Peraturan Baru Registrasi Sim Card Prabayar Berlaku Mulai 31 Oktober 2017

Untuk para pengguna ponsel di Indonesia, dalam kurun waktu kurang lebih 2 minggu peraturan baru akan mulai diberlakukan dimana sim card yang sekarang digunakan harus divalidasi menggunakan data kependudukan yang resmi. Peraturan baru ini dimumamkan pada hari rabu (11/10) oleh Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika.

simcard

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perlingungan kepada pelanggan jasa telekomunikasi yang berada di Indonesia, pihak kemkominfo menerapkan aturan setiap nomor kartu perdana ponsel pelanggan harus divalidasi menggunakan NIK mulai 31 Oktober 2017. Perihal dengan penetapan ini telah diatur dalam peraturan mentri (Permen) Kominfo nomor 14 tahun 2017, lebih jelasnya bisa anda baca di sini .

sumber : https://jdih.kominfo.go.id/produk_hukum/view/id/588/t/

Dengan diberlakukanya aturan registrasi kartu sim card yang tervalidasi pihak kekominfo berharap dapat mencegah dan mengurangi penyalahgunaan nomor pelangan terutama pada pelanggan pengguna prabayar dan untuk mewujudkan kepentingan national single identity yang sedang direncanakan.

Aturan baru ini nantinya akan berlaku untuk calon pengguna ataupun pelanggan lama yang wajib melakukan validasi data pribadi yang sesuai dengan NIK dan juga nomor kartu keluarga (KK) yang sudah terekam didalam database milik Ditjen Dukcapil.

Proses registrasi bisa dilakukan langsung oleh pelanggan baru dan registrasi ulang bagi pelanggan lama. Jangan coba-coba tidak mengikuti aturan ini karena setiap pelanggan yang tidak taat dengan aturan ini akan terkena dampak. Apa itu dampak dari tidak melakukan registrasi yang sesuai dengan NIK dan nomor KK ? Untuk pelanggan baru yang tidak melakukan proses registrasi dengan benar maka kartu sim card tidak akan aktif, sedangkan untuk pelanggan yang membandel secara bertahap nomormya akan diblokir.

Proses Registrasi Sim Card
Dalam proses registrasi ini, pihak dari kemkominfo sudah bekoordinasi dengan beberapa pihak seperti Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), pelaku penyelenggara jasa telekomunikasi dan Ditjen Dukcapil. Proses registrasi akan meliputi proses verifikasi data dari kantor penyelenggara data telekomunikasi setelah itu akan kembali divalidasi ke database Ditjen Dukcapil, bila data sesuai maka nomor akan aktif dan bisa digunakan.

cara registrasi simcard
sumber gambar : detik.com

Untuk cara registrasi kartu perdana atau sim card kirimkan SMS ke nomor 4444 dengan format NIK#NOMORKK#. Masukan NIK sesuai dengan yang tertera di KTP dan kartu keluarga bila ingin nomor anda bisa digunakan segera.

Proses Validasi Registrasi
Proses pendaftaran atau registrasi dinyatakan sukses bila data yang input calon pelanggan dan pelanggan lama prabayar sudah divalidasi. Namun bila terjadi masalah seperti data tidak dapat divalidasi meskipun datanya sudah benar, pelanggan sebaiknya menghubungi pihak Dikcapil setempat. Setelah data selesai divalidasi dan dinyatakan sesuai, dalam kurun waktu 1x24 jam nomor baru bisa digunakan.

Batas Waktu Registrasi Ulang Pelanggan Lama
Pihak penyelenggara jasa telekomunikasi sangat wajib menyelesaikan program registrasi ulang pelanggan lama yang datanya belum valid maksimal tanggal 28 bulan februari 2018. Kemkominfo juga mewajibkan pihak penyelenggara untuk memberikan laporan kemajuan dari proses registrasi ulang pelanggan lama setiap 3 bulan sekali ke pihak BRTI.

No comments:

Powered by Blogger.