Masyarakat saat ini memang tengah dibuat resah oleh mewabahnya virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid 19, yaitu jenis penyakit baru yang memang sangat membahayakan. Ia menyerang sistem pernapasan manusia sehingga bisa berpotensi untuk menyebabkan terjadinya pneumonia, bahkan kondisi yang lebih parah seperti gagal napas. Dengan tingginya jumlah kematian yang disebabkan oleh virus tersebut, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya masyarakat juga mulai paranoid bahkan takut untuk keluar rumah, mengingat penyebarannya yang berlangsung secara cepat.

Virus ini memang dapat menular dari satu orang ke orang yang lainnya secara mudah, diantaranya adalah droplets yang dikeluarkan oleh penderita pada saat batuk ataupun juga bersin dan mengenai orang sehat. Kemudian kontak langsung tanpa diimbangi dengan cuci tangan menggunakan sabun. Secara otomatis pastinya hal ini bisa membuat virus tersebut akan mudah berpindah tempat bukan. Hanya saja meskipun menginfeksi nyatanya tidak semua orang nantinya akan mengalami kondisi parah sampai mungkin komplikasi, apalagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh kuat. Maka secara alami nantinya tubuh dapat melawan infeksi virus tersebut.

Bahkan ada rempah yang menurut penelitian dapat dipakai untuk menangkal virus Corona ini, yaitu jahe. Guru Besar dari Universitas Airlangga, yaitu Prof Dr drh Chaerul Anwar Nidom mengatakan bahwa sebenarnya virus ini dapat di tangkal dengan konsumsi jahe. Karena jenis rempah yang satu ini mengandung senyawa curcumin di dalamnya yang bisa mencegah virus influenza yang menyerang tubuh. Bahkan sebenarnya jahe ini sendiri juga kaya akan manfaat lain, diantaranya adalah:

  1. Membantu meringankan rasa sakit, kandungan minyak atsiri yang ada di dalam jahe ini berguna untuk menghambat pembentukan sitokin inflamasi. Sehingga nantinya dapat meredakan rasa sakit.
  2. Dapat menenangkan pencernaan, bagi Anda yang juga bermasalah dengan sistem pencernaan, maka tidak perlu khawatir. Karena kandungan jahe juga bersifat karminatif. Dimana hal tersebut nantinya sangatlah berguna untuk menenangkan saluran usus yang bermasalah. Itulah mengapa rempah yang satu ini dapat meredakan rasa tidak nyaman dan juga skait pada perut.
  3. Dapat mengurangi rasa mual, sedangkan untuk Anda yang kerap kali mengalami mabuk perjalanan atau sejenisnya. Maka tidak perlu khawatir, karena dengan konsumsi jahe ini bisa digunakan untuk mengatasi atau mengurangi gejalanya, apalagi dengan aromanya yang terbilang menenangkan.
  4. Menangkal infeksi bakteri dan juga virus. Bumbu dapur yang satu ini juga dipercaya dapat bekerja di dalam menangkal infeksi virus RSV atau yang menyerang sistem pernapasan, termasuk diantaranya adalah Covid 19. Bahkan dalam sebuah penelitian sebenarnya jahe ini sendiri juga dapat mencegah infeksi dari bakteri yang resistan terhadap obat. Kandungan antipksidan yang ada di dalamnya cukup tinggi untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA.
  5. Meningkatkan fungsi otak, sebuah riset yang pernah dilakukan menemukan fakta bahwa fungsi kognitif wanita yang sudah berusia 50 tahunan akan mengalami peningkatan setelah mereka rajin di dalam meminum jahe. Sehingga dapat terhindar juga dari masalah layaknya Alzheimer.

Begitu banyak bukan manfaat yang ditawarkan selain untuk mencegah infeksi virus Corona ini. apalagi jenis rempah yang kaya akan manfaat tersebut bisa dengan mudah dijumpai di pasaran dengan harga yang juga murah. Jadi paling tidak Anda juga bisa mengonsumsinya setiap saat untuk merasakan manfaat yang menakjubkan tersebut. Berbagai tips kesehatan lainnya bisa Anda lihat di situs Halodoc.