Wajib Diketahui! 4 Bahaya Rokok Pada Anak

  • 2 min read
  • Dec 05, 2019
Wajib Diketahui! 4 Bahaya Rokok Pada Anak

Bagi Anda para perokok aktif, sepertinya Anda harus menghindari merokok di dekat buah hati sesegera mungkin. Ternyata, efek buruk merokok sangat berbahaya bagi kesehatan mereka. Tidak hanya untuk jangka pendek, tapi juga masa depannya. Anda tentunya tak ingin anak kesayangan tumbuh dalam kondisi sakit bukan?

Berhenti Merokok Jika Tak Ingin Anak Anda Mengalami 4 Hal Ini

Penelitian menyebutkan bahwa perokok pasif atau yang hanya menghirup asap rokok memiliki peluang mengalami masalah kesehatan lebih besar daripada yang aktif. Sebab, asap tersebut mengandung banyak zat berbahaya. Apalagi, jika dihirup oleh anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna pastinya akan berdampak lebih mengerikan.

  • Radang Telinga dan Mata

Jika anak terpapar asap rokok secara terus menerus akan menyebabkan kondisi telinga dan mata yang memburuk. Dampaknya pada telinga bisa mengakibatkan kesulitan pendengaran. Dampak yang terlihat pada mata biasanya terlihat ketika mata kering dan mudah mengalami iritasi. Hal ini rentan terjadi walaupun anak sudah diberikan vitamin, bahkan pakaian dan alat makannya sudah dibersihkan dengan pencuci anti bacterial.

  • Kematian Tiba-Tiba

Bayi dan balita yang mengalami Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) memang tak bisa dipastikan apa penyebab. Kematian mendadak dan orang tua jarang diketahui karena tidak semua mau melakukan otopsi. Tapi, salah satu pemicunya bisa jadi adalah asap rokok. Asap tersebut mengandung zat-zat buruk yang membuat metabolisme tubuh bayi dan balita jadi tidak maksimal, sehingga berujung kematian.

  • Karakter Negatif

Anak yang biasanya lembut dan tidak agresif bisa tiba-tiba berubah sebaliknya. Hal itu terjadi akibat anak terlalu sering menghisap asap rokok saat orang tua atau orang dewasa di dekatnya yang merokok. Beberapa bahan di dalam rokok bisa merusak jaringan otak yang berimbas pada tingkah laku seseorang.

  • Pernafasan Terganggu

Pernafasan merupakan masalah yang paling sering terjadi pada anak yang terkena asap rokok. Organ yang rentan mengalami gangguan adalah paru-paru. Jika paru-parunya mengandung asap rokok berbahaya, hal tersebut memicu penurunan kinerja paru-paru dan  membuat peradangan akut.

Jangan pernah sepelekan asap rokok yang Anda keluarkan di dekat buah hati. Percuma rasanya menjaganya dari kuman dengan menggunakan Sleek Baby. Begitu pula dengan proteksi menjaga aktivitasnya dari hal-hal yang berdampak buruk bagi kesehatan, jika Anda malah membiarkan asap rokok di dekat buah hati. Lebih baik berhentilah merokok agar kesehatan anak tetap terjamin.