Radius putar merupakan perhitungan seberapa besar lingkaran yang bisa dibuat mobil saat berbelok atau berputar .pastikan kita juga tahu  ukuran radius putar pengemudi agar bisa berputar balik dengan benar,adapun cara Berbelok di U-Turn yang Aman Setir miring kiri, butuh disesuaikan, tapi tidak mengurangi performa laju dan mesin yang masih prima terhadap mobil   Biasanya, semakin kecil mobil berarti radius putaranya semakin kecil juga.

Beberapa merk mobil  dan radius putar stir sebagai perbandingan produk low cost green car (LCGC) berikut ini:

  • Mobil Toyota Avanza 4,7 m,
  • Mobil Mitsubishi Xpander 5,2 m;
  • Mobil Honda BR-V 5,3 m;
  • Mobil Toyota Rush 5,2 m.

Untuk bisa berputar balik dengan benar  kepada  pengemudi mobil  agar memperhatikan  as roda depan sudah masuk pada titik kita belok, kita boleh memutar setir sedikit demi sedikit. jangan lupa jaga dan rawat Power Steering, Usahakan Ban Lurus Saat Parkir Contoh radius putar.

Sementara menurut  Research dunia otomotif   radius putar dihitung dari saat mobil berbelok pada posisi setir berputar sampai mentok  Cara menghitung mudah saja yaitu ketika kita memulai dari titik pusat lingkaran sampai ke posisi ban yang berada di sisi luar kanan. misalkan bila berputar ke kanan, berarti ban depan kiri yang berada di sisi luar.

Dunia otomotif khususnya banyak hal yang kita lakukan jika kita ingin  Modifikasi tak hanya sebatas bodi luar, kabin atau sistem sound system hiburan yang ada di mobil . Modifikasi juga bisa dilakukan pada bagian lingkar kemudi atau kita sebut juga dengan stir mobil.

Perubahan lingkar kemudi bagi sebagaian orang dapat dipercaya  memberikan penampilan agar beraura balap atau racing, setir racing banyak dipasaran di dunia otomotif, dengan beraneka ragam mulai dari lapis kulit asli maupun sintetis , hingga model Formula seperti  produk setir racing ini jelas memiliki kelebihan dan kekurangannya terhadap fungsinya

Untuk anda yang masih bingung memilih setir racing, kami memberikan beberapa tips di antaranya:

Pertama, sebaiknya memilih ukuran setir yang tidak terlalu jauh dari setir standar bawaan pabrikan. karena  setir racing diketahui kurang lebih garis tengah antara 12.5 – 13. 7 inchi. Sementara setir standar, biasanya berdiameter 14-15 inchi.

garis tengah lingkar kemudi sangat berpengaruh pada radius putar lebih cepat dari ukuran standar. Sedangkan jika terlalu kecil maka bisa  membuat stir berat saat di kemudi  kemudi, sehingga  susah memutarnya.

Kedua, pilihlah bahan yang bisa menyerap keringat dan tidak licin. Seperti diketahui, bahan setir biasanya terbuat dari kayu, kulit imitasi dan kulit asli.

Ketiga, yang perlu di ketahui ketika menggunakan setir model celong dan setir model rata, karena keduanya mempunyai respon yang  jelas berbeda rasio lingkar stir kemudi dan efek putar roda yang tidak seimbang bisa jadi membahayakan pengunanya . untuk itu pertimbangkan ketika kita memakai ukuran yang jauh dari standar.

Keempat, untuk model dari segi gaya balap baiknya kita gunakan palang dua atau tiga. Bila Anda ingin tampil mewah dan elegan, gunakan palang empat juga bisa.

Kelima, gunakan lingkar stir kemudi dengan fitur keamanan air bag. beberapa pabrikan di pasaran banyak sekali stir yang  sudah dibekali dengan air bag pada setir standar mobil. Jika Anda menggantinya dengan setir racing, tentu akan berbeda fungsi  system keamanan tersebut.