Jasa Press Release: Tiga Prinsip Standar Penerbitan Press Release yang Perlu Diketahui

  • 2 min read
  • Jan 16, 2021
Jasa Press Release

Press release merupakan salah kegiatan yang seringkali dilakukan oleh para pebisnis atau pun para pegiat startup. Seperti yang diketahui, dunia startup menjadi salah satu tren bisnis terbaru yang banyak digemari. Press release ini dilakukan untuk mendongkrak bisnis mereka agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Tak heran, jika jasa press release banyak dicari oleh para pebisnis maupun pegiat startup. Untuk pendekatan awal agar produk-produknya bisa dikenal publik.

Biasanya, pihak perusahaan baik besar maupun kecil pasti punya divisi atau bagian khusus yang menangani komunikasi atau hubungan antara pihak perusahaan dengan pihak luar perusahaan. Jika pun pihak perusahaan tidak memilikinya, bisa menyerahkan urusan tersebut kepada pihak ketiga. Nah, tugas bagian ini adalah untuk memasarkan dan mempromosikan brand, produk, dan bisnis perusahaan tersebut ke masyarakat. Caranya bisa dengan menyebarkan press release ini di media-media online ternama.

Jika Anda termasuk salah satu pegiat bisnis dan ingin menggunakan press release sebagai sarana perkenalan bisnis dan membangun brand awareness, maka kiat-kiat atau prinsip dalam penerbitan untuk pemilihan jasa press release bisa jadi pertimbangan. Prinsip ini jugalah yang bisa mengantarkan tayangan atau konten Anda bisa release lebih mudah. Apa sajakah itu?

Konten Signifikan atau unik

Hampir semua orang tahu bahwasanya unsur yang paling penting dalam sebuah berita tentunya adalah konten berita itu sendiri. Bagaimana tidak, pembaca akan cenderung tertarik tergantung pada bagaimana isi konten yang dibuat. Begitu pun juga dengan media, pastinya media ingin berita atau konten menarik yang nantinya bisa mendatangkan pembaca atau traffic ke situs mereka. Untuk membuatnya menarik perhatian, perlu adanya sesuatu yang unik dan terkesan menonjol jika dibandingkan dengan konten atau bahkan berita lainnya yang muncul bahkan bisa ratusan hingga ribuan setiap hari.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa press release, memilih media atau jasa yang tepat tidaklah cukup. Anda harus bisa membuat sebuah konten atau berita yang menarik mengenai brand Anda. Tentunya konten yang bisa membuat oranglain penasaran dan mencoba mencari informasi lebih lanjut. Sebelum Anda membuat konten, buatlah diri Anda seolah-olah merupakan pembaca. Sehingga Anda bisa tahu, konten seperti apa yang menarik untuk diikuti. Sebagai contoh di perusahaan misalnya, event-event besar lebih menarik jika dibandungkan update kecil aplikasi.

Relevan dengan pembaca

Pada dasarnya, media atau setiap orang punya minatnya masing-masing. Itulah mengapa, Anda harus bisa menyesuaikan konten Anda dengan target pembaca. Istilahnya Anda harus bisa membuat konten atau berita yang relevan dengan masyarakat yang jadi sasaran brand. Begitu halnya dengan media yang dipilih ketika menggunakan jasa press release. Umumnya mereka sudah memilih audiens dengan fokus di bidangnya masing-masing,

Ketika Anda membuat konten yang relevan, tentu pembaca pun merasa tertarik dan merasa brand atau konten Anda sesuai dengan kebutuhannya. Itulah mengapa, ketika menentukan jasa, penting juga untuk melakukan pemilihan terhadap media mana yang akan dipilih. Memang, melakukan press dengan mem-blast ke semua media boleh-boleh saja dan lumrah terjadi. Namun, akan lebih baik dan hasilnya lebih berpeluang jika Anda bisa  memilih media yang terkustomisasi dan sesuai dengan target serta tujuan brand Anda.

Memberi nilai tambah

Ketika menulis untuk pers, tujuanmu tentu sudah terkonsep dari awal. Namun, jangan terfokus pada tujuan. Pastikan jika Anda bisa memberikan nilai tambah melalui konten yang dibuat. Masyarakat cenderung lebih menyukai terhadap apa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Sehingga Anda bukan hanya mempromosikan bisnis atau brand saja, namun berikan juga nilai atau values dari konten Anda untuk masyarakat.

Bagaimana pun menggunakan jasa press release bisa jadi kesempatan dan solusi untuk mendongkrak bisnis. Namun perlu dibarengi juga dengan penerapan prinsip pembuatan konten agar lebih menarik dan mampu menggaet banyak pasar.