3 Cara Cek HP Realme dengan Mudah di Semua Tipe yang Ada

  • 2 min read
  • Jul 25, 2021
Cara Cek HP Realme

Hp realme merupakan salah satu brand smartphone yang terkenal dan diproduksi perusahaan Realme asal Tiongkok. Realme adalah anak perusahaan yang berasal dari BBK Electronics, perusahaan induk dari beberapa brand raksasa smartphone seperti vivo dan oppo.

Harga hp realme sendiri terjangkau dan juga mempunyai spesifikasi yang bagus sehingga membuat banyak sekali hp rekondisi maupun replika yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, simak terus ulasan berikut untuk mengetahui bagaimana cara cek HP realme.

Cara Mengecek Hp Realme

Meskipun sobat membeli realme secara baru, jangan lupa juga untuk melakukan bagaimana cara cek hp realme ini. Hal itu dapat mengantisipasi bahwa hp yang sobat beli mengalami kerusakan.

Pada saat ingin melakukan pengecekan, caranya cukup mudah yaitu cek IMEI, layar, garansi, dan lain sebagainya pada saat membeli hp realme.

Cara Cek Garansi Realme

Garansi sendiri sangat penting baik pada saat membeli hp baru maupun bekas. Karena apabila hp masih berada di rentang waktu garansi, ternyata terdapat kerusakan maka sobat dapat mengklaim garansi dan hp dapat diperbaiki secara gratis.

Jadi, sebelum sobat membeli hp realme, tanyakan dahulu terkait dengan garansinya. Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk cara pengecekannya:

  1. Pastikan sobat mengetahui nomor IMEI dengan cara yang dijelaskan di bawah nanti.
  2. Setelah mengetahui nomor IMEI, masuklah ke website https://www.realme.com/id/support/phonecheck dan pada kolom mohon masukkan IMEI ponsel anda, masukkanlah nomor IMEI yang sudah didapatkan tadi.
  3. Kemudian yang terakhir pilihlah cek sekarang.

Cara Cek Layar Realme

Cara cek hp realme yang kedua adalah dengan cara mengecek layar hp realme. Hal itu dikarenakan layar adalah sesuatu yang penting dalam sebuah smartphone. Untuk langkah-langkah cara mengecek layar dapat sobat ketahui di bawah ini:

  1. Bukalah menu telepon kemudian ketik kode panggilan *#808# agar secara otomatis muncul menu yang digunakan untuk mengetes hp realme yang sedang sobat gunakan.
  2. Untuk mengecek touchscreen maka geser ke kanan kemudian pilihlah device debuging dan pilihlah metode yang sobat sukai di berbagai pilihan yang disediakan.
  3. Selanjutnya dalam mengecek LCD geser ke kanan kemudian pilih device debugging dan pilihlah LCD test.
  4. Hal terakhir yang sobat lakukan adalah mengikuti pengetesan LCD hingga akhir.

Cara Cek IMEI Realme

Dalam sebuah smartphone, IMEI adalah identitas yang sangat penting digunakan untuk cara cek hp realme. Cara untuk mengecek IMEI sendiri terdiri dari 3 metode seperti di bawah ini:

  1. Cara yang pertama adalah masuk ke menu pengaturan yang terdapat di hp realme. Kemudian pilih tentang ponsel. Setelah itu klik tulisan status dan kemudian akan muncul IMEI realme.
  2. Cara yang kedua adalah cek IMEI yang terdapat di dusbook realme karena biasanya tertera disana.
  3. Cara yang ketiga adalah menggunakan kode panggilan. Bukalah menu telepon, selanjutnya ketik *#06# dan kemudian akan tertera IMEI realme.

Tak hanya sampai disitu, setelah mengetahui IMEI sobat harus mengecek melalui website resmi Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/ dan kalian hanya perlu mengisi IMEI yang sudah diperoleh ke dalam kolom pencarian dan selanjutnya klik pencarian.

Alamat IMEI sendiri juga dapat digunakan untuk panduan bagaimana cara melacak hp realme yang hilang. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik bagaimana cara cek hp realme di atas supaya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan hp yang sobat punyai, sobat dapat mengatasinya dengan mudah.

Sumber: oppotutorial