Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Insomnia Berikut Ini!

  • 2 min read
  • Sep 28, 2021
Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Insomnia

Untuk menjaga kesehatan tubuh, tidur yang cukup di malam hari menjadi salah satu caranya. Namun untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, tidak semua orang bisa. Karena pada sebagian orang tertentu ada yang mengalami gangguan susah tidur atau yang kerap disebut dengan insomnia. Insomnia ini membuat penderitanya susah tidur atau tidak bisa tidur sama sekali, meskipun memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat tidur di malam hari. Jika Anda merupakan salah satu penderita insomnia, sebaiknya ketahui apa yang menjadi penyebab, gejala, dan cara mengatasi insomnia. Dengan demikian kondisi insomnia tidak dialami hingga berlarut-larut, mengingat kondisi insomnia berpotensi besar merusak kesehatan tubuh.

Insomnia sendiri ada dua macam jenisnya, yaitu insomnia akut dan insomnia kronis. Untuk insomnia akut biasanya hanya berlangsung berhari-hari atau berminggu-minggu saja. Umumnya kondisi ini terjadi sebagai dampak dari kondisi yang menyebabkan stress atau beban pikiran tertentu. Sedangkan untuk insomnia kronis biasanya berlangsung lama hingga bertahun-tahun. Kondisi insomnia kronis bisa disebabkan karena seseorang mengalami kondisi kesehatan tertentu atau efek dari pengobatan yang sedang dilakukan.

Untuk penyebab seseorang bisa mengalami insomnia sebenarnya cukup banyak. Beberapa diantaranya yang bisa menjadi faktor penyebabnya, antara lain:

  • Stress.

Terlalu banyak pikiran atau stress menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami insomnia. Karena umumnya saat memiliki banyak hal yang dipikirkan, entah itu masalah pekerjaan, finansial, keluarga, kesehatan, dll akan membuat seseorang menjadi terjaga dan tidak bisa tidur di malam hari.

  • Jadwal aktivitas yang berubah-ubah.

Jadwal aktivitas yang berubah bisa menyebabkan jam biologis tubuh ikut terganggu. Karena jam biologis terganggu, maka bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

  • Memiliki kebiasaan tidur yang buruk.

Kebiasaan tidur yang buruk, seperti tidur dengan waktu yang tidak tentu bisa menjadi penyebab insomnia. Jika sering dilakukan, maka lama-kelamaan akan membuat pelakunya susah tidur atau insomnia.

  • Makan terlalu banyak di malam hari.

Makan terlalu banyak menjelang waktu tidur membuat tubuh tidak nyaman saat berbaring. Bahkan tidak sedikit orang yang juga mengalami heartburn bahkan muntah ketik langsung berbaring setelah makan. Maka dari itu, sebaiknya hindari makan terlalu banyak menjelang tidur.

  • Mengalami gangguan mental.

Menderita gangguan mental, seperti gangguan kecamatan, PTSD (post traumatic stress disorder) juga bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Sehingga jika Anda susah tidur dalam beberapa waktu ini, bisa jadi hal tersebut dikarenakan sedang mengalami depresi.

  • Menderita penyakit kronis atau penyakit lain.

Seseorang yang mengalami masalah kesehatan tertentu, seperti sakit kanker, diabetes, jantung, dll juga bisa mengalami susah tidur. Selain penyakit ini, ada penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan penderitanya susah tidur, seperti Alzheimer, Parkinson, GERD, dan penyakit asma.

  • Kebiasaan mengonsumsi sesuatu yang berkafein, beralkohol, dan nikotin.

Jenis konsumsi yang mengandung kafein, alkohol, atau nikotin membuat Anda tetap terjaga dan susah untuk tidur.

Gejala yang sering terjadi pada mereka yang mengalami insomnia, yaitu kerap mengantuk di siang hari, bangun tidur dengan badan yang lelah, mudah tersinggung, cemas atau gugup, sakit kepala, dan mudah lelah saat beraktivitas. Jika insomnia yang diderita dibiarkan, nantinya bisa mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Sehingga sebaiknya Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi insomnia.

Untuk cara mengatasi insomnia yang bisa dilakukan adalah rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, mengontrol konsumsi kafein, alkohol, maupun nikotin, menata kamar tidur agar senyaman mungkin, membuat jadwal tidur dan disiplin menjalaninya, dan tidak makan banyak menjelang tidur. Cara lainnya lagi adalah mengonsumsi Relief Sari Jinten Hitam (Habatussauda) dari Herbana. Produknya sangat berkhasiat tinggi untuk mengatasi susah tidur, sangat aman dikonsumsi, serta higienis.