Hanya Lulusan SMA Ingin Memiliki Gaji Yang Besar ? Bisa Saja, Asal Kamu Melakukan Hal Ini

Khususnya di Indonesia ijazah sarjana atau S1 masih dianggap penting dalam proses pencarian dan perekrutan di dunia kerja. Tuntutan dunia kerja yang semakin ketat mensyaratkan adanya minimal pendidikan sebagai kualifikasinya.

gaji besar lulusan sma

Pendidikan dan kesuksesan seperti halnya sebab dan akibat, dimana kita ketahui semakin tinggi pendidikan seseorang makan semakin tinggi pula kesuksesan yang didapat, karena tidak bisa dipungkiri di era modern sekarang pendidikan adalah jalur menuju kesuksesan.

Polemik yang ada di Indonesia sendiri setiap tahunnya banyak lulusan sarjana, berimbas makin ketat dan sangat kecil peluang untuk mendapat pekerjaan dikarenakan persaingan yang begitu kompleks. Lulusan sarjana tidak menjamin sepenuhnya untuk segera mendapatkan pekerjaan yang baik atau mapan jika tidak diimbangi dengan skill yang mumpuni.

Baca juga : Peluang kerja sampingan terbaik untuk lulusan SMA dan Mahasiswa

Nah buat kamu yang hanya sebatas lulusan SMA, SMK, atau STM jangan berkecil hati, karena tidak memiliki gelar sarjana bukan berarti tidak bisa berkarir di perkantoran ataupun perusahaan-perusahaan besar. Berikut tipsnya :

1. Membangun image dari portofolio serta pengalaman
CV atau Curriculum Vitae merupakan salah satu cara anda mempromosikan diri kepada HRD atau pimpinan perusahaan dimana kamu melamar pekerjaan. Jadi inilah awal anda untuk membangun reputasi sebaik mungkin, ingat Curriculum Vitae adalah proses seleksi awal perekrutan karyawan baru, jadi apabila portofolio mu menarik, dengan pasti kamu akan lolos ketahap proses perekrutan selanjutnya. Ada hal yang bisa anda lakukan untuk membangun reputasi tersebut dengan cara sebagai berikut :

  • Manfaatkan berbagai kesempatan seperti magang, seminar workshop, pelatihan atau kursus yang memberikan sertifikasi kepada pesertanya, dari sertifikasi itulah bisa kamu masukkan ke dalam portofolio mu.
  • Buatlah portofolio seperti halnya membuat website atau blog.
  • Ambilllah pekerjaan freelance atau project-project yang bisa anda lakukan secara online atau offline

Ketiga poin diatas bertujuan menginformaskan atau memberitahukan bahwa anda mempunyai skill yang mumpuni serta mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

2. Mencari pekerjaan yang sesuai
Mencari pekerjaan sesuai yang dimaksud adalah sesuai dengan potensi ataupun skill pada diri anda. Misal jika potensi diri anda di dunia SEO (Search Engine Optimization) carilah lowongan pekerjaan tersebut, lalu sortirlah peluang anda, jika perusahaan mewajibkan adanya gelar S1 (bachelor degree is a must) maka lowongan tersebut tidak diperkenankan untuk anda yang tidak memiliki gelar sarjana.

Namun biasanya anda perlu melihat apakah mereka masih memberikan toleransi untuk lulusan SMA, SMK, atau STM atau tidak, kalau ditulis seperti “bachelor degree or experience in similar position atau job” itu artinya masih ada kesempatan untuk anda mencoba melamar asalkan anda memiliki skill atau pengalaman yang diperlukan perusahaan tersebut.

Tak hanya itu bekerja sesuai skill juga mempermudah anda dalam negosiasi gaji di saat interview kerja, perusahaan tidak akan mempersulit anda dalam memberikan gaji besar apabila memang skill yang kamu punya mampu mengerjakan tugas-tugas yang ada di perusahaan.

3. Pilihlah pekerjaan yang ilmunya tidak diajarkan di pendidikan formal
Ilmu yang masih sedikit diajarkan pada pendidikan formal biasanya akan lebih berpeluang untuk anda coba. Anda bisa mendalami skill tersebut melalui tempat kursus atau belajar secara otodidak. Karena jika kamu hanya lulusan SMA, SMK, atau STM dan kamu langsung mencari kerja tanpa ada dukungan portolio yang mumpuni, salah satunya adalah adanya skill yang ada pada potensi diri, jelas akan sulit bagi anda untuk dapat bekerja dikantoran.

Contoh, Lowongan SEO di Indonesia tidaklah banyak, namun peluang tersebut bisa menjadi nasib baikmu apabila kamu memiliki ilmu tersebut yang mampu kamu terapkan di dunia kerja. SEO sendiri tidak diajarkan di bangku sekolah maupun perkuliahan, jadi anda bisa belajar secara otodidak maupun lewat jalur kursus untuk mendalami ilmu SEO tersebut.

Tanpa adanya gelar maka satu-satunya cara untuk meningkatkan nilai jual anda sebagai karyawan adalah dengan terus meningkatkan pengalaman, skill, dan portofolio anda dibidang yang bersangkutan. Selain rencana jangka panjang, siapkan pula rencana cadangan atau exit plan, jika segala sesuatunya tidak berjalan mulus maka anda tidak harus bergantung pada pekerjaan kantor ataupun orang lain.

No comments:

Powered by Blogger.