Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya

  • 2 min read
  • Nov 22, 2020
Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya

Perawatan wajah dan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu penggunaan skinker populer saat ini adalah masker wajah. Cara ini sudah dilakukan wanita dari ribuan tahun yang lalu. Kini ada berbagai jenis masker wajah yang bagus dan praktis dengan kelebihannya masing-masing.

Beragam Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya

Perawatan wajah dengan memakai masker ada beragam jenis serta cara pemakaiannya. Berikut adalah beberapa jenis masker wajah yang dapat kamu gunakan beserta faedahnya. Jadi bukan sembarang memilih masker wajah yang bagus menurutmu saja, perhatikan dahulu jenis dan kegunaannya.

  1. Masker Clay dan Charcoal

Masker yang berbahan dasar tanah liat dan arang ini menyerap minyak berlebihan pada wajah. Warnanya kehitaman memiliki formula yang melembabkan dan membersihkan pori-pori. Masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat ini umumnya diaplikasikan dengan kuas serta dibilas dengan memakai handuk atau sponge dengan air hangat.

Orang berkulit kering disarankan tidak terlalu sering memakainya karena dapat membuat kulit lebih kering. Jenis masker ini paling cocok untuk kulit berminyak karena kandungannya dapat mengangkat minyak berlebihan beserta kotoran lainnya.

  1. Masker Tidur

Saat kita terlelap tidur adalah waktu yang tepat untuk melakukan perawatan wajah. Berikan nutrisi pada wajah yang telah seharian bermake up atau terpapar polusi. Masker tidur atau sleeping mask berbentuk krim atau gel. Biasanya dibiarkan semalaman layaknya krim malam dan dibersihkan keesokan harinya.

Masker wajah yang dipakai untuk tidur umumnya memiliki kandungan pelembab yang tinggi. Jadi dapat memasuki pori-pori dengan mudah dan meremajakan kulit disaat pemakainya sedang pulas tidur.

  1. Sheet Mask

Masker berbentuk lembaran ini jadi populer karena penggunaannya yang mudah. Bahannya terbuat dari kertas atau kapas tipis yang pas dengan wajah dengan bagian yang bolong pada bagian mata, hidung dan mulut. Masker wajah jenis ini cukup dibuka dari kemasan dan dipakai pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Gampang sekali, bukan?

Serum pelembabnya akan menutrisi wajah dan tidak perlu dibilas lagi. Bahkan setelah digunakan, masker ini dapat dipakai untuk bagian leher dan sekeliling wajah karena kandungan pelembabnya yang bermanfaat. Kulit yang kering sangat cocok memakai sheet mask, walau jenis kulit lain juga bisa menggunakannya.

  1. Masker Peel Off

Tiap kandungan dalam Masker jenis peeloff berbeda-beda. Perhatikan kemasan dan cara pemakaiannya. Umumnya masker wajah yang dapat dikelupas ini berbentuk krim atau gel yang akan mengeras dan diangkat. Setelah pemakaian, wajah akan terbebas dari sel kulit mati, kotoran, komedo dan membersihkan pori-pori.

Hati-hati dalam menggunakannya, karena kerap membuat kulit iritasi saat masker akan dikelupas. Jenis kulit sensitif juga tidak disarankan memakai masker wajah jenis ini karena proses peel-off yang kurang cocok untuk kulit jenis tersebut.

  1. Wash – Off Mask

Umumnya, kita hanya tahu kalau wash-off mask adalah satu-satunya jenis masker wajah yang bagus. Hal ini dikarenakan masker wajah alami biasanya berbentuk wash-off mask. Masker dipakai pada wajah dan lalu dibersihkan cukup dengan air.

Jadi masyarakat lebih nyaman memakainya karena pemakaiannya yang mudah. Kini banyak terdapat masker jenis ini dari berbagai produsen produk kecantikan yang kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sudah tahukan kamu, kalau ternyata ada banyak jenis masker wajah yang dapat dipilih untuk melakukan perawatan. Tiap jenis masker memiliki kegunaan yang berbeda-beda dan disesuaikan juga dengan jenis kulit dan masalah yang dihadapi. Bila ragu menentukan pilihan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Dapatkan pula tips kecantikan lainnya di pickybest.id.