Pulau Komodo adalah pulau kecil di provinsi Nusa Tenggara Timur. Ini ditemukan di Kepulauan Sunda Kecil dan terkenal sebagai rumah bagi komodo endemik serta sejumlah spesies satwa liar yang luar biasa, baik di darat maupun di air.

Pulau yang mempesona ini berada di dalam Cincin Api Pasifik dan karena itu berasal dari gunung berapi. Memandangi gunung-gunung vulkanik raksasa berwarna coklat dan hijau.

Bagaimana menuju ke sana

Bepergian di sekitar Pulau Komodo bisa relatif mudah, tetapi untuk mencapai Komodo, Anda harus terlebih dahulu melakukan perjalanan ke Bali dan kemudian ke Labuan Bajo dengan pesawat atau kapal, dan akhirnya ke Pulau Komodo dengan perahu.

Lewat udara

Beberapa maskapai penerbangan lokal terbang dari Bali ke Labuan Bajo di Pulau Flores. Labuan Bajo adalah titik dasar terbaik dan terdekat untuk berangkat ke Pulau Komodo. Kedua Transportasi Indonesia Air (IAT) dan Trans Nusa Airlines (TGN) menawarkan penerbangan harian ke Labuan Bajo.

Melalui air

Naik feri dari Bali ke Labuan Bajo mungkin menggairahkan wisatawan beranggaran terbatas ke daerah tersebut , tetapi jangan terlalu bersemangat dulu. Feri yang melayani rute ini biasanya memakan waktu sekitar 36 jam – meskipun itu berarti menghemat akomodasi untuk satu malam.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa perjalanan bisa berbahaya. Ini adalah perjalanan yang sangat panjang melalui perairan dangkal dan berbatu. Jadi, kecuali Anda seorang yang suka bepergian , ini bukan opsi yang disarankan. Pada catatan positif, itu jauh lebih murah daripada terbang dan itu semua bisa menjadi bagian dari petualangan. Selain itu, saat Anda berada di tempat wisata ini, Anda bisa menginap maupun sewa villa di Traveloka. Dengan menyewa villa, Anda kan lebih menghemat pengeluaran. Di Traveloka, banyak pilihan villa yang disewakan dengan harga yang terjangkau..

Penting juga untuk diingat bahwa feri-feri ini meninggalkan Bali setiap dua minggu untuk Taman Nasional Komodo, jadi pastikan Anda merencanakan kedatangan Anda ke Bali tepat pada waktunya untuk keberangkatan Anda.

Apa Saja Keidahan yang Menakjubkan dari Pulau Komodo?

Dari Labuan Bajo

Satu-satunya cara untuk mencapai Pulau Komodo dari Labuan Bajo adalah dengan perahu, kecuali Anda dapat membeli helikopter. Perjalanan dengan kapal biasanya memakan waktu sekitar 2 jam.

Pilihan lain adalah menyewa kapal di Labuan Bajo dan memiliki pelayaran pribadi di sekitar Pulau Komodo. Ini adalah cara yang ideal untuk memastikan Anda dapat melihat dengan tepat apa yang Anda inginkan, menemukan kepulauan dan juga memiliki kesempatan untuk snorkeling di perairan jernih yang memukau di sekitar pulau. Jika Anda seorang penyelam scuba, Anda bisa naik perahu selam dan berkeliling Komodo.

Selam scuba

Jika Anda seorang penyelam scuba, mengapa Anda tidak menyelam di salah satu lokasi penyelaman terindah di dunia? Menyelam di cagar alam Komodo sangat mungkin sepanjang tahun. Namun, Maret hingga Oktober adalah waktu terbaik untuk kondisi menyelam yang optimal.

Musim terbaik untuk menyelam dengan manta ray yang megah adalah selama musim hujan dari Desember hingga Maret. Pastikan untuk melakukan riset dan hubungi perusahaan selam jika Anda merencanakan perjalanan selama waktu itu, karena beberapa kapal selam tidak keluar selama musim hujan. Visibilitas bawah air adalah yang terbaik dari November hingga Januari.

Ada beberapa opsi untuk snorkeling di Pulau Komodo: Anda dapat memilih untuk snorkeling sebagai bagian dari grup dan memilih salah satu dari banyak perusahaan selam di pulau itu, atau Anda dapat memilih untuk tetap menggunakan liveaboard dan snorkeling dari sana.

Jika Anda memilih untuk pergi snorkeling dengan perusahaan menyelam, pastikan mereka pergi ke Pantai Pink karena di sinilah beberapa snorkeling terbaik bisa didapat. Demikianlah Artikel tentang Keidahan yang Menakjubkan dari Pulau Komodo semoga bermanfaat.