Menelaah ROI dalam Penggunaan Software Akuntansi

  • 2 min read
  • Jul 29, 2020
Menelaah ROI dalam Penggunaan Software Akuntansi

Sebagai pelaku bisnis, apakah Anda pernah merasa membuang-buang waktu untuk mencatat segala pengeluaran di lembar spreadsheet? Hal itu sebenarnya sudah tidak perlu dipusingkan lagi. Kemajuan teknologi memungkinkan munculnya software akuntansi online yang membantu aktivitas yang membuang-buang waktu tadi.

Dalam dunia investasi ada istilah Return of Investment (ROI). Istilah ini digunakan untuk menghitung berapa keuntungan yang kembali dari sebuah investasi. Dalam investasi aplikasi akuntansi, pelaku bisnis dapat mendapatkan ROI jauh lebih besar dikarenakan segala kemudahan yang ditawarkan.

Sebagai analogi awal, Anda bisa memakai jasa karyawan yang dibayar per jam untuk mengerjakan laporan keuangan dan buku besar secara mandiri selama 8 jam sehari. Jika Anda berinvestasi dengan menggunakan software akuntansi, pekerjaan yang biasa dikerjakan berjam-jam bisa dipersingkat hingga 3 jam. Dari sini tampak bahwa software akuntansi terbaik mampu mengelola aktivitas keuangan suatu usaha dengan baik hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 3 jam.

ROI yang didapatkan dari penggunaan aplikasi keuangan online sebagian besar berasal dari efisiensi waktu. Software akuntansi terbaik memang tercatat memiliki kemampuan dalam mengelola pencatatan aktivitas keuangan perusahaan dengan cepat dan praktis. Efisiensi waktu memang hal penting yang dibutuhkan untuk mengerjakan hal ini.

Analogi tersebut bisa sedikit menjelaskan bagaimana manfaat software akuntansi untuk menekan budget perusahaan. Untuk menghitung ROI secara detail dari penggunaan software akuntansi sejatinya tidak bisa dikarenakan harga yang beragam dari software akuntansi. Oleh karena itu, langkah yang perlu dilakukan pelaku bisnis ialah membandingkan harga yang ditawarkan setiap software akuntansi terbaik Indonesia. Satu hal yang menjadi catatan ialah tidak ada software akuntansi yang memberi fasilitas gratis dikarenakan selalu ada pembayaran tersembunyi semacam fitur-fitur premium.

Hemat biaya yang dihasilkan oleh penggunaan software akuntansi tentu sangat berguna bagi laju perkembangan bisnis. Biaya itu bisa dialokasikan ke bidang-bidang pengembangan lainnya seperti marketing atau kebutuhan logistik perusahaan. Dengan demikian, kinerja perusahaan bisa lebih efisien dengan menggunakan software akuntansi terbaik seperti Jurnal by Mekari.

Meskipun penghitungan ROI sederhana menunjukkan bahwa penggunaan software accounting online mampu memangkas budgeting yang diperlukan, bukan berarti penghitungan ROI ini semata-mata benar. Ada faktor tertentu yang akhirnya menyebabkan penghematan tidak terjadi. Salah satu faktornya ialah efisiensi karyawan. Karyawan yang tidak mampu belajar dengan cepat mengoperasikan software akuntansi tentu akan mempengaruhi kinerja software akuntansi terbaik. Oleh karena itu, pelatihan yang komprehensif perlu dilakukan dengan benar agar manfaat penggunaan software akuntansi bisa segera dirasakan.

Jika Anda merasa memiliki masalah efisiensi waktu dalam melakukan aktivitas keuangan perusahaan seperti yang telah dijelaskan di atas, itu berarti Anda membutuhkan software akuntansi. Di Indonesia, software akuntansi mulai banyak ragamnya. Salah satu accounting software terbaik Indonesia ialah Jurnal by Mekari.

Jurnal by Mekari bisa menjadi solusi bagi permasalahan Anda. Ada beberapa paket dengan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk masalah harga, Jurnal by Mekari memiliki pilihan harga sesuai dengan paket yang dibutuhkan dalam bisnis yang sedang Anda jalani.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, Anda dipastikan mendapat hasil ROI yang positif untuk keuangan bisnis Anda. Tidak hanya untuk bisnis skala besar, Jurnal by Mekari juga bisa digunakan untuk bisnis yang masih dirintis. Oleh karena itu, pemilihan paket dan fitur yang tepat akan menghasilkan penghitungan ROI positif seperti yang sudah disebutkan. Jangan ragu lagi karena Jurnal by Mekari adalah solusi.