Memilih Sekolah Pendidikan yang Baik untuk Anak

  • IsengNulis
  • Aug 11, 2022
Map Ijazah

Setiap orang tua umumnya menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Tak sedikit dari mereka yang menyiapkan dana pendidikan sejak awal agar anaknya bisa masuk ke sekolah tertentu. Bahkan, ada pula orang tua yang mendaftarkan anaknya ke sekolah sejak si kecil masih bayi karena banyaknya antrean untuk masuk sekolah tersebut.

Memilih sekolah yang baik untuk anak menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi sebagian orang tua. Untuk itu, berikut ini lima tips yang bisa Anda coba dalam memilih sekolah sebagaimana dikutip dari Parenting Firstcry.

Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Lakukan Riset

Sebelum membuat daftar sekolah yang ingin dituju, lakukan riset terlebih dahulu seputar nilai-nilai yang cocok untuk keluarga dan anak Anda. Salah satu hal yang bisa dipertimbangkan adalah lingkungan dan prestasi sekolah. Anda bisa melakukan riset melalui situs resmi atau media sosial sekolah, berkunjung ke sekolah langsung, atau bertanya ke guru, siswa, dan wali murid.

Biaya

Sekolah yang baik belum tentu memiliki biaya yang mahal, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, pastikan bahwa biaya sekolah tersebut sesuai dengan anggaran yang sudah Anda siapkan. Jangan sampai pendidikan anak justru jadi beban terlalu besar bagi keuangan keluarga ya, Moms.

Nilai Inti Sekolah

Nilai inti atau core value berkaitan dengan pendekatan apa yang digunakan dalam sistem pendidikan sekolah tersebut. Ada sekolah yang fokus pada pengembangan akademik, ada pula yang lebih unggul di bidang seni dan olahraganya. Pastikan pendekatan tersebut sesuai dengan tujuan Anda menyekolahkan si kecil ya. Yang nantinya juga guru akan dapat menilai siswa nya lewat Map Ijazah.

Infrastruktur

Beberapa hal terkait infrastruktur sekolah yang perlu Anda pertimbangkan yaitu ketersediaan taman bermain, lapangan olahraga, kondisi ruang kelas, dan kebersihan kamar mandi. Memperhatikan infrastruktur sekolah penting dilakukan demi kenyamanan anak.

Kurikulum

Mengutip laman Kurikulum Kemdikbud RI, satuan pendidikan dapat menentukan pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada tahun ajaran 2022/2023 secara mandiri. IKM terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut:

  1. Mandiri Belajar, yaitu menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, dengan tetap menggunakan Kurikulum 2013 atau Kurikulum 2013 yang disederhanakan.
  2. Mandiri Berubah, yaitu menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan.
  3. Mandiri Berbagi, yaitu menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar.

Dengan adanya pembaruan tersebut, penting bagi orang tua untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing kurikulum dan sekolah mana yang menerapkannya.

Related Post :