Rahasia Sukses Membangun Usaha Cafe Dengan Modal Kecil di Usia Muda

Rahasa Sukses Membangun Usaha Cafe Dengan Modal Kecil di Usia Muda - Bisnis cafe saat ini telah menjamur dimana-mana, dari berbagai kafe yang telah ada, sebagiannya mempunyai ciri identitas atau ciri khas tersendiri agar mendapat pemasukan yang banyak. Salah satu faktor yang membuat pengunjung tertarik datang, betah dan bakal kembali lagi adalah jenis makanan dan minuman yang ditawarkan, meskipun konsep kafe yang diusung juga menjadi faktor X untuk menjaring pengunjung datang.

bisnis cafe

Tak khayal jika saat ini banyak makanan dan minuman di kafe mempunyai penampilan yang unik sekali, sehingga sangat sayang untuk dimakan, dan dari cara penyajian yang baik hal itu pula lah pasti pengunjung akan memotretnya terlebih dahulu untuk di upload di media sosial, yang akan berimbas baik untuk kafe tersebut, karena secara tidak langsung pengunjung ikut mempromosikan kafe tersebut.

Baca juga : Jasa cuci sepatu, bisnis modal kecil yang lagi naik daun

Di sisi lain konsep kafe yang diusung juga menjadi nilai penting, semakin kece tema kafe dan suasananya akan membuat semakin nyaman pengunjung yang datang, terlebih saat ini di beberapa kafe juga telah menyediakan spot-spot kece yang bisa dijadikan background foto, maklum jaman sekarang itu jamannya instagram, orang-orang berlomba-lomba mengupload foto dengan latar semenarik mungkin, dari hal ini pula juga termasuk salah satu promosi yang bisa menguntungkan kafe itu sendiri.

Nah jika kamu dalam dekat ini ingin sekali memulai usaha cafe, ada nih tips sukses membangun usaha atau bisnis cafe dengan modal kecil, mau tau caranya selain penjelasan diatas tadi? yuk ikuti beberapa tips dibawah ini

1. Pilihlah bahan yang ekonomis
Pilihlah bahan baku untuk makanan dan minuman dengan harga ekonomis, namun tetap berkualitas, kamu bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut dipasar tradisional maupun mendatangi suplier-suplier sesuai kebutuhan usaha kafe kamu.

2. Memperjelas menu favorit
Jangan mendirikan kafe dengan konsep asal, seperti halnya asal punya kafe tapi tidak mempunyai ciri khas. Buatlah menu yang menjadi nilai jual usaha kafe yang kamu rintis dengan menu favorit makanan dan minuman yang mampu menggoda pengunjung untuk mencobanya.

3. Menentukan Segmentasi Pasar
Segmentasu pasar merupakan faktor penting yang wajib dianalisis untuk pelaksanaanya. Jadi, terlebih dahulu tentukan siapa target pasar kafe mu, apakah untuk kalangan bawah atau low end, atau middle end, atau high end. Dengan mengetahui target pasar, kamu bisa menjual produk yang sesuai dengan selera maupun kantong mereka.

Baca juga : Usaha sampingan menjadi agen bukalapak

4. Lokasi kafe
Lokasi kafe yang strategis biasanya dekat dengan perkantoran, perguruan tinggi, sekolah serta tengah kota. Lokasi strategis inilah yang sangat menentukan keberlanjutan usaha kafe yang dibangun.

5. Service atau pelayanan
Service atau pelayanan yang baik, tentu saja membuat pengunjung ataupun pelanggan akan nyaman berada dikafe mu. Bisa saja secara tidak langsung, mereka akan merekomendasikan Kafe mu pada kerabat maupun teman-teman terdekatnya sebagai tempat nongkrong dan kumpul-kumbul yang menyenangkan dan juga nyaman.

6. Fasilitas tambahan
Berhubung hidup di era maraknya media sosial kasih deh tambahan wifi dengan kecepatan yang stabil, bisa juga memberkan ruang atau spot foto ciri khas dari kafe mu biar makin kece.

7. Sewa tempat dengan harga yang tidak terlalu mahal
Biasanya harga sewa teras atau paviliun tidaklah semahal merental kios atau ruko. Cara lainnya bisa juga dengan memanfaatkan taman rumah untuk kamu jadikan kafe. Kamu bisa menggunakan kafe dengan konsep outdoor yang menarik. Jadi selain bisa menekan biaya sewa, menggunakan teras/paviliun/taman rumah justru bisa menambah keunikan dari kafemu tersebut.

8. Infrastruktur
Sangat penting memperhatikan sarana pemenuhan kebutuhan bisnis seperti listrik dan air demi kelancaran usaha kafe yang kamu rintis.

9. Promosi
Gencarlah dalam berpromosi, kamu bisa memanfaatkan sosial media yang saat ini memiliki peran besar dalam hal promosi apapun, kamu bisa memposting aneka makanan maupun minuman lengkap dengan konsep kafe yang kamu usung di facebook, instagram, path dan lain-lainnya.

10. Diskon atau potongan harga
Selain bekerjasama dengan bank dalam pemberian diskon atau harga khusus, berikanlah juga diskon atau potongan harga seperti halnya konsumen merayakan hari ulang tahun di Kafe atau konsumen mengadakan pertemuan komunitas di kafe. Diskon pada moment –moment tersebut biasanya cukup menarik pelanggan

11. Karyawan
Rekrutlah karyawan yang ramah dan supel sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan untuk setiap pelanggan yang datang ke kafe mu. Dengan pelayanan yang baik dan juga ramah maka para pelanggan akan merasa senang dan nyaman dan tidak menutup kemungkinan pelanggan akandatang lagi serta merekomendasikan ke teman-temannya.

Semoga tips diatas menjadi salah satu faktor yang menjadikan kafe mu sukses yaaa

No comments:

Powered by Blogger.