Dewasa ini tiket pesawat promo yang murah memang banyak diburu. Hal ini dikarenakan pesawat terbang menjadi pilihan alternative ketika bepergian ke luar kota hingga ke luar negeri. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan pesawat, selain jarak tempuh yang lebih dekat, kini harga tiket pesawat juga semakin terjangkau untuk semua kalangan. Anda akan lebih leluasa dalam melakukan perjalanan jauh dengan kehadiran tiket pesawat murah serta promo berlimpah dari maskapai maupun agen travel online. Namun, ada tips mencari tiket pesawat murah yang perlu Anda lakukan. Selengkapnya simak ulasannya berikut ini.

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Tiket pesawat murah tidak bisa didapatkan dengan begitu saja. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Sebagaimana berikut ini tips mencari tiket pesawat murah:

  • Menentukan periode perjalanan

Ketika waktu high-season datang, transportasi akan pasang tarif selangit memang sudah tidak lagi menjadi rahasia. Untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah, maka pilihlah waktu liburan di bulan-bulan yang sepi seperti September sampai November dan Februari sampai April.

selain itu, hari dan tanggal juga sangat berpengaruh terhadap harga tiket pesawat. Biasanya di atas tanggal 20-an harga tiket lebih murah dibandingkan dengan pesan di awal bulan. Selain itu, Anda juga perlu untuk menghindari bepergian di akhir pekan mulai hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

  • Follow Akun Sosial Media

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin mendapat kabar tentang tiket murah yaitu bergabung dengan sosial media agen penyedia tiket pesawat dan sign up ke newletter. Karena, biasanya setiap maskapai penerbagangan akan menyebarkan berita promosinya di semua platform seperti pada iklan televisi, bisa di koran, bisa di mana-mana.

Caranya cukup mudah yaitu dengan follow akun media sosialnya. Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggalan info terbaru. Selain itu, Anda juga jangan sampai lupa untuk klik link berita yang telah diberikan oleh akun tersebut. Biasanya pada akun tersebut terdapat informasi lengkap mengenai promo yang sedang berlaku. Jangan lupa juga sign up newsletter agar begitu promo dimulai Anda akan mendapatkan email yang berisi pemberitahuan.

  • Cari Tahu Harga Promo Kartu Kredit

Setelah Anda mengetahui kapan waktu promo berlaku, terutama hari pertama promo dimulai. Anda juga bisa mencari tahu mengenai promo tiket pesawat yang menggunakan kartu kredit yang tersedia. Siapa tahu jika Anda menggunakan kartu kredit sedang ada promo, Anda bisa mendapatkan tambahan potongan harga. Nah, jika Anda ingin membuat kartu kredit, pilihlah bank yang  sudah banyak bekerja sama dengan maskapai penerbangan.

Sebelum memesan tiket pesawat menggunakan kartu kredit, Anda perlu untuk mengecek limit kartu kredit Anda. Jangan sampai ketika Anda ingin bayar tiket, limit kartu kredit tidak cukup. Sehingga, Anda gagal untuk mendapatkan tiket dengan harga murah.

  • Bersiaplah Pada Hari Pertama Promo

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, Anda harus tahu berapa lama promonya berlaku.  Selain itu, yang tak kalah penting ketahui kapan pertama kali promo tersebut dimulai. Karena, jumlah jumlah kursi untuk harga promo sangat terbatas. Namanya juga promo, pasti sangat terbatas. Jika saja semua kursi diobral bisa bangkrut maskapainya.

Agar Abda bisa mendapatkan tiket yang  diincar sejak lama, Anda harus bisa membeli tepat di dihari pertama promo dimulai. Misalnya saja jika promo dimulai pada jam 12 malam, Anda harus selalu stand by  di depan laptop dari jam 11. Jangan sampai Anda kehabisan tiket murah karena kelalaian Anda.

  • Memilih Maskapai Penerbangan yang Sesuai

Tips yang terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu memilih maskapai penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah, Anda harus memperhatikan jarak pemesanan tiket. Karena jika Anda memesannya dalam waktu yang mepet dengan hari H pemberangkatan, maka mendapatkan tiket yang murah hanya akan menjadi sebuah keinginan yang tak akan pernah tercapai.

Alasan Tiket Pesawat Murah

Pernahkan terlintas di pikiran Anda mengapa harga tiket pesawat bisa murah? terkadang harga tiket pesawat memang banyak yang tidak masuk akal. Misalnya saja kini sering ada promo kursi gratis, beli tiket pergi, bonus tiket pulang gratis atau beli 2 tiket gratis satu. Selain itu, masih banyak masih banyak promo super heboh dari maskapai yang bisa menarik hati para pelanggannya.

Nah, penulis kali ini akan memberikan beberapa alasan yang menjadi penyebab harga tiket pesawat semakin terjangkau bagi semua kalangan. Berikut alasannya:

  • Jumlah Kursi Banyak

Jumlah armada yang dimiliki oleh setiap maskapai pastinya berbeda-beda. Umumnya maskapai dengan biaya rendah melakukan efisiensi armada dengan mengatur jarak ruang kaki lebih kecil. Sehingga jumlah kursi dalam satu pesawat bisa lebih banyak dan otomatis akan menampung banyak orang untuk berkontribusi bagi pemasukan maskapai.

  • Frekuensi Terbang Banyak

Maskapai memiliki armada pesawat yang menawarkan tiket murah, yang biasanya memiliki turnaround lebih cepat. Sehingga, pesawat bisa mengangkut penumpang lebih cepat dan lebih banyak. Misalnya saja pesawat yang digunakan untuk rute Jakarta  ke  Singapura yang tiba di Jakarta pukul 18.00 dan akan kembali terbang ke Singapura pada pukul 20.00 dengan membawa penumpang. Frekuensi terbang yang banyak inilah yang memungkinkan maskapai untuk mengambil keuntungan dari pilihan jam terbang penumpang tersebut.

  • Ongkos Kru Penerbangan Lebih Murah

Frekuensi penerbangan yang banyak dan turnaround pesawat yang tinggi ini juga sangat menguntungkan bagi kru penerbangan. Sehingga, tidak membuat kru penerbangan harus menginap di tempat tujuan sehingga bisa mengurangi biaya-biaya untuk dikeluarkan kru maskapai yang bertugas. Sehingga, hal ini sangat berhubungan pada efisiensi biaya operasional maskapai.

  • Banyak Mendarat di Bandara Kecil

Umumnya, tiket pesawat yang murah didapatkan melalui maskapai yang mana pesawat mendarat di bandara kecil. Sehingga, memiliki retribusi jauh lebih murah dibandingkan dengan mendarat di bandara besar. Selain itu, tiket pesawat yang murah ini juga disebabkan oleh Fasilitas ground handling yang jauh lebih sederhana. Sehingga bisa menghemat biaya operasional maskapai.

  • Biaya Administrasi Kecil

Biasanya pembelian tiket pesawat melalui online, maskapai memperkecil biaya adminstrasi yang dikeluarkan. Selain itu, sistem ticketing online ini juga bisa memberi efisiensi tinggi bagi maskapai untuk menggunakan internet sebagai platform masyarakat yang ingin beli tiket. Sehingga, maskapai tidak terlalu nmembutuhkan banyak karyawan yang harus menghandle pembelian tiket.

  • Penumpang Tidak Dapat Makanan Selama Penerbangan

Tiket pesawat bisa murah jika memang penumpang tidak mendapatkan makan selama penerbangan. Jika pun penumpang ingin makan, terlebih dahulu harus memesan makanan dengan harga yang lebih mahal.

Itulah ulasan mengenai tips mencari tiket pesawat murah dan ulasan lainnya. Selanjutnya agar Anda bisa mendapatkan tiket pesawat murah, Anda bisa bergabung dengan agen tiket pesawat kami. Bersama kami pelayanan dan fasilitas akan Anda terima dengan baik dan berkualitas. Jika berminat kunjungi alamat kami.