Smartphone Samsung Galaxy S9 : Spesifikasi dan Review Lengkap



Review dan Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy S9 - Samsung sudah dikenal sebagai satu vendor smartphone kelas atas dimana setiap tahunnya telah meluncurkan versi smartpone baru. Pecinta smartphone Samsung hingga kini mampu memanfaatkan semua teknologi di dalamnya mulai dari panel layar hingga hardware dan softwarenya. Baru-baru ini Indonesia kedatangan satu produk smartphone baru Samsung Galaxy S9 dimana setiap detail spesifikasinya mampu mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas tertentu. 


samsung galaxy s9


Kedatangan seri Galaxy S9 ini memang sudah ditunggu lama oleh pecinta ponsel Samsung, maka dari itu ketersediaannya selalu dicari bahkan dari ketersediaannya di toko online. Ponsel baru Samsung ini digadang-gadang menjadi satu pesaing terberat bagi produk vendor lainnya sehingga banyak kalangan ingin mendapatkannya dalam waktu cepat. Sebelum resmi diluncurkan di Indonesia, seri Galaxy S9 memberikan kapasitas RAM mencapai 4GB yang mampu diandalkan untuk aktivitas browsing hingga gaming. 



Produk baru Samsung ini pastinya diminati oleh banyak pecinta smartphone di tanah air karena menghadirkan spesifikasi hardware sampai software mumpuni. Oleh sebab itu dibutuhkan informasi terbaru mengenai review seri Galaxy S9 ini. Langsung saja kita lihat secara detail seperti apa informasi spesifikasi sampai harga Galaxy S9 yang sudah beredar di pasaran. 

Desain dan Teknologi Panel Layar

Jika kita lihat dari sisi desainnya, Samsung menghadirkan desain mewah yang mana mengusung ukuran dimensi mencapai 147.6 x 68.7 x 8.4mm sehingga sangat nyaman saat digenggam. Bahan full metal di bagian belakang bodi ponsel memberikan tema lebih elegan disertai fitur pelindung layar terbaru. Sedangkan dari sisi teknologi panel layarnya juga terbilang unggul karena mengusung ukuran lebar layar mencapai 5.8 inchi. Sudah jelas dari lebar layar 5.8 inchi sehingga lebih nyaman untuk aktivitas browsing sampai streaming video ataupun akses gaming. 

layar display samsung galaxy s9


Teknologi dari panel layar masih mengusung Super AMOLED Capacitive Touchscreen beresolusi 1440 x 2560 pixels. Dari teknologi panel layar Samsung Galaxy S9 tersebut menjadi sebuah inovasi menarik sebuah smartphone karena terlihat cukup unggul dalam menampilkan gambar lebih tajam serta lebih terang. Samsung masih memberi fitur proteksi layar berupa Gorilla Glass 5 disertai fasilitas always on display. Untuk memberi notifikasi terhadap telepon ataupun messaging maka dari sisi LED notifikasi juga disematkan. 

Hardware dan Software

Sektor hardware maupun software pada produk smartphone besutan Samsung ini juga dianggap mumpuni karena memang Samsung sudah menghadirkan banyak fasilitas berupa hardware mumpuni. Masuk ke sektor softwarenya, Samsung Galaxy S9 mampu memperlihatkan sistem operasi terbaru yakni Android v8.0 Oreo disertai Samsung Experience untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan berbagai macam aplikasi terbaru. 


Tidak hanya itu, ketersediaan processor Exynos 9810 dengan kecepatan octa core 2.35Ghz Cortex A57 dan 1.9Ghz Cortex A72 juga menghadirkan pengalaman mengoperasikan smartphone berteknologi unggul. Banyak pecinta game hingga pengakses video live streaming mengandalkan sektor hardware sehingga Samsung Galaxy S9 bisa jadi pilihan utama. 

Seperti kurang lengkap, Samsung masih memberikan fasilitas pendukung grafis layar berupa GPU Mali G71MP20 sehingga semua tampilan gambar ataupun video terlihat lebih berwarna serta lebih tajam. Pecinta game ponsel sudah dipastikan akan merasa lebih nyaman dengan adanya GPU Mali G71MP20 dimana tampilan grafis game akan lebih sempurna dari generasi sebelumnya. 

Galaxy S9 juga menghadirkan fasilitas RAM dimana dimanfaatkan sebagai pendukung aktivitas multitasking Samsung menghadirkan dua varian kapasitas RAM yakni 4GB dan 6GB. Tentu saja dari setiap kapasitas RAM dibanderol berbeda harga agar nanti sesuai kebutuhan pembeli. Hadirnya RAM sebesar 4 dan 6GB bisa dipastikan memberi pengalaman aktivitas multitasking bebas lelet bahkan ponsel satu ini sangat cocok untuk kebutuhan bisnis hingga aktivitas gaming.

hardware samsung galaxy s9


Ketersediaan memori internal juga tidak kalah dibandingkan sektor hardware lainnya, Samsung Galaxy S9 juga menyediakan memori internal mencapai 64 dan 128GB dimana masing-masing masih bisa diperbesar lagi memanfaatkan slot microSD mencapai 256GB. Pengalaman menyimpan file akan lebih menyenangkan karena dari sisi kapasitas ROM terbilang besar bahkan lebih puas dalam menyimpan foto ataupun video. 

Kamera

Keperluan fotografi dari ponsel buatan Samsung ini juga tidak luput dari perhatian pecinta fotografi. Galaxy S9 mendapatkan teknologi kamera sangat unggul baik di depan maupun belakang. Untuk sektor kamera belakang sudah dibekali dengan resolusi lensa mencapai 12MP dengan tambahan fitur Dual Pixels PDAF, f/1.6, 26mm, phase detection autofocus, OIS, dan LED Flash. Jadi pengalaman fotografi pengguna Galaxy S9 sudah menghadirkan kemampuan kamera terbaik di kelasnya. Tidak hanya dimanfaatkan untuk berfoto saja, akan tetapi kemampuan merekam video juga cukup unggul karena menghasilkan resolusi video 2160p@30fps atau Ultra HD. 

backend kamera belakang samsung galaxy s9

Sedangkan dari sisi kamera depan Samsung Galaxy S9 juga menghadirkan pengalaman lebih menyenangkan terutama saat berfoto selfie sebab kamera beresolusi 8MP disertai kemampuan f/1.6 autofocus mampu memaksimalkan hasil foto. 


Bahkan kemampuan kamera depan juga tidak luput dari proses perekaman video beresolusi 1440p disertai dual video call ataupun auto HDR. Adapun beberapa tambahan fitur mulai dari geo tagging, touch focus, face detection, hingga panorama yang semakin memudahkan pengguna dalam mengakses foto.


front end kamera samsung galaxy s9

Samsung sepertinya ingin menghadirkan sensasi berfoto hingga merekam video lebih tajam karena pengguna media sosial kini menginginkan spesifikasi kamera smartphone lebih detail baik foto ataupun video. 

Tipe Jaringan

Hadir sebagai satu smartphone baru dengan teknologi canggih, Samsung Galaxy S9 juga mampu menyajikan tipe koneksi internet yang mumpuni. Samsung masih memberikan fitur dual SIM yang masing-masing mampu standby secara bersamaan. Sedangkan aspek tipe jaringan internetnya juga sangat lengkap mulai dari GSM, HSPA, hingga 4G LTE. Sudah pasti para pengakses media sosial akan lebih mudah dan cepat dalam mengakses internet ataupun pecinta game karena adanya tipe koneksi 4G LTE. 

Untuk memenuhi kebutuhan internet pengguna Samsung Galaxy S9 dapat mengandalkan fasilitas WiFi 802.11 a/b/g/n/ac disertai WiFi Dircet dan hostspot. Tidak lupa dual band untuk memaksimalkan fitur koneksi internet. Sedangkan dari kebutuhan transfer file dalam ukuran besar maupun kecil Samsung membenamkan fasilitas Bluetooth 5.0 A2DP, LE, hingga aptX. Fasilitas Bluetooth 5.0 dianggap lebih cepat dari generasi sebelumnya sehingga penggunanya lebih mudah dalam memindahkan file foto maupun video. 

Sedangkan dalam koneksi smartphone ke PC komputer ataupun laptop juga disertakan fasilitas USB 3.1 Type C 1.0 reversible connector sehingga aktivitas transfer file dari ponsel ke komputer ataupun sebaliknya bisa lebih cepat. 

Security

Hadirnya fasilitas keamanan pada ponsel baru besutan Samsung ini juga memberi akses lebih private di setiap pemakai. Sensor fingerprint sudah disematkan di bagian belakang bodi ponsel kemudian masih adanya sertifikat IP68 dimana mampu membuat ponsel tahan terhadap percikan air. Sebenarnya pengguna Samsung Galaxy S9 ini masih bisa menikmati beberapa fitur lainnya berupa compass, accelerometer, iris scanner, hingga heart rate ataupun SpO2 yang mana menjadi satu pilihan tepat untuk sebuah smartphone terbaru.

Baterai

Kemampuan baterai pada Galaxy S9 sebenarnya juga masih cukup diunggulkan karena mengusung teknologi Fast Battery Charging membuat proses pengisian daya baterai lebih cepat. Tipe Li-Ion berkapasitas 3800mAh dianggap lebih mumpuni dalam mendukung aktivitas pengguna ponsel seperti bermain game sampai mengakses media sosial. Tipe non removable membuat baterai ponsel berada di dalam bodi sehingga cukup sulit untuk mengganti jika terjadi kerusakan. 

Harga

Dari berbagai macam sumber terbaru mengenai harga Samsung Galaxy S9 terlihat bahwa harganya masih cukup tinggi bahkan terbilang mahal dibandingkan ponsel pintar sekelasnya. Anda bisa memboyong ponsel pintar besutan Samsung ini dengan kisaran harga Rp 11,6 jutaan.
Melihat dari harga sampai spesifikasinya terlihat bahwa Samsung benar-benar menghadirkan sebuah ponsel terbaik yang tidak lama lagi beredar luas di pasaran. Akan tetapi tidak cukup melihat aspek spesifikasi beserta harganya saja, Anda wajib melihat seperti apa kelebihan sampai kekurangan versi Galaxy S9 lebih detail agar nanti mengetahui semua aspek penting sebelum membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S9

Ponsel pintar besutan Samsung ini masih memberikan banyak keunggulan bagi penggunanya diantaranya:
  1. Tampilan desain lebih berkelas karena terdapat bahan metal beserta glass di seluruh bodinya. Banyak kalangan menilai bahwa dari sektor tampilan bodi sangat nyaman dilihat serta digenggam karena kedua bahan tersebut.
  2. Didukung sertifikat IP68 Waterproof sehingga dapat menyelam di dalam air berdurasi 3030menit. Berkat sertifikat IP68 Waterprof tersebut memberikan keamanan ponsel akibat paparan air hujan ataupun terjatuh pada kondisi daratan basah.
  3. Teknologi layar Super AMOLED menjadi keunggulan berikutnya dari Samsung Galaxy S9 sehingga dari sisi tampilan layarnya terbilang lebih terang berkat Super AMOLED. Tidak hanya itu, kemampuan resolusi 1440 x 2960 pixels lebar layar 5.8 inchi membuat pecinta game lebih nyaman dalam bermain game ataupun cocok untuk menonton video.
  4. Didukung proteksi layar berupa Corning Gorilla Glass 5 sehingga layar mampu bertahan terhadap benturan ataupun goresan.
  5. Dibekali fitur dual SIM stanby sehingga pengguna tak kerepotan mengganti SIM Card untuk keperluan komunikasi.
  6. Dukungan koneksi jaringan tipe 4G LTE Cat 16 dapat memuaskan pengguna dalam aktivitas browsing internet. Bahkan untuk sektor koneksi internet 4G LTE Cat 16 menjadi koneksi tercepat yang pernah ada di sebuah smartphone. Bagi pecinta game online hingga pengakses video di YouTube sekalipun lebih mudah dalam melakukan aktivitasnya berkat koneksi jaringan 4G LTE Cat 16.
  7. Keberadaan sistem operasi Android v8.0 Oreo mampu menghadirkan aktivitas aplikasi lebih smooth ditambah lagi dari sektor tampilan user interface juga terlihat lebih menawan. Jadi untuk kebutuhan sistem operasi, Samsung Galaxy S9 sudah mampu mencakup semua aplikasi berkat OS Android v8.0 Oreo.
  8. Adanya processor Exynos 9810 Octa Core ditambah lagi dukungan GPU Mali G71 MP20 beserta RAM 4/6GB mampu menghadirkan kecepatan akses aplikasi apapun tanpa terjadinya lag. Spesifikasi hardware ini bisa diandalkan untuk kegiatan browsing hingga akses gaming online berkapasitas besar sekalipun.
  9. Kapasitas memori internal mencapai 64/128Gb yang masih bisa diperbesar lagi memakai slot microSD berkapasitas 256GB untuk mempermudah pengguna dalam menyimpan banyak file penting baik foto ataupun video.
  10. Fasilitas kamera terbilang unggul berkat teknologi kamera belakang 12MP disertai fasilitas phase detection autofocus, LED Flash, OIS hingga berbagai macam dukungan lainnya bisa menghasilkan foto berkualitas terbaik. sektor kamera depan juga tidak kalah karena sudah didukung dengan kemampuan kamera beresolusi 8MP berfitur autofocus, dual video call, auto HDR< hingga mampu mendukung aktivitas foto selfie hingga live video.
  11. Adanya fasilitas sensor fingerprint ditambah iris scanner memberikan proteksi lebih maksimal sehingga data pribadi tidak mudah dibobol.
  12. Kapasitas baterai Samsung Galaxy S9 juga terbilang cukup besar yakni sekitar 3800mAh yang masih didukung fasilitas fast charging. Adanya fasilitas fast charging membuat proses pengisian daya terasa lebih cepat bahkan mempersingkat waktu dalam proses pengisian baterai.
Melihat dari detail keunggulan seri Galaxy S9 terlihat bahwa sudah wajar bila harganya masih dibanderol di atas 11 jutaan. Akan tetapi ponsel keluaran terbaru Samsung ini juga memiliki beberapa kekurangan yang sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan penting sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru tersebut. Langsung saja kita lihat seperti apa kekurangan seri Galaxy S9.
  1. Fasilitas slot SIM 2 menjadi satu dengan slot microSD atau biasa disebut hybrid. Kekurangan fitur satu ini membuat pengguna tak bisa memasang slot microSD bersama dengan SIM 2. Jadi pilih salah satu atau tidak menggunakan microSD sama sekali karena melihat kapasitas memori internal ponsel bisa mencapai 128GB.
  2. Fitur baterai Samsung Galaxy S9 juga terbilang masih bersifat tanam atau non removable sehingga saat terjadi kerusakan pada baterai maka tidak ada proses penggantian baterai secara manual seperti tipe removable baterai. 

Melihat review ulasan lengkap dan harga dari Samsung Galaxy S9 sudah pasti membuat pecinta ponsel ingin mendapatkannya. Hanya saja anda harus bersabar untuk bisa memilikinya, karena smartphone Samsung terbaru ini belum tau kapan dirilisnya. Kita tunggu saja pengumuman resminya dari Samsung. 

Perkembangan ponsel pintar dari Samsung hingga kini masih terus diupayakan sehingga nantinya setiap pembeli ponsel dapat memastikan kualitasnya ditambah lagi tidak mudah tergiur dengan spesifikasi ponsel lainnya. Jadi Anda harus benar-benar mempertimbankan secara matang sebelum benar-benar menentukan pilihan kepada Samsung Galaxy S9 yang sekarang masih ramai di pasaran.

 

No comments:

Powered by Blogger.