6 Peluang Usaha Yang Bisa Dilakukan Oleh Anak-Anak

6 Peluang Usaha Yang Bisa Dilakukan Oleh Anak-Anak - Jika dulu masa anak-anak sangat identik dengan hanya bermain-main yang penting senang, namun seiring perkembangan jaman kini banyak anak-anak yang sudah diajarkan berbisnis oleh orang tuanya. Mungkin bagi sebagian orang awam hal tersebut tidak sesuai dengan umur sang anak, namun orang tua yang cerdas mengambil dampak positifnya, yaitu dimana sang anak ketika dewasa nanti tidak selalu bergantung pada orang tuanya meskipun orang tua tersebut tergolong mampu.

Peluang Usaha Yang Bisa Dilakukan Oleh Anak-Anak

Dengan memanfaatkan sikap anak-anak yang suka meniru apa yang dilakukan orang tua inilah yang bisa dijadikan landasan bisnis bagi sang anak.

Anda sebagi orang tua hanya perlu memberikan arahan berbisnis yang menarik, seolah-olah sedang bermain namun dari hasil bermain itu bisa dijual sehingga dapat keuntungan untuk dimasukkan dalam tabungan sang anak. Lalu bisnis apa yang tepat, agar anak tidak merasa bosan dengan bisnis tersebut? berikut contohnya :

1. Persewaan buku

Bila orang tua termasuk tipe yang suka membaca buku, biasanya hal serupa akan menurun pada sang anak. Nah jika memang benar seperti itu, pasti koleksi buku dirumah anda banyak sekali. Dari banyaknya buku bisa anda manfaatkan untuk mengajarkan bisnis pada anak, dengan cara membuka persewaan buku dirumah atau menyewakan buku-buku sang anak kepada teman-teman sekolahnya. Meskipun persewaan buku bukan tergolong bisnis yang prifit di era sekarang, setidaknya hasil yang didapat telah menanamkan jiwa berbisnis untuk anak sejak kecil yang akan berdampak baik ketika dewasa kelak mampu untuk membuka dan mengelola bisnis yang lebih baik lagi.


2. Menjual makanan dan minuman

Menjual makanan dan minuman adalah termasuk bisnis yang berprospek jangka panjang. Selain bisa dilakukan disela-sela waktu, pekerjaan ini juga mudah untuk berkembang. Sebagai orang tua anda tak perlu mengajarkan langsung untuk membuka bisnis dalam konteks yang besar seperti warung atau restoran, namun anda bisa mengajarkan bisnis kuliner dengan berjualan jajanan atau snack ringan serta minuman bagi anak-anak dirumah, jika anda orang tua yang ulet boleh juga mengajarkan bagiaman cara membuat es b0n-bon atau es kucir, puding atau agar-agar yang bisa juga dijual dirumah. Latihlah anak anda untuk melayani pembeli, hal ini berdampak baik bagi sang anak untuk memupuk rasa percaya diri serta komunikasi dengan banyak orang.

Baca juga : Cara cerdas mengatur tayangan TV untuk anak

3. Membuat aksesoris

Kerajinan tangan merupakan suatu alternatif mengajarkan bisnis kepada anak. Ajarkan lah yang mudah terlebih dahulu seperti merangkai kalung, gelang dari manik-manik. Biasanya anak-anak perempuan menyukai aksesoris tersebut, jadi anda bisa memanfaatkan pertemanan anak anda baik disekolah maupun dirumah sebagai pangsa pasarnya.

4. Alat Tulis dan Perlengkapan Sekolah

Anda bisa melatih andak untuk menjual aneka alat tulis dan kebutuhan seoklah kepada teman sekolahnya. Hal ini pastinya sangat menguntungkan untuk teman-temanya dan juga anak anda.

5. Jualan Pulsa

Telpon genggam sekarang ini tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa saja, namun anak-anak juga banyak yang memiliki telpon genggam. Ajarkan anak anda untuk mulai jualan pulsa dan menawarkan ke teman-temanya. Selain modalnya yang sedikit, jualan pulsa tidak membutuhkan keahlian khusus.

Baca juga : Tips sukses membangun usaha cafe

6. Jualan Akun Game Online

Anak-anak jaman sekarang lebih suka memainkan game online ketimbang permainan tradisional. Pada permainan game online ini ternyata ada peluang bisnis yang pas untuk anak anda, yaitu jualan akun game online. Misalnya saja bila anak anda suka main game online Mobile Legends dan levelnya sudah tinggi,  mintalah anak anda untuk menjual akun tersebut ke temanya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi anak, karena dia bisa mendapatkan uang dengan mudah dari hobinya.

Mengajarkan bisnis kepada anak itu baik, namun jaman sampai anda sebagai orang tua lupa diri hingga mengeskploitasi anak. Aturlah waktu yang tidak mengganggu jam belajar, jam istirahat, jam sekolah serta jam bermain, karena bagaimana pun anak juga butuh masa-masa bermain dengan teman-temannya.

Itulah info dari saya mengenai 6 peluang usaha yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Kira-kira usaha mana yang cocok untuk anak anda ??

No comments:

Powered by Blogger.