Jangan Anggap Ringan, Yuk Lebih Waspada Terhadap Gejala Naiknya Asam Lambung

  • 2 min read
  • Mar 19, 2021
Asam Lambung

Penyakit asam lambung biasanya akan ditandai dengan munculnya berbagai macam gejala seperti salah satunya adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan yang akan membuat sensasi asam pada mulut dan rasa nyeri pada dada.

Untuk seseorang yang menderita gejala asam lambung naik akan merasakan berbagai macam jenis gangguan kesehatan yang akan membuat rasa tidak nyaman dan akan sangat terganggu saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Asam lambung pada mulanya digunakan untuk memperlancar proses pencernaan karena asam lambung memiliki komponen utama yang asam klorida yang secara alami dikeluarkan oleh lapisan pada lambung.

Menurut beberapa penelitian kesehatan menyebutkan, jika asam lambung sudah mulai naik maka akan muncul beberapa gejala ringan sampai dengan kronis. Dan kondisi semacam inilah yang biasanya nanti akan sangat berpengaruh terhadap produksi hormone yang nanti bisa digunakan untuk memberikan rangsangan pada perut supaya menghasilkan produksi asam lambung yang berlebih.

Biasanya untuk gejala asam lambung yang tinggi mirip sekali dengan beberapa jenis gangguan pencernaan lainnya. Dan Anda sangat disarankan untuk segera berkunjung dan bertemu dengan dokter jika sering mengalami gejala asam lambung secara terus menerus.

Biasanya jika asam lambung naik dan hal ini terjadi secara berulang dan terus menerus maka nantinya akan meningkatkan resiko untuk kondisi kesehatan yang semakin terganggu dan muncul berbagai macam penyakit lainnya yang cukup kronis. Seperti tukak lambung, liver sampai dengan penyakit pendarahan gastrointestinal. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa ciri naiknya asam lambung yang harus diwaspadai:

  1. Heartburn

Gejala pertama yang paling sering dialami oleh para penderita asam lambung adalah heartburn. Jadi yang belum tahu apa heartburn yakni merupakan gejala yang muncul seperti sensasi yang panas dan terbakar.

Bila kondisi seperti ini terjadi biasanya disebabkan karena klep yang ada pada saluran pencernaan dalam tubuh Anda tidak berfungsi secara maksimal. Hal inilah yang menyebabkan asam lambung menjadi naik dan menyebabkan sensasi terbakar pada dada.

  1. Batuk kering

Untuk gejala ini memang masih jarang sekali terjadi dan dialami oleh para penderita asam lambung. Tetapi ternyata menurut beberapa penelitian menyebutkan jika batuk kering juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit asam lambung atau gerd.

Dan gejala ini biasanya juga bisa muncul pada orang dewasa maupun anak-anak sekalipun. Jadi jika batuk yang Anda alami ini cukup parah dan disertai rasa panas dan sesak pada dada segera temui praktisi kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

  1. Sakit tenggorokan

Gejala terakhir yang sering dialami oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit asam lambung adalah sakit tenggorokan. Jadi asam lambung yang sudah naik ke kerongkongan tersebut inilah yang dipercaya sebagai salah satu penyebab kerongkongan terasa sangat sakit.

Dan untuk penderitanya juga biasanya akan mengalami gejala seperti radang pada tenggorokan dan disertai dengan suara yang serak serta adanya benjolan yang muncul pada tenggorokan.

Jadi di atas adalah beberapa gejala asam lambung naik yang perlu sekali diperhatikan dan diwaspadai. Serta satu hal yang perlu Anda ingat jika Anda sudah memiliki riwayat penyakit asam lambung tentu ada berbagai macam jenis pantangan yang harus Anda perhatikan.

Misalnya Anda harus memperhatikan pola makan Anda, hindari makanan asam, pedas dan minuman yang banyak mengandung alkohol dan yang paling penting adalah usahakan untuk makan secukupnya saja dan tidak terlalu kenyang serta tidak telat makan. Dengan begitu penyakit asam lambung bisa dihindari