New Honda Jazz RS CVT Mobil Hatchback Paling Irit Cocok Untuk Anak Muda

New Honda Jazz RS CVT Mobil Hatchback Paling Irit Dan Murah di Indonesia - Sudah 13 tahun Honda Jazz melantai di pasar otomotif Indonesia. Pada tanggal 26 Juli 2017 lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya merilis New Honda Jazz dengan beberapa penyegaran, agar tetap menancap di hati konsumennya.

New Honda Jazz 2017 generasi ketiga ini memperlihatkan lompatan jauh yang semakin dewasa, tanpa menghilangkan karakter jiwa muda yang melekat. Dimulai dari sisi eksterior. Ubahan meliputi desain baru pada Front Grille & Front Bumper, LED Headlamp berpadu dengan Daytime Running Light (DRL), Black Power Retractable Door Mirror, bumper belakang dengan diffuser, hingga Dynamic Side Skirt.

new honda jazz rs cvt

Selain ubahan pada eksterior, diperkenalkan juga pilihan warna Phoenix Orange Black Top, yaitu kombinasi warna orange dengan atap hitam. Yang menjadi gaya khas Jazz adalah pahatan tajam pada sekujur body yang dimulai dari depan mengalir hingga ke belakang, memperlihatkan garis tegas. Kini ia menggunakan velg baru 16 inci yang kian atraktif.

Baca juga : Mobil irit bahan bakar dari Mitsubishi

Bentuknya menarik, namun jika Anda menginingkan tampilan sporty maksimal, akan lebih baik jika menggantinya dengan velg 17 inci untuk mengimbangi bodynya yang bongsor. Lanjut pada interior , kokpitnya semakin terlihat futuristik, lebih mewah dibandingkan beberapa lawan di kelasnya. Pada tipe RS yang kami uji, terdapat sentuhan aksen orange stich di bagian jok, roda kemudi, console box dan shift knob. Yang kami suka dari kabin New Honda Jazz adalah bentuk dashboard yang rata dan menjorok dalam.

Selain baik untuk visual pengendaraan, bentuk dashboard seperti ini juga menyuguhkan staging yang baik bagi penyebaran frekuensi audio. Akibatnya, detil suara dapat diterima baik oleh telinga. Mantapnya lagi, New Honda Jazz tersematkan enam buah speaker plus head unit layar sentuh 8 inci dengan fitur panggilan telephone, audio bluetooth serta audio mirroring. Lebih dari cukup untuk memanjakan telinga pengemudi dan penumpang. Sentuhan terakhir pada kabin adalah tampilan dashboard yang semakin premium dengan fitur Smart Touch Auto AC juga dengan panel digital.

interior new honda jazz rs cvt


Karena Honda hanya melakukan facelift, maka untuk ruang kabin dan posisi duduk masih sama dengan model sebelumnya, dengan jok depan yang memeluk tubuh pengemudi begitu nyaman. Bagaimana dengan jantung mekanisnya? Ya, masih sama dengan sebelumnya. Honda masih mempercayakan mesin 1,5 liter i-VTEC SOHC berkekuatan 118 hp pada putaran 6.600 rpm dan dorongan torsi 145 Nm pada 4.800 rpm, bukan mesin terbaru (hybrid) dengan teknologi Earth Dreams yang bertenaga 135 hp dan tendangan torsi 173 Nm.

Mestinya akan lebih mantap ketika setiap generasi Honda Jazz di Indonesia memiliki tipe mesin yang berbeda. Namun, bisnis tetaplah bisnis yang memiliki perhitungan tersendiri. Lanjut soal transmisi. Honda adalah pabrikan mobil yang paling banyak menyematkan CVT pada produknya seperti Jazz baru. Menurut Honda, dengan sistem tersebut maka tingkat friksi lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar Jazz akan lebih baik. Sekadar catatan saja, kami juga pernah menguji konsumsi BBM Jazz 2014 dengan mesin dan CVT yang sama. Hasilnya, Honda Jazz menjadi yang paling irit. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 18,88 kpl dengan kecepatan rata-rata 76 kpj, sementara hasil pada MID menunjukkan konsumsi bahan bakar sebesar 18,3 kpl.

Baca juga : Spesifikasi dan harga terbaru New Honda Accord

Secara logika, jika bobot, transmisi dan mesin masih sama maka konsumsinya tak akan berbeda jauh. Selain pergerakannya senyap, Honda Jazz melaju tanpa hentakan sama sekali berkat penggunaan CVT. Ia juga mampu memberikan kenikmatan berkendara dari suspensi yang terasa semakin lembut. Biasanya perubahan ini akan membawa dampak yang cukup signifikan terhadap karakter dan pengendalian mobil, namun ternyata Honda Jazz RS ini masih memiliki stabilitas yang baik saat bermanuver maupun saat kecepatan tinggi sama seperti sebelumnya.

Mengendarai Honda Jazz ini sangat memuaskan karena selain tenaganya cukup, untuk ukuran sebuah hatchback juga karena Honda berhasil mengeliminir gejala understeer yang ada pada generasi sebelumnya. Sayangnya pada Honda Jazz RS ini belum dibekali dengan kamera mundur ataupun sensor parkir, sehingga cukup menyulitkan saat harus parkir. Sistem pengereman bagian depannya menggunakan rem jenis cakram.

Namun kami mempertanyakan keputusan Honda yang tetap menggunakan rem jenis tromol di belakangnya, meski sudah mengantongi sistem ABS dan EBD. Namun, sisi positifnya adalah engine-brake dari transmisi CVT cukup meredam laju mobil yang bisa dijadikan sebagai penyeimbang penggunaan rem tromol di belakang.

Secara keseluruhan, Honda berusaha menggoda khalayak dengan tampilan yang segar. Baik dalam hal tampilan luar maupun dalamnya, menurut kami Honda Jazz baru ini cocok untuk diajak “kencan” bersama kekasih maupun keluarga kecil. Selain pengendaraannya yang memukau, hatchback ini sanggup menyihir penggunanya untuk larut dalam kenyamanan berkendara.

No comments:

Powered by Blogger.