Inilah Game Terpopuler di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

  • IsengNulis
  • Dec 05, 2021

Kepopuleran game di Indonesia semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Seperti yang disebutkan oleh Co-Founder & Chief Marketing Officer EVOS Esports, Michael Wijaya, Indonesia adalah negara pendorong utama pertumbuhan industri e-sport di Asia Tenggara. Pada 2021 sendiri, Indonesia berkontribusi sekitar 43% dari total 274,5 juta gamers di Asia Tenggara. Dari data yang didapat dari organisasi Esport Asia Tenggara ini, Indonesia menyumbang pendapatan terbesar senilai USD 2,08 miliar (hampir Rp 30 triliun).

Angka yang cukup menarik bukan? Mungkin tidak banyak yang menyadari hal ini, namun Indonesia termasuk negara yang paling banyak pemain game-nya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara ‘sasaran’ untuk pemasaran game. Tidak heran banyak sekali game baru yang bermunculan tiap tahunnya.

Nah, dari sini  berbagi game Android terpopuler di Indonesia tahun 2021. Lihat apakah game favoritmu termasuk di list ini? Mengingat upgrade yang terus menerus, game-game yang ada di list ini bisa saja berubah posisinya kapan pun, jadi tidak terpaku pada saat ini saja.

Mobile Legends: Bang Bang

Sejak dirilis pada 2016, game ini telah menjadi salah satu game populer di Indonesia. Mobile Legends sendiri adalah sebuah permainan peranti bergerak berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, yang merupakan anak usaha dari ByteDance.

Telah didownload sebanyak lebih dari 100 juta pengguna, Mobile Legends menjadi game MOBA Mobile pertama yang terkenal di Indonesia. Untuk terus menarik perhatian penggunanya, game ini memiliki konten-konten baru yang terus diperbaharui, seperti UI design terbaru, hero-hero baru, bahkan skin baru.

PUBG Mobile

Game ini menjadi salah satu game terpopuler di Indonesia karena memiliki banyak konten menarik untuk pemainnya, seperti team deathmatch, battleroyale, dan masih banyak lagi. PUBG Mobile telah didownload sebanyak lebih dari 500 juta kali di Google Play. Ketika bermain, pemain dimanjakan dengan penampilan High Definition (HD) dan terhindar dari grafis rendah.

Free Fire

Tidak dipungkiri lagi bahwa Free Fire adalah game yang paling populer di Indonesia. Semua kalangan masyarakat sudah bermain game ini, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Berdasarkan data dari Google Play, game yang juga dikenal sebagai Garena Free Fire ini telah diunduh sebanyak lebih dari 1 miliar kali. Ini menjadikan Free Fire berada di posisi pertama.

Game ini sendiri dikembangkan oleh Garena dan diterbitkan oleh Garena khusus untuk Android dan iOS, serta didesain untuk pengguna yang menyukai game peperangan dan tembak-tembakan.

Homescapes

Game terpopuler selanjutnya adalah Homescapes. Game puzzle ini dibuat dan dirilis tahun 2017 oleh Playrix sebagai spin-off dari Gardenscapes. Tidak hanya menantang, game ini juga menjual sisi 3D yang menarik untuk dimainkan. Pemain dituntut untuk mencocokkan 3 ikon yang sama kemudian membuat sebuah skill baru yang akan mempermudah beralih ke 1 buah stage. Homescapes telah didownload sebanyak lebih dari 100 juta kali.

Clash Royale

Clash Royale adalah permainan video strategi real-time freemium yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Supercell. Telah didownload sebanyak lebih dari 100 juta kali, Clash Royale menawarkan permainan yang seru di mana mereka menggabungkan elemen dari game kartu koleksi, pertahanan menara, dan arena pertempuran online multipemain.

Related Post :