Pengertian Teks Eksposisi dalam Dunia Menulis

  • IsengNulis
  • Jan 09, 2021
Pengertian Teks Eksposisi

Penggemar dunia tulis-menulis tentu tidak asing dengan berbagai jenis teks atau paragraf, salah satunya adalah teks eksposisi. Secara umum pengertian teks eksposisi adalah sebuah paragraf yang dapat ditulis guna memberi informasi, menggambarkan, menjelaskan, bahkan memaparkan suatu topik tertentu kepada orang lain.

Teks eksposisi biasa digunakan untuk pembuatan  tugas sekolah, makalah, penulisan buku pelajaran, laporan ilmiah dan masih banyak penulisan lain yang dapat menggunakan teks eksposisi. Bahasa yang biasa digunakan dalam penulisan teks eksposisi adalah bahasa yang lugas, format, berjenis nonfiksi dan baku.

Penulisan teks eksposisi disertai dengan data-data informasi yang dapat dipertanggungjawabkan mengenai setiap subjek yang akan dibahas. Teks eksposisi bersifat ajakan serta tidak memihak salah satu atau dapat dikatakan netral.

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ensiklopedia

Pengertian teks eksposisi ternyata juga terdapat dalam beberapa ensiklopedia, diantaranya :

  1. Merriam-Webster Dictionary

Dalam Meriam-Webster Dictionary menyatakan arti teks eksposisi yakni suatu wacana yang telah disusun guna menyampaikan informasi atau menjelaskan suatu hal yang memang sulit untuk dipahami.

  1. Wikipedia

Dalam wikipedia tertulis bahwa teks eksposisi merupakan pengembangan paragraf dalam suatu penulisan yang bertujuan memberi pengertian menggunakan gaya penulisan yang akurat, padat dan singkat.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam KBBI teks eksposisi diartikan sebagai paparan atau uraian yang memiliki tujuan untuk menjelaskan tujuan dan maksud dari karangan.

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

Selain pengertian teks eksposisi secara umum dan ensiklopedia terdapat beberapa pengertian menurut para ahli. Berikut beberapa pengertian dari teks eksposisi yang dikemukakan dari laman Cryptowi.com :

  1. Gerot dan Wignell

Menurut Gerot teks eksposisi merupakan suatu teks dengan tujuan utama yakni meyakinkan para pembaca untuk berpikir dari sudut pandang tertentu.

  1. Macken

Pengertian teks eksposisi menurut Macken adalah suatu teks faktual dimana didalamnya terdapat argumen atau sudut pandang tertentu yang melibatkan urutan logis dibandingkan temporal.

  1. Jos Daniel Parera

Memberikan pengertian dari teks eksposisi yakni tulisan yang bertujuan memberikan informasi kepada pembaca. Penulis dan pengarang berusaha untuk memberikan paparan kejadian atau masalah untuk pembaca memahaminya.

  1. Gorys Keraf

Menurut Gorif teks eksposisi merupakan bentuk wacana yang berusaha untuk menguraikan suatu objek sehingga dapat memperluas pengetahuan dan pandangan pembaca.

  1. Mark Anderson dan Kathy Anderson

Mereka mengungkapkan bahwa teks eksposisi merupakan penggalan teks yang dapat mempresentasikan permasalahan tertentu. Menurut mereka berdua tujuan dari teks eksposisi yakni mengajak pendengar atau pembaca melalui suatu argumen yang dipaparkan.

  1. Nasucha

Teks eksposisi memiliki tujuan untuk menjelaskan, memaparkan, mengajarkan, memberi indormasi serta menerangkan suatu hal tanpa adanya desakan atau ajakan untuk pembaca mengikutinya.

  1. Aceng hasani

Menurut Aceng teks eksposisi adalah bentuk tulisan yang dapat digunakan untuk penyampaian uraian ilmiah serta tidak bertujuan mempengaruhi pembaca. Melalui teks yang telah dibaca, para pembaca tidak dipaksa menerima pendapat dari penulis melainkan dapat menolak ataupun hanya menerimanya saja.

  1. Chaeral Alwasilah dan Semmy Suzanna Alwasilah

Teks eksposisi merupakan suatu tulisan dengan tujuan menjelaskan, mengklarifikasi, mengevaluasi suatu permasalahan dan mendidik. Dalam hal ini penulis berniat untuk memberi petunjuk atau informasi kepada pembaca.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Setelah mengetahui pengertian dari teks eksposisi, sangat perlu bagi penulis untuk mengetahui ciri – ciri teks eksposisi, diantaranya :

  1. Teks eksposisi berisikan fakta.
  2. Menggunakan bahasa yang baku dengan beragam laras ilmiah serta gaya bahasa yang lugas.
  3. Tanda baca dan ejaan harus diperhatikan dalam penulisan teks eksposisi
  4. Teks eksposisi bersifat informatif yang artinya pembaca akan merasa mendapat informasi baru setelah selesai membaca.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Jika dilihat dari pola pengembangan suatu paragraf, teks eksposisi terdiri atas beberapa bagian diantaranya :

  1. Eksposisi ilustrasi

Memiliki tujuan untuk memberi gambaran terhadap suatu ide nyata supaya pembaca memahami teks dengan baik. Penggambaran tersebut dapat dilihat dari kesamaan sifat masing-masing topik dengan ciri adanya konjungsi bagaikan atau seperti.

  1. Eksposisi definisi

Teks eksposisi definisi menjelaskan suatu topik tertentu secara definitif atau dengan kata lain memberikan penjelasan menggunakan batasan makna.

  1. Eksposisi perbandingan

Salah satu ciri dari eksposisi perbandingan adalah membandingkan satu dengan yang lainnya sehingga pembahasan dalam persoalan akan lebih jelas.

Related Post :