Keuntungan Reksadana dan Waspadai Kerugiannya Saat Berinvestasi

  • 3 min read
  • Aug 12, 2021
Keuntungan Reksadana

Investasi reksadana memiliki keuntungan dan kerugian sewajarnya produk investasi lainnya. Hanya saja, keuntungan reksadana ini lebih mudah karena faktor risikonya yang kecil. Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati dengan ancaman kerugian yang bisa saja terjadi akibat kesalahan yang dilakukan.

Di era serba teknologi ini, kesadaran berinvestasi semakin tinggi, membuat siapapun tertarik untuk mencoba investasi reksadana ini. Kemudahan dalam melakukan investasi dan fleksibilitas jumlah dana yang diinvestasikan membuat banyak yang tergiur.

Jangan terburu-buru, Anda harus tahu apa saja keuntungan dan kerugian yang bisa didapatkan dari instrumen investasi ini!

Keuntungan Reksadana

  • Tidak Perlu Mengelola Sendiri

Pengelolaan investasi ini sangat mudah, karena para investor tinggal menentukan tujuan investasinya. Sedangkan instrumen investasi akan dikelola oleh orang-orang yang terpercaya dan profesional di bidangnya.

Para investor tinggal menentukan jangka waktu investasi sesuai dengan tujuannya. Untuk reksadana ini, akan lebih menguntungkan untuk digunakan dalam jangka waktu panjang.

  • Investasi yang Murah dan Keuntungan Maksimal

Tidak seperti instrumen investasi lainnya, dana yang digunakan untuk membeli produk investasi ini sangat fleksibel. Tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk membeli saham unggulan, yang dalam jangka waktu tertentu bisa mendapatkan keuntungan berlipat.

  • Faktor Risiko sangat Kecil

Faktor risiko yang kecil ini didapatkan dari adanya diversifikasi produk investasi. Ada beberapa jenis saham yang dibeli dalam satu reksadana, sehingga Anda tetap bisa menjaga modal agar terus meningkat dari hari ke hari. Jika terjadi loss pada satu produk, di produk lainnya akan tetap bisa bertahan.

  • Transaksi Sangat Mudah

Tidak seperti investasi saham konvensional yang harus kesana kemari untuk mengurus dokumen dan berkas. Saat ini produk reksadana bisa dibeli dengan sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu smartphone untuk melakukan berbagai macam transaksi tersebut.

Penggunaan teknologi ini juga akan memberikan berbagai keuntungan lainnya. Seperti akses informasi, biaya, bahkan hingga mencairkan dananya.

Kerugian Reksadana

Di balik keuntungan reksadana yang menggiurkan, ada beberapa hal yang juga harus diwaspadai. Berikut ini beberapa kerugian tersebut:

  • Kesalahan Investasi

Investasi aman reksadana pun tetap saja ada risiko. Kesalahan investasi ini seperti ketika menjual reksadana saham dalam jangka waktu pendek. Bisa jadi, Anda malah akan terkena risiko kerugian.

Seharusnya, reksadana akan jauh lebih efektif jika dilakukan untuk jangka menengah hingga panjang.

  • Wanprestasi

Wanprestasi ini berarti adanya cedera janji yang dilakukan oleh manajer investasi. Meski demikian adanya Risiko ini biasanya disebabkan karena emiten yang mengalami masalah finansial.

Pihak pengelola reksadana tentulah bekerja berdasarkan kinerja keuangan yang baik. Namun, tidak ada yang tahu bisa saja terjadi masalah finansial dari perusahaan yang sebelumnya baik-baik saja.

Kondisi ini juga bisa terjadi akibat kegagalan emiten dalam membayar utang saat jatuh tempo. Atau juga adanya kebijakan pemerintah yang menimbulkan efek negatif pada keuangan perusahaan.

  • Penutupan Reksadana

Kemungkinan adanya penutupan reksadana juga mungkin terjadi. Penutupan ini dilakukan atas perintah OJK yang pastinya sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Keuntungan dan kerugian dari reksadana ini harus benar-benar diketahui dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa menemukan reksadana terbaik yang bisa memenuhi tujuan investasi.

Investasi di Reksadana Terproteksi dari DBS Treasures Memberikan Keuntungan Optimal

Untuk mengoptimalkan keuntungan reksadana, Anda harus memilih produk reksadana dengan pengelola terbaik. Reksadana Terproteksi ini akan menjawab semua rasa penasaran dan khawatir dari poin-poin yang sudah disebutkan sebelumnya.

Dengan produk dari DBS Treasures ini Anda akan menemukan keuntungan investasi reksadana sesungguhnya. Langsung saja simak 3 USP produk Reksadana Terproteksi ini!

  • Investasi Pada Aset Profesional dan Terpercaya

Keuntungan investasi pastinya akan lebih optimal dengan pengelola investasi yang profesional. Para investor bisa memberikan kepercayaan sepenuhnya untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan memastikan keamanan aset.

  • Panduan Berinvestasi dengan Bijak

Para investor harus tahu setiap hal terkait produk investasinya. Semakin baik wawasannya, maka semakin besar keuntungan yang akan didapatkan. Karena itu DBS Treasures selalu siap untuk terus menemani para investor setiap saat.

Apalagi DBS Treasures merupakan priority banking yang memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Kebutuhan para nasabahlah yang selalu diprioritaskan. Sehingga strategi investasi yang dijalankan sesuai dan tepat.

  • Kupon Reguler untuk Pembayaran

Produk Reksadana Terproteksi ini sangat aman dari berbagai faktor risiko. Ditambah lagi dengan adanya kupon yang diberikan secara periodik, pastinya akan memberikan keuntungan yang semakin besar.

Itulah keuntungan reksadana serta kerugian yang harus diwaspadai. Memaksimalkan keuntungan Anda dengan memilih produk Reksadana Terproteksi dari DBS Treasures ini. Sebagai sebuah priority banking, Anda akan mendapatkan manfaat eksklusif karena DBS Treasures selalu memprioritaskan kebutuhan nasabah.