Ini Lho Daftar Bank Tempat Pengajuan Kartu Kredit Gratis Iuran Tahunan yang Bisa Anda Pilih

  • IsengNulis
  • Apr 07, 2022
Kartu Kredit Gratis Iuran Tahunan

Sudah tahukah Anda jika kini tersedia pengajuan kartu kredit gratis iuran tahunan? Pihak bank mulai berlomba untuk memberikan kemudahan dalam penerbitan kartu tersebut kepada para nasabah. Salah satunya dengan pembebasan biaya iuran tahunan yang selama ini cukup memberatkan nasabah.

Tapi, tunggu dulu. Fitur bebas membayar iuran tahunan tidak serta diberikan kepada semua pemegang kartu. Tentu ada syarat yang wajib disetujui. Setiap bank pun memiliki syarat masing-masing yang berbeda. Untuk itu, Anda perlu lebih cermat dan hati-hati sebelum mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit. Jangan sampai tergiur dengan iming kata gratis iuran tahunan, lantas langsung membuat tanpa menelaah atau bahkan mencari tahu terlebih dahulu.

Nah, untuk mempermudah, berikut daftar perbankan yang membebaskan iuran tahunan dalam mengajukan pembuatan kartu kredit serta syarat yang mengikuti fitur tersebut.

  • CIMB Niaga MasterCard Platinum dan Gold

Bank CIMB Niaga menerbitkan dua kartu yang membebaskan biaya iuran tahunan seumur hidup untuk nasabahnya. Di antaranya adalah CIMB Niaga MasterCard Platinum dan CIMB Niaga MasterCard Gold. Untuk ini, Anda perlu hati-hati dan lebih teliti lagi. Jangan sampai tertukar dengan VisaCard. Sebab, yang memberikan fitur bebas biaya tahunan hanya MasterCard.

Syarat yang diberikan oleh CIMB Niaga untuk memperoleh fitur tersebut di antaranya:

  • CIMB Niaga MasterCard Platinum

Syarat pertama untuk mendapatkan akses gratis iuran tahunan ialah pendapatan minimal Rp7.500.000,- tiap bulan. Adanya pembayaran minimal 10% dari total tagihan pun menjadi pertimbangan untuk diterimanya pengajuan pembuatan kartutersebut.

  • CIMB Niaga MasterCard Gold

Untuk CIMB Niaga MasterCard Gold, jumlah pendapatan yang dimiliki minimal adalah tiga juta tiap bulannya. Pembayaran tagihan pun harus sekurang-kurangnya 10% dari total tagihan yang dimiliki.

Meskipun membebaskan biaya tahunan, akan tetapi nasabah pun masih harus membayar denda keterlambatan apabila menunggak dalam membayar cicilan.

  • Sinarmas Secure Credit

Bank Sinarmas pun ikut menerbitkan fasilitasgratis iuran tahunanuntuk nasabah setia mereka. Jika Anda sudah memiliki tabungan di bank Sinarmas, maka dapat memanfaatkan fitur ini untuk terbebas dari iuran tahunan yang memberatkan.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan fitur tersebut ialah pendapatan bulanan minimal Rp16.700.000,-. Usia pemegang kartu pun minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Pembayaran tagihan tiap bulan harus terpenuhi setidaknya 100 ribu atau sekitar 10% dari total tagihan.

Kendati iuran tahunan dibebaskan, Anda pun tetap harus membayar denda apabila terlambat membayar cicilan. Besarannya yaitu 150 ribu atau sekitar 3% dari total tagihan. Pembatasan pun diberikan untuk Anda melakukan transaksi harian yaitu 40% dari total limit yang diberikan oleh pihak bank.

  • Maybank Visa Platinum, JCB Platinum, serta Gold Card

Maybank pun seakan tidak ingin ketinggalan dengan bank lain yang sudah membebaskan iuran tahunan untuk nasabah. Maka, melalui tiga jenis kartu kredit andalan mereka, Maybank memberikan pembebasan biaya. Tiga kartu tersebut adalah: 

  • Maybank Visa Platinum

Syarat utama untuk mendapatkan fitur gratis biaya tahunan ialah pendapatan minimal 3 juta per bulan. Usia pun minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Namun, sayangnya Maybank Visa Platinum hanya bisa dilayankan di daerah DKI Jakarta dan Banten. Untuk wilayah lain terutama daerah timur dan tengah Indonesia, belum mendapatkan fasilitas tersebut.

  • Maybank JCB Platinum

Seperti Maybank Visa Platinum, JCB Platinum pun mensyaratkan adanya pendapatan minimal 3 juta per bulan. Daerah yang menerima layanan fitur ini pun masih terbatas, hanya seputar DKI Jakarta dan Banten. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat harus bersabar untuk menikmati fitur tersebut.

  • Maybank Gold Card

Meskipun memiliki cakupan wilayah yang sama dengan dua jenis kartu lainnya milik Maybank, akan tetapi jumlah penghasilan yang harus dimiliki untuk bisa mengirimkan pengajuan terhadap fitur bebas iuran tahunan untuk Maybank Gold Card adalah 5 juta per bulan.

  • BRI Touch Visa Gold

Bila Anda ingin mendapatkan fitur gratis biaya tahunan seumur hidup dari BRI Touch Visa Gold, maka pendapatan yang harus Anda miliki minimal adalah 5 juta per bulan. Pembayaran cicilan sekurang-kurangnya adalah 500 ribu atau sekitar 10% dari total jumlah tagihan. Denda keterlambatan pun diberlakukan oleh bank BRI, senilai maksimal 150 ribu atau 3% dari total tagihan yang diterima nasabah.

  • BNI LotteMart Card

Menjadi idaman masyarakat, BNI pun ikut memberikan kemudahan bagi nasabah dengan membebaskan biaya tahunan seumur hidup melalui BNI LotteMart Card. Syaratnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki penghasilan minimal 3 juta per bulan dan berusia di atas 21 tahun. Minimal pembayaran tagihan pun sebesar 75 ribu atau sekitar 4% dari total tagihan.

Namun, sayangnya fitur gratis biaya tahunan BNI LotteMart Card hanya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang tinggal di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Itulah 5 daftar bank yang menerbitkan fitur pembebasan biaya tahunan dalam penggunaan kartu kredit untuk meringankan nasabah dalam pembiayaan.