Jenis-jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D

  • IsengNulis
  • Apr 29, 2021
makanan mengandung vitamin D

Jenis makanan anak untuk satu tahun yang moms berikan kepada si kecil termasuk faktor penting yang berperan dalam tumbuh kembang si kecil. Tidak hanya ASI, si kecil juga butuh asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang dari berbagai makanan yang moms berikan sehari-hari. Seperti saat kondisi seperti sekarang ini, daya tahan tubuh si kecil juga harus terlindungi dengan baik, untuk itu berikan makanan mengandung vitamin D.

Karena salah satu zat gizi yang penting untuk memperkuat daya tahan tubuh si kecil adalah vitamin D. Banyak juga yang sudah meneliti dan yang pernah dilakukan oleh Feinstein Institute for Medical Research di Amerika, yang mengatakan bahwa vitamin D tidak hanya sekadar bermanfaat untuk kesehatan tulang dan penyerapan kalsium, namun juga berpengaruh pada daya tahan tubuh. Vitamin D juga membantu memperkuat pertahanan sistem imun tubuh. Jadi pastikan dari sekarang menu makanan si kecil di rumah sudah mengandung vitamin D, ya moms. Beberapa resep menu masakan yang bisa moms coba di rumah yang mengandung vitamin D antara lain:

Tumis Sarden

Sarden dinilai merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin D sehingga baik dijadikan pilihan menu makanan untuk anak satu tahun. Meskipun ikan sarden mungkin tak menarik untuk si kecil, moms juga bisa mengakalinya dengan menyajikan masakan dalam bentuk yang kreatif. Yaitu salah satu menu sarden yang bisa moms coba adalah tumis sarden.

Cara membuatnya juga cukup mudah, pastikan ikan sarden yang moms masak sudah tidak mengandung tulang sebelum mengolahnya. Biar lebih mudah dimakan, moms juga bisa suwir-suwir ikan sarden kemudian tumis bersama sedikit minyak, bawang merah, bawang putih, dan sedikit garam. Kemudian campurkan tumisan sarden ini dengan nasi dan sayur agar hasil akhir masakan ini lebih menarik.

Semur Jamur

Semur jamur adalah salah satu menu makanan sehat untuk balita yang banyak mengandung vitamin D. Karena, di dalam jamur banyak mengandung vitamin D2 yaitu salah satu bentuk lain vitamin D juga. Salah satu resep yang mudah dibuat oleh moms di rumah untuk si kecil adalah semur jamur.

Cara membuatnya moms tinggal potong jamur dan cuci bersih setelah itu rebus sebentar di air mendidih lalu tiriskan. Kemudian haluskan bawang putih, jahe, ketumbar, bawang merah, kunyit, kemudian tumis bersama sedikit minyak hingga harum, setelah itu masukkan jamur, kemiri, gula, garam, kecap manis, merica ke dalam bumbu tumisan hingga matang.

Telur Gulung Isi Daging

Mungkin sedikit kandungan vitamin D di dalam kuning telur, tapi olahan makanan dari telur juga bisa jadi pilihan makanan sehat untuk si kecil. Karena telur mudah diolah dan bisa dikreasikan jadi berbagai masakan agar si kecil tidak bosan. Moms pasti juga pernah membuatkan untuk si kecil.

Tapi moms juga jangan lupa untuk memastikan nutrisi si kecil terpenuhi tiap hari ya, moms. Moms juga bisa bantu lengkapi asupan nutrisinya dengan memberikan susu DANCOW 1+ Nutritods.  9 dari 10 Ibu juga telah berpendapat, bahwa DANCOW 1+ Nutritods membantu anak di bawah 1 tahun terlihat aktif.

Susu DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, yang mengandunga 0 gram sukrosa, dan lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, kemudian tinggi kalsium & protein, omega 3 & 6, serat pangan inulin, minyak ikan, dan mikronutrien lainnya dan juga Lactobacillus rhamnosus. Susu sebagai partner moms, DANCOW Nutritods juga membantu moms untuk selalu lindungi aktivitas si kecil.

Nah, moms mau tahu makanan anak satu tahun serta nutrisi penting apa lagi yang sebaiknya dikonsumsi si kecil untuk mendukung pertumbuhannya? Ayo terus simak serta dengan  kombinasi makanan bergizi misalnya memenuhi kebutuhan dengan makanan mengandung vitamin D dan stimulasi tepat sesuai usia si kecil, dapat tumbuh optimal serta bebas aktif bereksplorasi setiap hari.

Related Post :