Anda mungkin sering mendengar petuah bisnis yang mengatakan “Jika ingin kuasai pasar, maka mulailah dengan mendengarkan pendapat pelanggan”. Hal ini cukup beralasan, mengingat pelanggan merupakan pihak yang paling mengetahui apa yang mereka butuhkan.
Mendengarkan pelanggan sendiri menurut situs cxsense masuk dalam kategori Customer Recognition, yang merupakan faktor penting dalam consumer experience. Saat pelanggan merasa didengar, secara otomatis Anda akan mendapatkan loyalitas mereka, dan peluang keuntungan pun semakin besar.
Dirujuk dari situs CXSense.com, berikut beberapa alasan kenapa Anda harus mendengarkan pendapat pelanggan.
1. Membantu Meningkatkan Kualitas Produk
Pelanggan merupakan pengguna produk Anda dalam jangka panjang. Itu artinya, setiap waktu pelanggan akan selalu menggunakan produk Anda untuk menunjang aktivitas mereka, dan mereka adalah pihak yang paling tahu kualitas dari produk yang Anda pasarkan.
Maka dari itu, mendengarkan pendapat mereka terkait produk yang ingin digunakan merupakan salah satu untuk meningkatkan kualitas produk. Lewat pendapat mereka, Anda bahkan bisa berinovasi dengan menghadirkan produk yang baru.
2. Cara Meraih Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan merupakan faktor utama kelangsungan bisnis Anda. Pelanggan yang tidak puas bisa saja bercerita tentang produk yang dijual, dan tanggapan mereka akan mempengaruhi keputusan dari calon konsumen yang sebelumnya tertarik dengan produk tersebut.
Maka dari itu, mendengarkan pelanggan merupakan salah satu strategi jitu untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Bahkan saat pendapat mereka ‘didengar’, bukan tidak mungkin mereka akan turun tangan merekomendasikan produk tersebut kepada orang terdekatnya.
3. Memudahkan Inovasi
Siapa sangka jika fitur kamera, radio, internet dan beberapa fitur lainnya akan jadi fitur standar smartphone di zaman sekarang. Pasalnya, beberapa dekade lalu ponsel diciptakan hanya sebagai alat komunikasi genggam (portable) yang memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi.
Diakui atau tidak, kehadiran fitur tersebut merupakan salah satu inovasi yang berasal dari para inovator cerdas yang aktif mendengarkan keinginan pelanggan untuk mendapatkan produk ponsel yang bukan hanya sekedar alat komunikasi biasa
4. Mengikat Loyalitas Pelanggan
Mendengarkan pendapat pelanggan sama dengan membangun komunikasi positif dengan mereka, sekaligus melibatkan pelanggan dalam proses produksi dan inovasi. Seperti dijelaskan di atas, kondisi ini akan berimbas kepada kebanggaan pelanggan saat menggunakan produk tersebut.
Ada banyak dampak positif yang bisa Anda dapatkan, mulai dari kepastian pelanggan untuk menggunakan produk yang Anda pasarkan, hingga loyalitas mereka yang semakin meningkat. Tidak hanya itu, mereka pun berpeluang besar menggunakan varian produk lain yang Anda tawarkan.
5. Memberi Ide Bisnis
Ketika pelanggan datang untuk menanyakan sebuah produk, dan secara kebetulan produk tersebut tidak tersedia. Apa yang akan Anda lakukan? Seorang pengusaha cerdas akan menangkap itu sebagai peluang bisnis yang mungkin saja akan menunjang perkembangan bisnis utama Anda.
Misalnya, pengusaha ritel yang mendengarkan saran pelanggan kemungkinan akan lebih cepat berkembang, mendapatkan lebih banyak pelanggan baru, dan memiliki varian produk jualan yang lebih komplit, ketimbang pengusaha ritel yang hanya fokus menghabiskan stok.
Tapi ingat, dari seluruh poin di atas, hal yang perlu diperhatikan adalah, tidak semua pendapat atau saran pelanggan harus benar-benar dipenuhi. Terkadang Anda hanya perlu ‘mengabulkan’ sebagian keinginan mereka, atau bahkan tidak sama sekali.
Analisa bisnis tetap wajib dilakukan, terutama terkait potensi keuntungan, peluang berkembangnya usaha, dan sifat dari peluang tersebut (apakah bersifat long term, musiman atau hanya sementara).