Inilah Panduan Lengkap untuk Menjadi Online Freelance Writer

  • IsengNulis
  • Dec 09, 2021

Perkembangan dunia Internet bukan hanya berpengaruh terhadap akses dan teknologi, tapi juga terhadap pilihan karier. Banyak sekali jenis profesi yang bisa kita jadikan pilihan, online freelance writer adalah salah satunya. Secara pengertian, online freelance writer sebetulnya tidak jauh berbeda dengan freelance writer biasa, yang membedakan hanyalah media dan batas teritorinya.

Apa saja yang akan Anda dapatkan dari loker penulis artikel bahasa indonesia maupun bahasa inggris yang kami buka ini? Tentu saja kami akan memberikan harga tinggi untuk setiap kata dari artikel yang anda kerjakan, misalnya 200 kata, 300 kata dan seterusnya dikalikan jumlah artikel yang anda kerjakan dari lowongan kerjaan penulis artikel, tidak hanya itu saja untuk setiap orang yang bergabung dengan team penulis SahabatArtikel akan mendapatkan bonus prestasi berdasarkan kecepatan pengerjaan job, berdasarkan jumlah artikel yang mampu dikerjakan dan berdasarkan kualitas tulisanya.

Jika freelance writer biasa menulis untuk media konvensional seperti majalah, koran, buku, dan lain-lain, maka online freelance writer menulis untuk media daring atau online. Contoh: content writer, SEO content writer, blogger, dan lain-lain.

Perbedaan lainnya ada di batas teritori. Online freelance writer bisa menulis untuk media apa saja, di mana saja, tanpa batas negara atau benua.

Cara Menjadi Freelance Writer

Sama seperti di bidang lain, menulis untuk media online juga dibutuhkan basic skills. So, sebelum memutuskan untuk menjadi online freelance writer, berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui:

Pahami Teknik Penulisan Dasar

Siapa saja bisa menjadi online freelance writer, dengan catatan orang tersebut menguasai teknik penulisan dasar seperti Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dan penulisan kalimat komprehensif.

Memahami teknik penulisan dasar bukan hanya bermanfaat untuk karier kita selanjutnya, tapi juga untuk performa media tempat kita bekerja. Semakin berkualitas konten yang kita buat, maka akan semakin mendapatkan impresi dari pembaca.

Tidak sulit mempelajari teknik-teknik dasar penulisan. Sebagai modal, kita bisa membeli buku EBI atau mengunduhnya dari Internet. Yang terpenting adalah latihan.

Kembangkan Gaya Penulisan

Kebanyakan media online menginginkan gaya penulisan atau gaya bertutur yang lebih santai, tidak begitu formal agar pembaca tidak cepat bosan. Namun, kita juga harus bisa menyesuaikan gaya bertutur dengan media tempat kita bekerja.

Misalnya, menulis untuk situs berita online jelas berbeda dengan ketika menulis untuk media bertema fesyen.

Buatlah Tulisan yang Singkat dan Padat

Karena kebutuhannya sekitar 300-800 kata (tergantung kepada medianya), maka kita dituntut untuk dapat menulis singkat dan padat. Sometimes, ini menyulitkan karena tidak semua ide bisa dituangkan ke dalam jumlah kata yang terbatas. Untuk menyiasati ini, teruslah berlatih, gunakan kalimat-kalimat aktif, dan tidak bertele-tele.

Pandai Melakukan Riset

Kadang, kita diminta untuk menulis tema yang tidak kita kuasai. Karena informasi yang kita sampaikan kepada pembaca harus berdasarkan data yang faktual, biasakan untuk melakukan riset sebelum menulis.

Pengalaman dan Pendidikan

Beberapa media memang tidak mencantumkan syarat pendidikan dan pengalaman. Namun, jika kita memiliki pendidikan atau pengalaman yang relevan, itu akan menjadi poin tambahan.

Tapi, jangan dulu berkecil hati, dengan modal pengalaman biasanya cukup untuk mendapatkan pekerjaan sebagai online freelance writer. Kebanyakan media membahas banyak sekali topik sehingga tidak dibutuhkan pendidikan yang spesifik, yang dibutuhkan justru para ahli yang berpengalaman.

Related Post :