Cara Membuat Tabel dengan Gampang di Word

  • 2 min read
  • Feb 17, 2021
Cara Membuat Tabel

Microsoft word adalah sebuah aplikasi pengolah kata, atau sebagai aplikasi yang memiliki fungsi untuk membuat dokumen dan kemudian bisa di cetak melalui mesin pencetak, misalnya printer atau juga mesin foto copy. Itulah tadi penjelasan mengenai dan fungsi dari aplikasi Microsoft word yang saya telah jelaskan di atas sebelum kita lebih jauh dalam mengulas cara membuat tabel. Kemudian dua penjelasan dari fungsi aplikasi word ada di bawah ini.

Membuat Format Dokumen

Fungsi dari Microsoft word lainnya adalah untuk membuat format pada dokumen yang telah kamu buta atau yang sudah tersedia. Ada bermacam-macam pilihan format yang bisa kamu gunakan, sehingga kamu bisa membuat dokumen dengan hasil yang lebih profesional. Bukan hanya itu kamu juga bisa memilih berbagai ukuran kertas yang bisa kamu pilih, juga masih banyak pilihan lain seperti untuk membuat catatan kaki, jenis huruf, penomoran, membuat tabel, sampai membuat equation matematika.

Mengedit Dokumen

Fungsi yang terakhir yang ada di aplikasi word bukan hanya untuk membuat dokumen saja akan tetapi, bisa juga di gunakan untuk melakukan proses edit dokumen yang sekiranya membutuhkan atau perbaikan dari tampilan dokumen tersebut, atau juga isi dari dokumen tersebut. Baik dari aplikasi yang sejenis atau juga dari aplikasi pengolah kata lainnya, dengan catatan word yang di gunakan di atas versi 2010.

Cara Memasukan Teks ke Dalam Tabel dengan Cepat dan Mudah

Mungkin untuk membuat tabel pasti kalian sudah sangat paham dan handal, akan tetapi untuk merubah teks dan memasukkan teks ke dalam tabel pasti di antara kalian masih banyak yang belum tahu cara ini. Untuk itu saya akan memberikan sebuah cara dalam menambah teks ke dalam tabel dengan proses yang cukup singkat dan mudah sekali. Oleh sebab itu kamu harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan baik dan benar.

  • Jika kamu sudah menuliskan sebuah teks di lembar kerja word, maka selanjutnya kamu tinggal seleski semuanya teks yang akan di masukan ke tabel.
  • Jika sudah kamu tinggal ke menu insert dan klik table pada aplikasi word tersebut
  • Jika sudah melakukan langkah kedua makan akan muncul pilihan yang di awali dengan insert tabel, dan ada drop-down tabel kamu pilih yang drop-down untuk bisa menambahkan teks ke tabel dengan cepat.
  • Selanjutnya pilih opsi convert text to table
  • Setalah itu akan muncul tampilan dalam aplikasi word tersebut, dan silahkan kamu pilih opsi separate text at, ini memiliki fungsi untuk mengatur word atau dokumen yang akan di masukan teks ke stiap kolom tabel yang dasar pembuatannya adalah teks.
  • Jika semua langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan maka kamu tinggal pilih OK saja, sehingga secara otomatis teks yang telah kamu seleksi dan ingin di masukan ke tabel akan langsung berada ditabel tersebut tanpa harus edit lain-lainnya.

Jika ada salah satu tabel atau kolom pada tabel tersebut, yang butuh di edit maka kamu bisa melakukan proses pengeditan di layout dan juga Design yang ada di atas aplikasi word tersebut.

Nah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam ulasan di atas, yang membahas tentang cara membuat tabel dengan cepat dan mudah tanpa harus melakukan dua kali cara kerja, tapi hanya satu kali saja cara kerja dan akan tersaji teks dalam tabel.