Aplikasi absensi karyawan merupakan solusi efektif bagi perusahaan untuk memonitor kehadiran karyawan. Pekerjaan absensi menjadi berkali-kali lipat lebih mudah, cepat, dan praktis karena dapat di-handle melalui smartphone dalam genggaman.

Selama ini banyak perusahaan mengalami kendala terkait sistem absensi konvensional. Kendala yang muncul cukup beragam termasuk pengaturan shift yang tidak praktis. Penggunaan absensi manual sangat memakan waktu jika harus mengatur rotasi shift karyawan karena hanya mengandalkan kertas ataupun excel. Risiko human error juga cukup tinggi sehingga berdampak pada kerugian bisnis maupun waktu lembur berlebih.

Kendala yang lain biasanya data kehadiran karyawan tidak real-time. Absensi manual bahkan fingerprint kurang efektif untuk memantau kehadiran karyawan secara real-time. Satu-satunya cara biasanya pemilik perusahaan harus turun langsung ke berbagai outlet bisnis.

Solusi Praktis Pengelolaan Absensi Karyawan

aplikasi absensi karyawan talenta

Hadirnya aplikasi absensi karyawan menggeser sistem absensi manual untuk penjadwalan jam kerja maupun rotasi shift karyawan secara cepat dan praktis. Semua hal yang berkaitan dengan absensi karyawan, visit outlet serta operasional outlet dapat dikendalikan hanya dengan satu aplikasi.

Misalnya untuk mendistribusikan jadwal shift, aplikasi absensi karyawan online ini hanya membutuhkan beberapa kali klik saja. Tampilan ringkasan shift juga tersusun rapi termasuk jumlah jam kerja karyawan. Secara keseluruhan, data dapat tersambung secara akurat dan minim human error.

Bagi karyawan sendiri, hadirnya aplikasi absensi online juga memudahkan mereka melakukan absensi. Mereka tinggal mendownload aplikasi ini secara gratis via smartphone. Dengan demikian mereka dapat melakukan absen melalui aplikasi tersebut sesuai titik lokasi yang sudah ditentukan.

Bagaimana titik lokasi bisa ditentukan? Mudah saja karena aplikasi berbasis cloud ini memiliki fitur GPS. Tidak hanya titik lokasi absen namun perusahaan juga lebih mudah melakukan time tracking atau memonitor kehadiran karyawan baik di kantor ataupun ketika perusahaan menerapkan kebijakan Work From Home (WFH).

Selain berbasis GPS, aplikasi absensi karyawan online juga dapat diintegrasikan dengan sistem fingerprint. Semua menjadi lebih praktis tanpa memerlukan perangkat tambahan.

Software absensi karyawan memiliki filter tampilan sehingga memudahkan HR memonitor kehadiran semua karyawan. Data kehadiran tersebut tercatat secara real-time pada database aplikasi. Karena itu operasional perusahaan tetap terpantau tanpa harus visit ke cabang / outlet yang kadang-kadang jumlahnya cukup banyak.

Aplikasi absensi karyawan juga dibekali kemampuan merekap laporan absensi secara otomatis. Bahkan hasil rekapan dapat dilihat dalam hitungan detik. Keuntungannya tentu saja lebih hemat waktu dan tidak berisiko salah hitung seperti yang sering terjadi pada sistem absensi konvensional.

Attendance Talenta

aplikasi absensi online talenta

Untuk kebutuhan perusahaan terkait pentingnya aplikasi absensi online karyawan, solusi paling tepat adalah Attendance by Talenta. Aplikasi ini adalah solusi tata kelola absensi karyawan untuk segala jenis bisnis yang memiliki outlet, misalnya bisnis ritel atau F&B.

Lantas apa perbedaan aplikasi Talenta dengan Attedance by Talenta ini? Aplikasi Talenta merupakan platform HR sebagai solusi HRIS lengkap seperti payroll, absensi, hingga database karyawan. Talenta juga merupakan solusi employee self-service termasuk didalamnya absensi karyawan, pengajuan cuti, hingga reimbursement. Sementara Attendance Talenta merupakan aplikasi berbasis mobile yang secara khusus memberikan solusi tata kelola absensi karyawan dengan sistem operasional yang praktis dan mudah dipelajari.

Cara penggunaan aplikasi absensi karyawan Attedance Talenta ini cukup mudah. Anda cukup mendownload aplikasi ini di Play Store dilanjutkan dengan membuat akun menggunakan nomor ponsel. Selanjutnya sudah tersedia langkah-langkah penggunaannya begitu Anda login di aplikasi. Silakan kunjungi Talenta.co untuk informasi lebih lengkap mengenai Attendance by Talenta.