Panduan Membuat Blog Wordpress Untuk Orang Awam

Panduan Membuat Blog Wordpress Untuk Orang Awam dan Pemula - Saat ini blogging menjadi kegiatan yang semakin banyak dilirik oleh masyarakat dunia, khusunya Indonesia. Hal ini terbukti setiap hari semakin banyak muncul blog yang mengulas beragam topik dengan menggunakan gaya bahasa yang berbeda-beda. Untuk membuat blog ada banyak platform yang bisa digunakan, seperti menggunakan blogspot, Tumblr, Jigsy, Worpdress dan platform lainya, bila diperhatikan lebih jeli, orang Indonesia lebih suka menggunakan Wordpress dan blogspot.


Diartikel ini saya akan berusaha mengulas sebaik mungkin tutorial cara membuat blog di Wordpress dengan mudah.

Dalam membuat blog memang terlihat mudah, namun bila anda menggunakan Wordpress anda akan tau yang sebenarnya pembuatan blog tidak semudah yang anda bayangkan.

Walaupun menggunakan Wordpress sedikit rumit dan membutuhkan waktu, anda tidak akan mengalami kesulitan jika mengikuti panduan yang saya berikan ini. Dengan mengikuti panduan cara membuat blog di wordpress bagi pemula ini, anda tidak akan mengalami kesulitan.

Cara Membuat Blog di Wordpress Self-Hosted (Berbayar)

Untuk memulai membuat blog wordpress di self-hosted tentunya anda harus memiliki hosting terlebih dulu. di Indonesia banyak sekali perusahaan penyedia jasa hosting yang memberikan penawaran menarik dengan harga yang sulit untuk anda tolak. Umumnya dalam pembelian hosting dengan durasi satu tahun, anda akan mendapatkan gratis domain dan gratis SLL atau https.

Bagi saya pribadi mengenai hosting, saya percayakan ke perusahaan hostinger. Perusahaan tersebut memiliki kualitas pelayanan yang bagus, tim support yang ahli dan cekatan dalam menangani masalah konsumen dan tentunya memiliki harga yang sangat terjangkau bagi blogger pemula seperti saya.


Harga yang ditawarkan hanya Rp 13.850 saja untuk satu bulanya dan gratis domain seumur hidup, sangat murah kan ? Bila anda juga tertarik untuk menggunakan hosting dari hostinger seperti saya, silahkan anda mulai klik disini.

Bila anda sudah memiliki hosting, sekarang saatnya untuk memulai membuat blog menggunakan platform dari Wordpress. Berikut panduanya.

1. Panduan Instal Wordpress di Self-Hosted

Langkah pertama masuklah ke cpanel menggunakan user dan password anda, kemudian pilih Website -> Auto Installer.


kemudian gunakanlah kolom pencarian yang suda disediakan untuk menemukan platform Wordpress.





Setelah itu anda akan dibawa kehalaman form. Isilah semuanya dengan benar dan klin button atau tombol instal untuk memulai proses instal Wordpress ke hosting anda.



Sekarang proses instal sudah selesai. Tahap berikutnya saya akan memandu anda bagaimana cara melakukan setting standart untuk wordpress.

2. Setting Pengaturan Untuk Wordpress

Salah satu alasan kenapa saya suka menggunakan platform dari Wordpress karena platform yang satu ini memiliki banyak pengaturan yang bisa disesuaikan dengan apa yang saya inginkan. Pengaturan ini berguna untuk mengatur tampilan dari blog sesuai dengan keinginan saya, jadi sangat fleksibel sekali menggunakan Wordpress.

Untuk memulai pengaturan ini sangat mudah, masuk ke dashsboar Wordpress terlebih dulu dan selanjutnya menuju ke menu setting dan pilih general. Pada halaman tersebut anda akan disajikan beberapa pengaturan standart.


Site Title : isilah judul blog anda.
Tagline : Boleh anda isi, boleh juga dikosongkan.
Wordpress Address : Biarkan saja
Site Address : Biarkan saja
Email Adress : isi alamat email anda

Bila sudah semua, klik tombol save. Pada tab general saya rasa hanya kolom itu saja yang perlu anda isikan datanya.


3. Memilih Tema Wordpress Yang Bagus dan Menarik

Tema atau template adalah hal penting yang harus anda perhatikan. Dengan memilih tema yang menarik akan mengundang minad pengunjung untuk membaca semua artikel yang ada di blog anda. Tema yang sudah anda gunakan bisa diganti kapan saja dan banyak pilihan tema yang bisa anda pergunakan secara gratis.



Mengenai pemilihan tema, berikut saya berikan panduan mengenai cara memilih template atau tema yang bagus dan tepat untuk blog Wordpress anda.

  1. Pilihlah desain template yang responsif untuk pc dan mobile.
  2. Tampilan tema terlihat bagus jika dibuka disemua browser serta bisa digunakan untuk beragam plugin wordpress.
  3. Pilih tema yang banyak digunakan oleh pengguna lain
  4. Pilih tema yang mendapatkan komentar yang positif dari pengguna lain
  5. Pilih tema yang memiliki rating bintang yang bagus

Untuk memilih tema gratis yang sudah disediakan oleh wordpress, anda silahkan menuju ke Appearance ->Themes->Add New

Pilihlah tema yang anda inginkan dan klik Aktivate untuk menggunakan tema tersebut.

4. Memilih Plugin Untuk Wordpress

Plugin ini berguna untuk meningkatkan kemampuan blog Wordpress anda, banyak plugin untuk Wordpress yang bisa anda gunakan secara gratis dengan kegunaan yang berbeda-beda. Namun manakah plugin yang terbaik untuk blog Wordpress ? Berikut saya berikan beberapa contohnya.



All in One WP Security : Plugin ini berguna untuk memberikan keamanan pada Wordpress dan bisa anda pergunakan secara gratis. Dengan menggunakan plugin ini blog anda akan aman dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab dengan niat yang buruk.

Yoast SEO : Plugin ini sangat tenar dikalangan blogger dunia. Yoast SEO membantu anda untuk memaksimalkan seo onpage agar artikel anda mendapat posisi bagus di mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing.

WP Fastest Cache : Ingin blog anda memiliki kecepatan yang tinggi saatdiakses ? Gunakanlah plugin yang satu ini.

UpdraftPlus WordPress Backup Plugin : Plugin yang satu ini berguna untuk membuat file backup pada blog anda. Jika suatu saat blog mengalami masalah dan anda tidak bisa mengatasinya, anda bisa restor file dengan mudah dan blog anda kembali seperti semula.

Untuk menggunakan plugin caranya sangat mudah, buka Plugins->Add new, kemudian pilih plugin yang anda inginkan dan klik Activate untuk instal plugin tersebut.

Informasi mengenai plugi terbaik untuk wordpress, anda bisa membaca di artikel yang sudah saya tulis mengenai plugin gratis dan terbaik untuk Wordpress.

5. Tulis dan Terbitkan Artikel

Settingan dasar pada Wordpress sudah, plugin untuk Wordpress juga sudah, nah sekarang saatnya anda untuk mulai menuliskan artikel dan mempostingnya di blog. Dalam membuat artikel, disarankan untuk menulis sesuai dengan kealian atau hobi anda agar anda tidak bingung dalam memilih tema artikel. Misalnya saja anda hobi memelihara burung kicau, anda bisa menuliskan artikel tentang burung kicau terbaik, cara memeliharanya dan lainya.

Setelah selesai menulis artikel, jangan langsung anda posting artikelnya. Baca lagi artikel tersebut, bila ada typo dan bahasa yang kurang enak, segeralah diperbaiki.

Untuk memulai menulis artikel di Wordpress sangat mudah, buka Post->Add New di dashboard Wordpress anda.

Berikan judul artikel anda di kolom Title dan tempatkan artikel anda di kolom teks area seperti gambar di bawah ini.


Bila artikel ingin terlihat lebih menarik dan enak dibaca, tambahkan beberapa gambar, bila perlu tambahkan juga video.


Untuk menambahkan gambar atau video bisa melalui tombol Add Media untuk mulai upload dan klik insert to post agar video atau gambar masuk ke dalam artikel anda.

Kesimpulan

Bagi orang awam seperti saya, memang tidak mudah membuat blog dengan Wodpress apalagi jika baru pertama kali menggunakanya.

Tutorial yang semacam ini sangat berguna sebagai panduan untuk memulai membuat blog menggunakan Wordpress.

Bila anda sudah yakin ingin menggunakan Wodpress sebagai platform blog anda, ingatlah baik-baik untuk melakukan pengaturan dasar pada blog, memilih tema yang menarik, menggunakan plugin gratis agar performa blog meningkat dan terbitkan artikel yang sesuai dengan hobi atau keahlian anda. Sertakan pula gambar atau video agar artikel lebih menarik untuk dibaca.

Jika anda mempunyai saran atau pertanyaan mengenai cara membuat blog di Wordpress untuk orang awam, silahkan sampaikan melalui kolom komenntar dibawah.

No comments:

Powered by Blogger.