Apa Itu Writer’s Block dan Cara Mengatasinya

  • 2 min read
  • Jan 24, 2021
Writer’s Block

Writer’s Block

Jika dirimu memiliki kegemaran atau pekerjaan menulis, tentu mudah melakukannya jika memiliki banyak inspirasi dan gagasan. Menulis umumnya dapat dilakukan siapa saja dan kapan saja, terutama jika ide sedang mengalir.

Namun ketika telah menulis beberapa lama, ternyata tidak selalu mudah menuangkan apa yang mau ditulis atau akan ditulis ke sebuah tulisan.

Di dunia kepenulisan, ada halangan dalam internal seorang penulis yang dinamakan Writer’s Block. Nah, apa itu writer’s block dan bagaimana mengatasinya? Penjelasannya bisa dilihat dibawah ini:

Penyebab Writer’s Block

Umumnya problema penulis yang kena writer’s block yaitu Ingin menulis, namun otak tidak dapat bekerja sama. Hasilnya, hanya menatap layar kosong dan menulis beberapa patah kata saja terasa salah. Ini salah satu ciri terkena writer’s block.

Writer’s Block umumnya adalah istilah buntu dalam otak penulis yang disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya seperti poin-poin di bawah ini:

  • Penat – Penulis terlalu banyak berkutat dengan pekerjaan yang menguras energi sehingga mungkin mengabaikan aspek lain dalam hidupnya. Mungkin juga kondisi tempat menulis kurang kondusif.
  • Terlalu Perfeksionis – Penulis terlalu banyak mempertimbangkan poin-poin dalam kepenulisan sehingga mengabaikan sisi kreativitas yang akhirnya malah menghambat produktivitas.
  • Tidak Percaya Diri – Penulis merasa tulisannya atau potensi dirinya kurang. Ia kerap membandingkan tulisan-tulisannya dengan tulisan orang lain
  • Kurang Motivasi – Penulis tidak merasa proyeknya memiliki manfaat lebih, bahkan merasa ia takkan bisa menulis jika tulisannya tidak mendapatkan popularitas atau pencapaian material lain.
  • Gelisah – Penulis punya masalah atau sesuatu hal lain dipikirannya sehingga tidak dapat fokus menulis hingga mengatasi masalah lain tersebut.

Cara Menghilangkan Writer’s Block

Apapun penyebabnya, kebuntuan menulis tentu bukan sesuatu yang diidam-idamkan penulis. Terutama jika bentuk tulisan yang ia ingin tulis merupakan job-nya atau mengandung nilai material atau mendapatkan bayaran.

Meski ada dan tidak diundang, writer’s block dapat diatasi. Ada beberapa cara agar kebuntuan penulisan ini hilang:

  1. Merawat Diri

Terlalu banyak berkutat akan satu hal, seperti terlalu banyak bekerja bisa membuat kita lupa akan hak tubuh untuk istirahat dan relaksasi. Merawat diri dapat membuat tubuh dan pikiran mendapatkan kembali keseimbangannya. Hal ini bisa buat buntu otak hilang.

Terlalu banyak pertimbangan dalam menulis bisa buat kita jadi bingung. Maka itu cobalah rehat sejenak akan sesuatu yang ‘harus’ ditulis dan menulis sesuatu yang kita sukai. Tulislah hal-hal yang menurut kita seru dan menarik. Dengan begini kita bisa mengingat kembali kenapa kita gemar menulis.

  1. Mengkondisikan Saat dan Tempat Menulis yang Baik

Aturlah agar tempat dan keadaan kita menulis jadi nyaman dan kondusif agar proses menulis terjadi tanpa gangguan.

  1. Selesaikan Masalah

Apapun masalah yang mengganggu di kepala, coba diselesaikan dulu. Masalah yang ada mungkin berasal dari mindset, emosi atau hal-hal lain yang memblokir kreativitas. Ataupun masalah eksternal seperti konflik dengan orang lain.

  1. Mengatur Pola Pikir “Tak Ada Yang Sempurna”

Sering kali kita mengejar kesempurnaan dalam berkarya atau bekerja, tapi hal ini bisa jadi tidak realistis. Tentu saat bekerja ada poin-poin yang dikejar dan kita berusaha memenuhinya. Kita bisa mengejar dan memenuhi pakem-pakem yang ada, namun sebagai manusia tentu tak luput dari kesalahan. Maka itu melakukan kesalahan adalah kewajaran.

Demikian beberapa hal mengenai writer’s block. Biasanya kejadian ini hanya sementara atau dapat teratasi jika penulis bisa menelusuri dan mengejar solusi. Semoga bermanfaat.