Memiliki Banyak Kandungan Air, Inilah 4 Manfaat Semangka

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Manfaat Semangka

Semangka menjadi salah satu jenis buah yang banyak digemari karena dapat meningkatkan energi dan suasana hati. Apalagi, semangka pun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kita. Buah yang bentuknya menarik ini memang menjadi salah satu buah yang banyak ditemukan di pasaran. Uniknya, terdapat sekitar 92% air di dalam semangka. Makanya, tidak heran apabila buah yang satu ini kerap dikonsumsi ketika siang hari untuk melepaskan dahaga.

Buah yang dagingnya berwarna merah ini memiliki banyak kandungan vitamin maupun nutrisi yang menunjang kesehatan kita. Beberapa contoh nutrisi tersebut ialah vitamin C, vitamin A, serta vitamin B6. Tentu saja, nutrisi-nutrisi tersebut memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Jadi, kudapan semangka pun tidak sekadar membuat tenggorokan kita, melainkan juga membuat tubuh tetap sehat.

Nah, selain memiliki banyak kandungan nutrisi, semangka pun memiliki beberapa fakta unik. Pertama, buah semangka menjadi yang termasuk ke dalam kategori labu-labuan. Makanya, buah yang satu ini juga bukan hanya dianggap sebagai buah, melainkan juga sebagai sayuran. Selain itu, semangka bukan hanya bisa dikonsumsi daging buahnya saja, melainkan juga kulitnya. Soalnya, kulit semangka memiliki banyak kandungan nutrisi. Bahkan, kulit semangka di Tiongkok biasa dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu. Nama watermelon sendiri merujuk pada banyaknya kandungan air yang terdapat di dalam semangka. Lantas, apa saja sih manfaat semangka untuk kesehatan tubuh kita? Berikut ini ulasannya!

1. Membuat tubuh tetap terhidrasi

Dehidrasi merupakan keadaan di mana seseorang mengalami kekurangan cairan. Dan untuk menghindari hal yang satu ini, kita harus minum cukup air. Memang, minum air adalah salah satu cara utama agar kita dapat terhidrasi. Namun, ketika kita ingin mendapatkan cairan selain dari minum air, kita pun bisa mengkonsumsi semangka yang kandungan airnya mencapai 92%. Dengan adanya kandungan air yang tinggi ini, maka kita dapat tetap merasa kenyang tanpa mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Menurunkan risiko penyakit kanker

Seperti jenis buah-buahan lainnya, semangka berperan penting untuk menurunkan risiko munculnya kanker pada tubuh seseorang. Apalagi, semangka memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk memerangi paparan radikal bebas. Sementara itu, radikal bebas dapat memicu kemunculan penyakit kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute, dijelaskan bahwa semangka memiliki kandungan lycopene yang berperan untuk mencegah terjadinya proliferasi sel kanker prostat.

3. Mencegah terjadinya Stroke

Semangka yang bisa kita dapatkan di TaniHub, sebuah platform penyedia sayur dan buah online terbaik, ternyata juga memiliki kandungan berupa karotenoid. Kandungan yang satu ini efektif untuk mencegah kemunculan stroke. Selain itu, ada juga lycopene yang akan berperan dalam membantu tubuh kita menurunkan kadar kolesterol maupun mengontrol tekanan darah kita. Apalagi, semangka juga dapat kita gunakan untuk mengatasi kondisi dinding arteri yang kaku dan memiliki ketebalan.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Karena adanya air dan serat yang tinggi, semangka bisa kita manfaatkan sebagai asupan yang meningkatkan maupun menunjang sistem pencernaan kita agar bekerja secara lancar. Sementara itu, terdapat juga kandungan serat pada semangka yang berfungsi untuk menjadi penyedia cangkang pada tinja kita. Di samping itu, kandungan air pada semangka pun akan berperan untuk membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Karena seperti yang kita tahu, baik air maupun serat sama-sama kita butuhkan untuk menunjang kesehatan kita.