Tips Mengatur tayangan televisi untuk anak

Tips Mengatur tayangan televisi untuk anak - Televisi merupakan salah satu hiburan bagi setiap orang, tidak memandang usia baik dari anak-anak hingga orang tua. Terlebih bagi anak-anak menonton acara televisi merupakan kegiatan yang sering dilakukan, mengingat banyaknya acara televisi yang menarik hingga membuat anak-anak selalu ingin menonton.


Namun semakin kesini perkembangan tayangan televisi nyatanya banyak yang tidak mendidik terlebih bila jam tayang acara tersebut masih dalam waktu yang bisa diakses anak-anak. Seperti sinetron yang menayangkan adegan perkelahian, kebut-kebutan dijalan dan lain-lain yang bersifat negatif pasti akan menimbulkan dampak buruk bagi anak-anak yang menontonnya.

Tapi kita sebagai orang tua tidak mampu menghentikan anak untuk tidak menonton televisi, namun kita bisa mendampinginya untuk mengatur tayangan televisi yang tepat untuknya dengan cara sebagai berikut :

1. Merekomendasikan tayangan bagi anak

Agar tontonan anak tidak melenceng dari jalur yang semestinya, ada baiknya untuk dimulai dari hal kecil, misalnya saja dengan menetapkan siaran televisi apa saja yang layak untuk dikonsumsi. Arahkan Anak kita untuk menonton tayangan televisi yang tidak hanya menghibur seperti kartun anak, atau juga bisa menontonkan acara edukasi yang dikemas secara menarik agar dapat meningkatkan potensi dalam diri mereka .

Baca juga : Cara mengajarkan anak agar semakin disiplin

2.Berlangganan TV Kabel

Bila dirasa tayangan televisi kurang dengan acara yang sesuai umur anak kita, anda bisa
berlangganan tv kabel. Berlangganan tv kabel adalah salah satu alternatif bagi orang tua untuk memberikan tayangan menarik pada anak-anak, pasalnya dari tv kabel ini lah anak-anak dapat memilih acara-acara yang memang tepat untuk seuisianya, dengan pemilihan paket berlangganan yang tepat tidak akan merusak mental anak.

Namun bila anda berlangganan tv kabel kategori premium yang notabennya bisa mengakses acara apapun dari seluruh dunia, sebagai orang tua anda harus melakukan tips berikut :

Parental Lock
Parental Lock merupakan fitur yang ada pada tv kabel berlangganan dimana berfungsi untuk mengunci siaran televisi dengan pemberian kata sandi(password)atau diatur sesuai jadwal pemakaian atau sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan password, maka otomatis siaran tersebut langsung dikunci. Hanya bisa dibuka saat kita mengetahui apa passwordnya.

3. Kesepakatan durasi menonton televisi

Buatlah kesepakatan dengan anak anda dalam durasi menonton televisi. Dalam membuat kesepakatan, anda harus menghargai pendapat anak. Namun, bukan berarti anda harus mengalah pada keinginannya.


4. Jangan meletakkan televisi di kamar tidur

Meletakkan televisi dikamar tidur sama halnya membiarkan anak berlama-lama menonton televisi, sudah banyak bukti bila menaruh televisi dikamar berdampak buruk pada berkurangnya jam istirahat anak-anak. Letakkan lah televisi diruang keluarga agar ada kualitas kebersamaan juga bersama orang tua, dan anda dapat memantau langsung tayangan apa saja yang ditonton oleh anak.

Baik buruknya televisi pada anak, sebagai orang tua kita sangat berperan, maka dari itu dampingilah anak setiap kali menonton tayangan televisi.

No comments:

Powered by Blogger.