Memiliki anak yang sulit makan memang sering membuat para Bunda gelisah dan takut. Anak yang susah makan memang wajar karena mungkin terlalu pilih-pilih makanan namun, jika hal ini terus-terusan terjadi maka harus dibutuhkan segera tindakan. Berbagai cara sudah para Bunda lakukan namun sang anak tetap saja susah untuk makan. Ini memang merupakan sebuah tantangan dan diperlukan keahlian untuk membujuknya.

Banyak sekali akibat yang ditimbulkan tatkala anak susah makan. Tidak hanya pertumbuhan dan perkembangan anak yang terhambat, namun bisa juga mempengaruhi kesehatan anak. Tubuh anak yang rentan terhadap banyak penyakit menyebabkan kebutuhan gizi yang cukup mutlak diperlukan. Alih-alih memarahi sang anak namun tahukah Bunda apa penyebab anak menjadi susah makan?

Sensitifitas anak

Dari sekian anak yang lahir, diantaranya terdapat anak yang lahir dengan lidah mereka yang sensitif. Inilah yang membuat anak menjadi lebih peka terhadap rasa dan cenderung akan menolak ketika diberi makanan yang menurut anak tidak enak.

Anak merasa terganggu

Anak memang cenderung memiliki aktivitas dengan mobilitas yang tinggi. Anak yang cenderung hiperaktif bisa jadi tidak akan diam dan akan terus bermain. Kecenderungan ini yang seringkali membuat anak merasa terganggu kegiatannya ketika disuruh untuk makan. Apalagi ditambah dengan diberi makanan yang tidak mereka sukai semakin membuat anak sulit berhenti hanya untuk sekedar makan.

Terlalu banyak menu pilihan

Para Bunda mungkin ingin anaknya tercukupi gizinya demi kesehatan anak namun perlu diketahui Bunda bahwa anak akan cenderung menolak makanan jika terlalu banyak pilihan. Anak akan bingung untuk memilih makanan mana yang akan dimakan. Dan biasanya anak justru hanya akan makan makanan yang menurutnya enak dan itupun terkadang dalam jumlah yang relatif sedikit. Untuk itulah mulai sekarang Bunda bisa kurangi pilihan makanan si kecil namun tetap memperhatikan keseimbangan gizinya.

Anak sakit

Jika orang dewasa saja malas makan ketika dalam keadaan sakit maka tidak jauh berbeda dengan anak-anak. Anak-anak juga akan sangat susah untuk makan ketika sakit karena makanan terasa sangat hambar. Diperlukan sedikit bujuk rayu agar anak bisa makan meski sedikit.

Tekstur makanan

Tekstur makanan juga bisa menjadi sebab mengapa anak menjadi susah makan. Setiap anak memiliki selera makanan masing-masing, ada yang suka dengan tekstur makanan yang lembut ada pula yang suka dengan makanan bertekstur kasar. Maka pastikan Anda mengetahui secara pasti tekstur makanan kesukaan mereka.

Anak alergi pada makanan

Alasan selanjutnya mengapa anak susah makan karena anak memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan. Kecenderungan anak untuk selalu menolak makanan dan ditambah dengan munculnya tanda-tanda yang mengkhawatirkan ketika selesai makan jenis makanan tertentu misal muntah sebaiknya Anda segera mencari tahu. Bisa jadi anak alergi terhadap makanan tersebut.

Menuruti anak yang susah makan dengan memberi makan kesukaannya tidak selamanya dibenarkan. Anak juga memerlukan tambahan nutrisi yang cukup untuk kesehatannya. Memilih nutrisi tambahan yang tepat bukanlah hal yang gampang. Salah satu tambahan nutrisi yang baik untuk anak adalah dengan memberinya susu formula. Akan tetapi, sudahkah Anda memilih susu formula yang tepat untuk anak Anda?

Morinaga bekerjasama dengan kalbe memproduksi susu formula dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Morinaga Chil Kid PHP Moricare + Prodiges merupakan susu formula yang khusus untuk anak usia 1-3 tahun. Susu formula Morinaga Chil Kid P-HP Moricare + Prodiges tersedia dengan kemasan 400 g dijamin anak Anda akan suka dengan rasanya. Ayo lengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dengan Morinaga Chil Kid P-HP Moricare + Prodiges.