12 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui Orang - Cucumis Sativus L atau yang sering kita kenal dengan mentimun atau timun tergolong Cucurbitaceae, yaitu jenis tanaman labu-labuan. Di Indonesia sendiri mentimun sering dikonsumsi dalam bentuk mentah tanpa melalui proses masak-memasak seperti halnya untuk rujak, jus, lalapan, ada juga yang memanfaatkan mentimun sebagai masker wajah secara alami.

manfaat buah timun

Selain murah dan mudah didapatkan di pasar tradisional ataupun supermarket, nyatanya timun juga dapat dibudidayakan dipekarangan rumah yang dapat memberi manfaat kesehatan untuk tubuh diantaranya sebagai berikut :

1. Diabetes
Mentimun mengandung hormon yang diperlukan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes

2. Kesehatan ginjal
Kandungan air pada mentimun membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine (urinasi).

3. Perawatan kuku dan rambut
Kandungan silika pada mentimun nyatanya juga dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari tangan dan kaki pada tubuh anda. Silika juga berguna dalam menjaga kesehatan rambut, seperti pertumbuhan rambut dan juga memperkuat rambut dari akarnya.

Baca juga : Jenis buah-buahan yang baik untuk mencegah penyakit asma

4. Mengontrol tekanan darah
Potasium, magnesium dan fiber atau serat dalam mentimun dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap dalam level yang normal. Faktanya, mentimun sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

5. Kesehatan persendian dan tulang
Silika yang terdapat pada mentimun sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat yaitu jaringan penghubung antar send, sekaligus memperbaiki kesehatan tulang secara umum pada tubuh anda.

6. Kesehatan gigi dan gusi
Kesehatan mulut secara umum, termasuk gigi dan gusi, dapat terjaga dengan mengkonsumsi mentimun, terlebih jika dikonsumsi dalam bentuk jus mentimun. Mengkonsumsi mentimun segar secara mentah tanpa diolah akan meningkatkan produksi saliva serta menetralkan asam dan basa dalam rongga mulut anda.

7. Fungsi pencernaan
Kandungan air yang tinggi, kalori yang rendah, serta serat yang terdapat pada mentimun, berguna membantu kerja sistem pencernaan anda dan membantu mengatasi sembelit dengan mengkonsumsi timun setiap harinya.

8. Perawatan kulit
Sifat diuretik pada mentimun, dengan efek membersihkan dan mendinginkan, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit anda. Kandungan airnya yang tinggi, vitamin A, B dan C, serta beberapa mineral (magnesium, potassium, manganese, dan silika) menjadikan buah ini penting untuk perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung ekstrak mentimun digunakan untuk mengencangkan wajah. Selain itu, asam askorbat dan asam caffeic yang terdapat dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata anda.

9. Mengurangai Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah
Senyawa yang bernama sterol yang sangat berguna mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

10. Mencegah kanker
Polifenol yang disebut lignan yang terkandung dalam mentimun bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi resiko kanker tertentu. Nyatanya mentimun juga mengandung unsur aktif tanaman kukurbitasin yang memiliki sifat anti kanker.

11. Pelindung Otak
Fisetin pada mentimun memipunyai peranan penting dalam kesehatan otak, yaitu untuk mengurangi gejala penyakit degenarasi sistem saraf yang berhubungan dengan usia dan bisa membantu fungsi kognitif pasien Alzheimer.

12. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Harian
Vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anda, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C (terutama pada kulit timun), kalium, magnesium, dan silikon. Berbagai vitamin ini dapat membantu meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh anda dengan cara mengkonsumsi mentimun .

Setelah mengetahui 12 manfaat timun bagi kesehatan tubuh diatas, pastinya anda ingin juga untuk mengkonsumsi setiap harinya.

No comments:

Powered by Blogger.