5 Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Dan Pelajar Yang Tidak Mengganggu Jam Belajar

Sudah bukan rahasia umum lagi bila biaya pendidikan di negara Indonesia ini terbilang cukup mahal, khusunya biaya pendidikan di tingkat universitas. Bila dibandingkan dengan negara tetangga seperti singapore dan Brunei, biaya pendidikan di Indonesia jauh lebih mahal.

kerja sampingan untuk mahasiswa


Karena sebab itulah beberapa mahasiswa selain sibuk dengan kuliah, mereka juga sibuk mencari pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa unutk mengurangi beban orang tua dalam membiayai pendidikanya di universitas.

Mencari lowongan kerja untuk mahasiswa bukanlah perkara yang mudah, karena kalau sampai salah memilih pekerjaan, bisa-bisa perkerjaan tersebut menganggu waktu kuliah dan dampaknya IPK bisa terjun bebas. Untuk itulah pada artikel ini akan saya berikan beberapa peluang usaha atau kerja sampingan untuk mahasiswa dan pelajar yang tidak mengganggu jam belajar.

1. Peluang Kerja Sampingan Ojek Online

Profesi ojek online saat ini sedang diburu banyak orang. Ojek online mulai naik daun pada awal tahun 2015, dimana pada saat itu perusahaan yang pertama kali merintis adalah Gojek. Perusahaan ini berhasil naik daun berkat kemudahan konsumen dalam memesan ojek melalui aplikasi mobile yang tersedia untuk versi iOS dan versi Android. Mengapa jadi driver ojek online menjadi piliha saya ? Karena kamu bisa megatur waktu kapan harus menjadi driver ojek dan kapan harus menjadi mahasiswa, hal ini tentunya tidak akan mengganggu waktu kuliah. Beda halnya bila kamu menjadi server di cafe atau restoran, kamu akan terikat kontrak dan terikat dengan jam kerja.

2. Peluang Kerja Sampingan Freelancer

Bagi kamu yang memiliki keahlian, sangat cocok bila menjadi seorang freelancer. Misalnya saja kamu mempunyai keahlian dalam berbicara, kamu bisa menjadi freelancer marketing di perusahaan distributor genset atau perusahaan lain yang membutuhkan marketing. Contoh yang kedua, kalau kamu memiliki keahlian dalam menulis artikel dengan kata-kata yang menarik, perkerjaan yang cocok adalah freelancer penulis blog. Tarif normal untuk penulis blog dalam bahasa Indonesia sebesar Rp 20.000 untuk 1 artikel 500 kata. Bayangkan saja dalam sehari kamu mendapat 20 orderan, maka penghasilan mu sehari adalah Rp 400.000 dan dalam sebulan penghasilanmu Rp 12.000.000. Sangat menggiurkan, bukan ?

Baca juga : Pentingnya peranan marketing untuk perusahaan


3. Peluang Kerja Sampingan Bisnis Online

Kerja sampingan berikutnya yang cocok untuk mahasiswa adalah bisnis online. Semua bisnis online pasti memiliki profit, asal dijalankan dengan benar, sabar dan telaten. Tapi kenapa ada pemain bisnis online yang gagal ? Salah satu faktornya mereka kurang fokus. Jalankan dulu satu bisnis online, kalau sudah berkembang barulah membuka bisnis online lainya. Masukan dari saya, tidak usah terlalu sering ikut seminar bisnis, tidak usah beli buku tentang bisnis, dll. Untuk mendapatkan ilmu bisnis online, kamu bisa belajar dari teman yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam jualan online.

4. Peluang Kerja Sampingan Menjadi Guru Private

Sangat disayangkan kalau kamu adalah mahasiswa yang cerdas tapi hanya di kosan atau dirumah saja sepulang kuliah. Cobalah menjadi guru les private agar ilmu yang kamu miliki bisa lebih berguna. Dulu, sewaktu saya masih kuliah, banyak teman-teman saya yang memiliki perkerjaan sampingan sebagai guru les private. Hasilnya lumayan, bisa untuk tambahan biaya hidup bulanan. Dikota Semarang, tarif untuk satu kali pertemuan Rp 35.000, dalam seminggu ada 3x pertemuan maka pendapatan kamu Rp 105.000. dalam sebulan hanya dari 1 murid saja kamu bisa menghasilkan Rp 420.000. Bila memiliki 5 murid, maka dalam sebulan penghasilan tambahan yang kamu peroleh Rp 2.100.000


5. Peluang Kerja Sampingan Selebgram

Buat para mahasiswa yang hobil otak-atik Intstagram, pastinya sudah gak asing lagi dengan pekerjaan yang satu ini. Pekerjaan sampingan ini sengan menjadi trend dan naik daun dikalangan anak-anak muda  karena penghasilanya yang menggiurkan, namanya selebgram. Namun bukan perkara yang mudah menjadi seorang selebgram. Modalnya akun instagram kamu harus memiliki jumlah follower yang jumlahnya banyak dan mempunyai interaksi yang menarik antar pengguna instagram. Penghasilan utama profesi selebgram berasal dari endorsement dan kerjasama dengan brand-brand terkenal. Uang belasan juta rupiah bisa dikantongi selebgram hanya dengan sekali mengunggah foto di akun instagramnya. Dengan penghasilan yang sebesar itu, yakin nih kamu tidak tertarik menjadi selebgram ??

Baca juga : Ingin menghasilkan uang dari Instagram ? Begini caranya

Itulah 5 peluang kerja sampingan untuk mahasiswa ataupun pelajar yang tidak akan menganggu jam belajarnya. Masih banyak peluang kerja sampingan diluar sana yang tidak bisa saya sebutkan semua disini. Intinya  kamu harus pintar dara mencari peluang dan jangan merasa malu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Selama pekerjaan yang kamu lakukan itu halal, kerjakan saja. Jangan kamu hiraukan perkataan orang lain yang menyindirmu.

No comments:

Powered by Blogger.