Memahami Passive Income dan Manfaatnya Bagi Masyarakat

  • 3 min read
  • Mar 05, 2021
Passive Income

Pengertian passive income adalah pendapatan yang diperoleh dengan cara mudah (tidak terlalu banyak usaha). Ada beberapa ide yang menghasilkan pendapatan pasif yang membutuhkan banyak pekerjaan, seperti mengembangkan blog atau menyewakan properti, tetapi akhirnya, mereka menghasilkan uang dengan sendirinya tanpa upaya yang begitu keras.

Alasan mengapa seseorang perlu mempunyai passive income

Penghasilan pribadi adalah alat penghasil kekayaan terbesar – sesuatu yang membutuhkan partisipasi aktif individu. Jadi, bahkan jika seseorang memiliki pekerjaan penuh waktu, dia akan menerima penghasilan tambahan tanpa harus bersusah payah. Dengan penghasilan tambahan, seseorang dapat mengembangkan basis pembangunan kekayaan sehingga mudah untuk pensiun dini, gunanya mengerti tentang pengertian passive income.

Selain itu, penghasilan pasif adalah rencana cadangan jika orang tersebut kehilangan pekerjaan hariannya dan menawarkan alternatif jika seorang pensiunan hidup lebih lama dari rencana pensiun.

Berapa banyak penghasilan yang bisa didapat?

Passive income tidak menjamin kekayaan dalam semalam. Oleh karena itu, seseorang tidak boleh berharap lebih untuk menjadi kaya begitu cepat. Namun, peluang mendapatkan passive income yang stabil dan menguntungkan dapat menyebabkan seseorang mengumpulkan pendapatan dalam jangka waktu yang lama. Itu berarti beberapa ribu dolar hingga ratusan lebih berdasarkan aliran pendapatan yang ada.

Berbagai Cara untuk Membangun Passive Income

Ada banyak cara berbeda untuk membangun penghasilan pasif. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Berinvestasi

Setiap kali seseorang menyebutkan passive income, ada orang yang berpikir untuk berinvestasi karena berpotensi menghasilkan hasil yang baik dengan cepat dan dengan sedikit usaha. Namun, pendapatan pasif dan rencana pensiun tidak boleh dianggap sama.

Tujuan melakukan investasi adalah untuk memastikan ada aliran pendapatan selama masa pensiun. Sangat ideal untuk berinvestasi dalam skema pensiun karena dengan begitu, seseorang dapat membangun rencana pensiun yang baik, meskipun ada denda atau pajak jika penarikan dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo.

  1. Real estat

Cara cerdas untuk menghasilkan pendapatan pasif setelah semua hutang dilunasi dan adalah mencari tambahan uang tunai dengan mempertimbangkan properti real estat untuk disewakan. Sebelum membeli properti bersihkan riwayat kredit, lalu beli properti dengan uang tunai. Tidak ada gunanya mencari hutang untuk membiayai pembelian properti. Hal-hal menjadi rumit ketika ada hipotek yang harus dilunasi, namun pinjaman digunakan untuk membeli properti.

Masuk akal juga untuk membeli properti di sekitar untuk memastikan bahwa pemiliknya dapat menjaganya dengan baik. Ini berarti berkonsultasi dengan agen properti yang memahami area pemilik untuk memastikan properti baru dapat menarik penyewa.

Properti sewaan adalah sumber pendapatan tambahan yang baik, meskipun merupakan salah satu sumber pendapatan paling pasif karena akan membutuhkan waktu dan upaya untuk menjaganya dalam kondisi baik. Jadi, seseorang yang memilih real estat harus memiliki kendali atas properti itu setiap saat.

Ide Penghasilan Pasif Lainnya

  1. Ruang iklan digital

Menjual ruang iklan digital adalah cara brilian untuk menghasilkan pendapatan pasif bagi mereka yang memiliki ide hebat dan basis audiens yang signifikan. Saluran YouTube atau blog dapat menghasilkan banyak lalu lintas online, yang pada akhirnya dapat dimonetisasi.

Jika kontennya menawan, dan menerima banyak lalu lintas setiap hari, menjual ruang iklan di blog terdengar seperti ide menghasilkan uang yang bagus. Begitu seseorang menetapkan sesuatu ke mode “angkat berat”, dia dapat bersantai dan melihat pendapatan tumbuh dengan sendirinya.

  1. Produk digital

Jika ada cara kreatif untuk menghasilkan konten, ini dapat digunakan untuk menghasilkan lalu lintas ke iklan apa pun. Yang dibutuhkan hanyalah produk yang akan membuat audiens tergoda untuk membeli. Ini biasanya berarti ebook atau aplikasi yang menawarkan potensi untuk menghasilkan pendapatan untuk waktu yang lama.

  1. Simpan untuk menyimpan barang-barang orang

Kebanyakan orang menyimpan banyak barang di rumah mereka, dan mereka selalu mencari cara yang murah untuk menyimpannya. Tidak ada yang lebih mudah daripada dibayar untuk menyimpan barang orang lain. Namun, menghasilkan pendapatan pasif dari menyimpan barang untuk orang membutuhkan investasi awal yang besar untuk memperoleh struktur penyimpanan.

Alternatifnya adalah sesuatu yang sederhana seperti membiarkan gudang atau ruang bawah tanah penyimpanan. Yang terpenting adalah memastikan bahwa barang-barang yang akan disimpan akan aman setiap hari.