Dismenore atau rasa nyeri saat haid selalu dirasakan oleh semua wanita di dunia. Namun setiap wanita akan mengalami rasa nyeri dan kram yang berbeda – beda. Tergantung dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Berikut saya akan merekomendasikan minuman yang dapat meredakan rasa nyeri saat haid.

Rekomendasi Minuman Pereda Nyeri

Rasa nyeri saat haid dapat diatasi dengan mengkonsumsi beberapa minuman yang tergolong ampuh dan menyehatkan. Berikut ada penjelasannya.

1. Air Hangat

Minuman pertama yang dapat Anda konsumsi adalah air hangat. Air tersebut akan membuat rahim menjadi lebih nyaman untuk digunakan beraktivitas. Hal ini karena tubuh sudah memenuhi cairan secara seimbang. Itulah yang membuat rasa nyeri saat haid menjadi reda. Perlu diingat bahwa untuk mengkonsumsi air tersebut jangan terlalu panas agar lidah Anda tidak terbakar.

2. Air Rebusan Kunyit

Minuman kedua yang dapat Anda konsumsi adalah air rebusan kunyit. Kunyit merupakan rempah – rempah yang dapat sekaligus dibuat obat herbal. Dengan air rebusan kunyit, dapat meredakan  Cara pembuatannya sangatlah mudah. Anda hanya merebus 30 gram potongan kunyit. Kemudian saring potongan kunyit tersebut. Minumlah selagi masih hangat.

3. Teh Chamomile

Minuman ketiga yang dapat Anda konsumsi adalah teh chamomile. Teh ini sangatlah ampuh dalam meredekan nyeri haid. Di dalam teh chamomile terdapat senyawa hippurate yang dalam mengatasi peradangan. Selain itu, teh ini juga ampuh meminimalisir produksi prostaglandin. Dengan begitu mengkonsumsi teh chamomile ini dapat dilakukan setiap masa haid datang.

4. Jus Nanas

Minuman keempat yang dapat Anda konsumsi adalah jus nanas. Nanas mampu meredakan nyeri saat masa haid datang. Hal ini karena di dalam nanas tersebut memiliki enzim bromelin untuk mengatasi otot tegang dan peradangan akibat nyeri yang ditimbulkan. Namun perlu Anda ketahui bahwa jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah nanas karena dapat memperburuk kesehatan.

Rasa nyeri haid dapat diatasi dengan beberapa minuman yang mudah untuk ditemukan di sekitar Anda. Pastinya Anda sudah tidak perlu lagi mengkonsumsi obat pereda nyeri. Hanya dengan mengkonsumsi minuman ini, rasa nyeri Anda akan segera pulih.