New Honda CR-V Turbo : Review dan Spesifikasi Terbaru

Usai meluncur resmi pada akhir April 2017 lalu, All New Honda CR-V Turbo terus menunjukkan taringnya dengan tetap menguasai pangsa pasar Compact SUV di Tanah Air. Tercatat untuk rentang bulan April 2017 hingga Juni 2017 atau sekitar 3 bulan sejak diperkenalkan resmi, ada 2.500 unit All New CR-V yang sudah dipesan. Bahkan, ketika banderol harga CR-V 1.5L Turbo lebih tinggi dibandingkan versi 2.0L, sekitar 90% penjualannya justru dikuasai versi Turbo. Mengapa versi Turbo mendapat antusiasme tinggi dari penyuka SUV? Di sinilah kuncinya. Untuk kelas SUV sekelas Honda CR-V, biasanya dijejali mesin dengan kapasitas besar.



Namun dengan cerdas, para insinyur Honda memanfaatkan teknologi turbo pada mesin yang diusung CR-V generasi kelima ini. Kendati berkapasitas kecil yakni hanya 1.5L, namun performa daya maksimum yang dihasilkan setara mesin berkapasitas 2.5L. Beberapa keuntungan CR-V Turbo ini yakni mencakup bobot total kendaraan semakin ringan karena dimensi mesin semakin kompak, performa bertambah drastis, konsumsi BBM lebih efisien, hingga aspek perpajakan kendaraan tidak terlalu mahal karena kapasitas mesin lebih kecil. “Visi Honda ke depannya akan banyak memanfaatkan teknologi turbo untuk menginduksi performa kendaraan tanpa memperbesar kapasitas mesin.

Baca juga : New Honda Jazz RS CVT Mobil Hatchback Irit Bahan Bakar

Efisiensi BBM tercapai, namun secara performa juga didapat,” kata Jonfis Fandy, Direktur Marketing and After Sales PT Honda Prospect Motor (HPM). Untuk menjawab rasa penasaran sekaligus membuktikan performa mesin yang dianggap fenomenal dan revolusioner dipakai di kelas CR-V, pada 19-21 Juli 2017 lalu HPM mengajak 60 media nasional dari Jakarta dan daerah merasakan ketangguhan CR-V Turbo. Ada sekitar 20 unit CR-V Turbo Prestige disediakan HPM untuk acara ini.

“Sengaja kami menurunkan tipe tertinggi dari CR-V Turbo ini agar para jurnalis dapat merasakan kesempurnaan mengemudi dengan sajian fitur yang terlengkap,” ujar Jonfis. Test drive bertema “Discover Greatness” ini untuk menguji langsung bagaimana kemampuan Honda CR-V Turbo di segala medan tantangan jalan. HPM sengaja memilih jalur Malang-Bromo-Surabaya sebagai jalur uji coba, lantaran lintasan ini dianggap bisa merepresentasikan bagaimana keandalan CR-V Turbo.

Mulai dari jalan perkotaan, pegunungan, kelokan naik-turun, hingga medan semi offroad seperti di kawasan Gunung Bromo yang menjadi puncak acara test drive ini. Total jarak yang kami tempuh sekitar 260 km dari Malang, singgah di Bromo, hingga selesai di Surabaya. “Gunung Bromo menjadi lokasi paling tepat untuk menguji ketangguhan All New Honda CR-V Turbo. Sesuai tagline-nya yaitu Discover Greatness, para jurnalis akan menemukan ber bagai hal luar biasa selama perjalanan, yang didukung ketangguhan sekali gus kenyamanan yang ditawarkan All New Honda CR-V Turbo,” kata Presiden Direktur HPM, Takehiro Watanabe.

Ditambahkan oleh Jonfis, “Kami sengaja memilih trek khusus yang beragam dan menantang seperti ini agar jurnalis dapat mengeksplorasi sepenuhnya dan merasakan sensasi berkendara CR-V Turbo.” Usai mendarat di Malang, rombongan jurnalis langsung mencoba CR-V Turbo dengan mengunjungi lokasi eksotis seputaran kota Malang dengan pemandangan indah yakni Djati Lounge dan kawasan wisata alam Coban Rondo yang terkenal dengan eksotisme air terjunnya. Perjalanan menguji CR-V Turbo dimulai dengan sajian kontur jalan naik-turun yang diselingi beberapa tanjakan dan turunan curam. Terlebih ketika memasuki kawasan Gunung Bromo. Aroma tantangan bagi Honda CR-V Turbo sebagai kendaraan SUV, makin teruji.

Bagian Eksterior Honda CR-V Turbo

Tampilan baru All New Honda CR-V Turbo Prestige dan hadir lewat desain bodi lebih besar dengan garis desain lebih tajam dan kokoh khas SUV. Desain baru eksterior All New Honda CR-V terkesan lebih tangguh dan berkarakter kuat. Bagian fender depan-belakang juga terlihat lebih lebar dari sebelumnya. Wajah depan CR-V Turbo kini terkesan lebih modis dan dinamis. Kombinasi desain lampu depan, gril, dan bumper depan juga terlihat menawan.


Teknologi LED sudah tersemat di lampu depan, lampu kabut, dan lampu Daytime Running Light (DRL)-nya. Desain lampu belakang yang sebelumnya lebih gambot, kini tampil dengan desain modern dan lebih ramping menyatu pilar D (LED Light Bars) dan menyamping ke pintu bagasi.

Sepintas, ‘satu napas’ dengan lampu belakang Honda Jazz. Oiya, untuk lampu depan dan foglamp, versi 1.5L Turbo Prestige sudah berteknologi LED. Sedangkan saudara kandungnya; 1.5L Turbo dan 2.0L SOHC i-VTEC, masih mengandalkan projector-lamp. Untuk lampu depan, sudah dilengkapi fitur Auto Levelling yang otomatis menyetel sendiri ketinggian lampu saat mobil ada beban. Tampilan sporty namun elegan di buritan dipermanis dengan kehadiran Tailgate Spoiler model baru. Di sisi atap belakang, terdapat antena model Shark Fin.

Di bagian bawah bumper guard terdapat sepasang exhaust pipe plus finisher yang sporty dan menghasilkan suara empuk renyah dari raungan mesin turbonya. Aplikasi velg ukuran 18” dengan motif agresif, menambah kesan maskulinitasnya. Tak lupa, khusus CR-V Turbo Prestige, sudah dilengkapi kap bagasi dengan motor (power tailgate) yang bisa dioperasikan dari sisi pengemudi dan tombol dekat plat nomor. Posisi ketinggian Power Tailgate saat posisi terbuka juga bisa disetel, agar tidak membahayakan kepala.

Bagian Interior Honda CR-V Turbo

Di antara banyak perubahan desain Al New CR-V Turbo, maka sektor paling banyak berubah dan mengalami pe nye m purnaan adalah interior yang semakin elegan dan mewah. Detail pernik interior tersaji rapih dan ergonomis ketika harus diraih tangan. Terdapat sentuhan wood panel pada dashboard yang memberikan rasa nyaman secara natural. Desain dashboard yang modern memberikan citarasa premium dibanding versi se belumnya. Aksen Silver Panel Garnish pada interior dan dashboard turut memberikan nuansa eleganitas.

Roda kemudi berbalut kulit asli dilengkapi Audio Steering Switch, Handsfree Telephone Switch dan Cruise Control yang membantu pengemudi saat ber kendara. Sistem audio video canggih dengan layar sentuh 9” mampu menghibur selama perjalanan dari Malang menuju Bromo dan berakhir di Surabaya. Sistem A/V ini juga kompatibel dengan USB, Bluetooth Audio, Radio, HDMI Port, dan MP3/ WMA.


Fitur lainnya seperti; smartphone connection baik secara kabel maupun Bluetooth, hands-free telephone, NAVI System, Multi Angle Rearview Camera, dan fitur nanoe Technology yang berfungsi menjaga kualitas udara kabin. Khusus tipe 1.5L Turbo, ka binnya dilengkapi kapasitas tujuh tempat duduk (7-seater).

Sedangkan versi 2.0L, masih mempertahankan 5 tempat duduk. Fleksibilitas kabinnya membuat All New CR-V mampu menampung barang bawaan lebih banyak. Untuk menambah faktor kenyamanan, sirkulasi udara pendingin dibuat dualzone dengan ventilasi hingga ke ruangan belakang dengan pe nyetelan terpisah. Jok pengemudi dilengkapi 9 mode penyetelan elektrik dengan Lumbar Support. Sedangkan untuk penumpang depan, joknya dilengkapi 4 mode pengaturan elektrik.

Baca juga : Spesifikasi tebraru dan lengkap Honda Accord 2016

Hal lain yang mendukung kenyamanan saat mengendarai CR-V Turbo, rancangan meter cluster yang modern dan mudah dilihat dengan Multi Information LCD Display. Meter cluster ini memberikan informasi akurat dan dibutuhkan selama perjalanan, yakni rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan, serta sisa bahan bakar melalui layar informatif. Khusus CR-V Turbo versi Prestige, dilengkapi peranti Power Panoramic Sunroof yang memberi kesempatan pe ngendara dan penumpangnya bisa menikmati kesegaran alam dan fenomena langit yang memesona secara lebih luas.

Performa Dapur Pacu Honda CR-V Turbo

Tipe tertinggi CR-V Turbo Prestige yang kami coba ini hanya berkapasitas 1.500cc, DOHC 4-silinder segaris 16-katup VTEC dengan Drive By Wire (DBW) dengan tambahan peranti induksi turbo, membuat mobil seharga Rp 506 juta (Turbo Prestige) ini mampu menyemburkan daya maksimal 190 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimal 240 Nm pada rentang 2.000 – 5.000 rpm. Tanjakan Pananjakan View yang curamnya melegenda itu, bisa dilalui CR-V Turbo tanpa hambatan berarti. Rute test drive yang menyisir jalur dari Kota Malang menuju Bromo juga banyak diwarnai beberapa rintangan seperti jalan menanjak curam, tikungan, dan jalan tidak rata, membuat para jurnalis bisa mencoba kemampuan performa CR-V Turbo dalam berbagai kondisi.

Memang, ketika menginjak pedal gas dari kecepatan rendah, masih terasa jeda (turbo-lag) saat ingin berakselerasi agresif di transmisi CVT milik All New CR-V Turbo. Tapi jangan khawatir, sebagai langkah antisipasinya, kita bisa memindahkan posisi tuas transmisi ke mode S (Sport) jika ingin berkendara lebih agresif. Bila tidak puas, silakan manfaatkan tuas paddle shift di belakang lingkar kemudi layaknya sportscar. Faktor kenyamanan mengemudi, selain dari rancangan suspensi yang tepat, fitur di kabin juga sangat menolong seseorang tidak cepat lelah saat mengemudi. Keberadaan fitur Tilt and Telescopic Steering sangat membantu posisi ideal mengemudi seseorang.

Hal ini terintegrasi dengan posisi pe– nyetelan kursi pengemudi dan penumpang depan. Selain medan aspal mulus dan bergelombang, pihak HPM secara matang juga mempersiapkan rute lebih menantang, yaitu mencoba kestabilan dan kemampuan CR-V Turbo di medan semi-offroad. Kawasan Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies Gunung Bromo menjadi saksi bagaimana CR-V Turbo dengan mudah ‘menari’ memberikan aksi yang lincah. Berkat ground clearance tinggi, CR-V Turbo bisa menjelajah maksimal di trek ekstrim serta kemampuan bermanuver di lautan pasir dengan aplikasi suspensi yang cukup empuk meredam guncangan.

Sekadar info, area padang pasir dan savana di Gunung Bromo biasanya hanya dilalui kendaraan berpenggerak empat roda. Fitur Vehicle Stability Assist (VSA) berguna menjaga kestabilan mobil saat bermanuver di lintasan pasir (off-road). Bila ingin merasakan sensasi ketajaman suspensi CR-V Turbo saat bermanuver di lintasan pasir, tinggal matikan tombol VSA dan Anda pun bisa ‘menari’ sesuka hati. Memasuki kawasan Bromo yang penuh dengan tanjakan serta turunan curam, fitur Auto Brake Hold di All New CR-V Turbo menjadi sangat berguna. Dengan fitur ini, pengemudi tidak perlu terus menginjak rem saat berhenti di jalur menanjak karena fitur brake hold secara otomatis menahan posisi mobil, baik saat menanjak maupun saat posisi menurun.

Fitur Hill Start Assist (HSA) juga menjaga atau mencegah kendaraan mundur di tanjakan dalam beberapa detik saat perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas. CR-V Turbo juga dilengkapi berbagai standar keselamatan tertinggi, yakni 6-Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM dengan side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Emergency Stop Signal, Smart Key dengan tombol Power Tailgate (khusus Turbo Prestige), dan immobilizer. Dengan sederet keunggulan performa dan fitur yang lengkap ini, All New Honda CR-V Turbo tidak hanya cocok jalan dalam kota saja, tapi juga mampu diajak menempuh jalan yang penuh tantangan.

No comments:

Powered by Blogger.