline melalui surat permohonan, kini hal itu dapat dilakukan secara online. Pihak BNN telah menyiapkan sebuah situs guna dimanfaatkan dan bisa mendaftar mudah. didalamnya terdapat berbagai keterangan untuk mengajukan rehabilitasi.

Perihal prosesnya pun tergolong cukup mudah. Anda diarahkan pada setiap langkah pendaftaran. Situs tersebut sengaja dibuat untuk memudahkan masyarakat yang mau memanfaatkan layanan rehabilitasi. Jadi tidak perlu pengajuan secara langsung.

Itulah tadi jawaban dari berapa lama rehabiltasi narkoba serta pertanyaan lainnya yang mungkin masih cukup membingungkan. Pada intinya, jangka waktu pemulihan tergantung pasien. Salah satunya adalah kerjasama selama proses serta tingkat candu pada narkoba.