Wisata Jogja yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

  • IsengNulis
  • Mar 20, 2023

Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja, adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan wisata budaya dan kuliner. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, serta makanan yang lezat dan khas yang akan memanjakan lidah para wisatawan.

Jogja, atau Yogyakarta, adalah kota yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa, Indonesia. Kota ini dikenal dengan sejarahnya yang kaya, budayanya yang unik, serta keindahan alamnya yang menakjubkan. Jogja juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan memikat hati wisatawan. Berikut ini akan dijelaskan lebih detail tentang keunikan Jogja sebagai sebuah kota wisata yang patut untuk Anda kunjungi.

Sejarah dan Budaya

Jogja memiliki sejarah yang panjang dan kaya, terutama dalam konteks kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di Jawa. Salah satu peninggalan sejarah yang masih dapat dilihat adalah Keraton Yogyakarta, istana kerajaan Kesultanan Yogyakarta yang dibangun pada abad ke-18. Selain itu, kota ini juga memiliki sejumlah candi-candi yang menjadi saksi bisu kejayaan masa lalu, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko. Di samping itu, Jogja juga dikenal dengan seni dan budayanya yang kaya, seperti seni wayang kulit, batik, dan tari-tarian tradisional.

Tempat Wisata

Jogja memiliki sejumlah tempat wisata jogja yang menarik untuk dikunjungi. Selain Candi Borobudur dan Keraton Yogyakarta, ada juga Taman Sari, sebuah kompleks bangunan yang dulunya menjadi tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan, dan Taman Pelangi, sebuah taman bermain modern yang menyajikan berbagai atraksi untuk anak-anak dan keluarga. Selain itu, ada juga Pantai Parangtritis yang terkenal dengan pesona sunsetnya yang memukau.

Kuliner Khas Jogja

Jogja juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat. Beberapa makanan khas Jogja yang harus Anda coba saat berkunjung ke sini adalah gudeg, nasi kucing, sate klathak, dan bakpia. Gudeg adalah masakan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah khas. Nasi kucing adalah nasi kecil yang disajikan dengan berbagai lauk kecil, seperti tempe goreng, sambal terasi, dan ikan teri. Sate klathak adalah sate yang dibuat dari daging sapi atau kambing yang dipanggang dengan arang dan disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Sedangkan bakpia adalah kue khas Jogja yang terbuat dari kacang hijau yang dihaluskan dan dibungkus dengan kulit yang tipis.

Seni dan Kerajinan

Jogja juga terkenal dengan seni dan kerajinan tangan khasnya. Anda dapat mengunjungi kawasan Malioboro untuk mencari berbagai souvenir seperti kain batik, wayang kulit, dan kerajinan tangan dari kayu atau bambu. Ada juga kawasan Prawirotaman yang menyajikan banyak kafe dan galeri seni yang menarik.

Berikut adalah beberapa tempat wisata dan kuliner yang bisa kamu kunjungi ketika berkunjung ke Jogja:

  1. Candi Borobudur – Candi ini merupakan salah satu candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini memiliki relief yang indah dan memiliki sejarah yang sangat kaya. Jangan lupa untuk menikmati keindahan sunrise atau sunset dari atas Candi Borobudur.
  2. Kraton Yogyakarta – Kraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Yogyakarta. Di sini kamu bisa melihat arsitektur tradisional Jawa yang indah, serta koleksi benda-benda bersejarah dari kerajaan Yogyakarta.
  3. Pantai Parangtritis – Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai paling terkenal di Jogja. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan air yang jernih. Di sini kamu bisa menikmati sunset yang indah dan berbagai olahraga air.
  4. Candi Prambanan – Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak sekitar 17 km dari Yogyakarta. Di sini kamu bisa menikmati keindahan arsitektur candi Hindu dan menyaksikan pertunjukan tari Ramayana.
  5. Keraton Yogyakarta Keraton Yogyakarta adalah istana kerajaan Kesultanan Yogyakarta yang dibangun pada abad ke-18. Selain keindahan arsitekturnya yang khas, tempat ini juga menawarkan banyak informasi tentang sejarah dan budaya Jawa. Anda dapat menikmati atraksi seperti tarian khas dan mempelajari seni dan kerajinan tradisional Jawa di dalam kompleks.
  6. Jalan Malioboro Jalan Malioboro adalah pusat perbelanjaan dan wisata di Jogja. Terletak di pusat kota, jalan ini menawarkan berbagai toko suvenir, restoran, dan penginapan. Di sini, Anda juga bisa mencoba berbagai makanan khas Jogja seperti gudeg, bakpia, dan wedang ronde.
  7. Taman Sari Taman Sari adalah sebuah kompleks bangunan yang dulunya menjadi tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan. Terletak di pusat kota, Taman Sari menawarkan keindahan arsitektur kuno dan taman yang menarik untuk dijelajahi. Anda juga bisa mencoba mandi di kolam air mancur yang terkenal.
  8. Gudeg Yu Djum Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah khas. Gudeg Yu Djum adalah salah satu tempat makan yang terkenal dengan gudegnya yang lezat. Terletak di jalan Wijilan, tempat ini menyajikan gudeg dengan cita rasa yang autentik dan harga yang terjangkau.
  9. Warung Handayani Warung Handayani adalah tempat makan khas Jogja yang terkenal dengan sate klathak-nya. Sate klathak adalah sate yang dibuat dari daging sapi atau kambing yang dipanggang dengan arang dan disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Warung Handayani merupakan tempat yang terkenal dengan sate klathaknya yang lezat dan sangat terjangkau.

Kuliner

  1. Gudeg – Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan ayam kampung, telur, dan sambal krecek.
  2. Bakmi Jawa – Bakmi Jawa adalah mie yang terbuat dari tepung terigu, yang dicampur dengan bumbu khas Jawa. Bakmi Jawa biasanya disajikan dengan ayam atau daging sapi, serta sayuran seperti kacang panjang dan tauge.
  3. Sate Klathak – Sate Klathak adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang di atas arang. Sate Klathak biasanya disajikan dengan sambal kecap dan lontong.
  4. Es Krim Pak Pong – Es krim Pak Pong adalah es krim yang terkenal di Jogja. Es krim ini terbuat dari susu segar dan buah-buahan lokal, seperti durian, nangka, dan rambutan.

jika Anda ingin menikmati perpaduan antara wisata dan kuliner yang luar biasa, Jogja adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Related Post :