Faktor Penyebab Kepala Pusing Setelah Olahraga Yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Kepala Pusing Setelah Olahraga - Dengan berolahraga secara teratur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tidak mudah sakit. Namun tak sedikit dari mereka yang suka berolahraga mengalami kondisi yang tak di inginkan, seperti halnya merasa pusing bahkan hingga pingsan setelah melakukan olahraga. 

Walaupun terkadang rasa pusing itu bisa hilang dengan sendirinya, tapi dalam beberapa kasus menyatakan ada juga yang berlangsung lama merasakan pusing tersebut.


Rasa pusing atau nyeri yang dirasakan setelah berolahraga disebut dengan effort migraine atau exercise related migraine, dimana terjadi pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan teregangnya saraf dan menghasilkan rasa pusing atau nyeri di kepala, bila merasakan hal tersebut sebaiknya segera untuk beristirahat dan minum air putih secukupnya. 

Rasa pusing setelah olahraga biasanya akan terjadi bila melakukan aktifitas olahraga yang berat, meskipun ada beberapa dari mereka yang berolahraga ringan tetap merasakan pusing dikepala, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor dibawah ini :

1.     Dehidrasi
Dehidrasi atau yang lebih dikenal dengan kekurangan cairan pada tubuh merupakan penyebab paling umum seseorang mengalami pusing dikepala setelah melakukan aktivitas  berolahraga. Memperhatikan asupan cairan sebelum, saat, dan setelah olahraga untuk mengurangi risiko dehidrasi sangat diwajibkan, karena banyak cairan yang dikonsumsi, maka respon tubuh akan semakin bertenaga dan berstamina untuk melakukan olahraga. Seberapa banyak air yang harus diminum ini tentu bergantung pada kebutuhan tubuh setiap orang. Umumnya, orang yang berkeringat lebih banyak mungkin lebih memerlukan cairan yang lebih banyak juga untuk tubuhnya.

2.     Tekanan darah
·       Tekanan darah rendah
Organ paling penting dalam tubuh adalah jantung, disaat melakukan olahraga secara pasti jantung akan bekerja lebih keras dan memompa lebih banyak darah ke pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah melebar untuk menampung kelebihan darah tersebut. Ketika berhenti berolahraga, jantung mulai berdetak normal, tapi pembuluh darah membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikannya. Nah, hal tersebut menyebabkan penurunan tekanan darah yang menyebabkan seseorang akan merasa pusing, sakit kepala, dan lemas.

·       Tekanan darah tinggi
Apabila seseoramg memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, hindari olahraga berintensitas tinggi atau yang bersifat berat. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Karena apabila tekanan darah melonjak dengan tiba-tiba, maka rasa pusing bisa timbul seketika itu pula. Cobalah untuk berkonsultasi ke dokter dan lakukan assessment ulang untuk menyesuaikan intensitas olahraga yang tepat sesuai kapasitas tubuh.


3.     Teknik bernafas yang tidak tepat
Teknik bernapas yang tidak tepat nyatanya juga sebagai pemicu terjadinya pusing saat atau setelah berolahraga karena darah kekurangan kadar oksigen. Akibatnya, aliran oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan kepala pusing. Untuk mengatasi kondisi ini, harus menyesuaikan teknik bernapas dengan jenis olahraga serta kemampuan tubuh karena, selama olahraga, tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya

4.     Kurang tidur
Demi mencegah pusing saat atau setelah berolahraga, pastikan tubuh memiliki waktu atau kualitas tidur yang cukup. Durasi istirahat yang kurang dari 8 - 9 jam saat malam sebelum berolahraga membuat level hormon stres bertambah tinggi disaat pagi. Jika tetap dipaksakan utnuk berolahraga, akan merasakan pusing karena efek kelelahan dan stress dari hormon tersebut.

5.     Adanya penurunan level atau kadar gula dalam tubuh
Apabila merasa pusing, khususnya saat melakukan aktivitas berolahraga, itu memberi pertanda bahwa level atau kadar gula darah dalam tubuh mengalami penuruna secara tiba-tiba, yaitu berada di bawah 80 mg/dl. Kondisi seperti ini dapat memicu keluarnya keringat dingin pada tubuh, rasa gemetar, serta rasa lapar. Salah satu penyebab penurunan level atau kadar gula darah dalam tubuh adalah kurangnya asupan makanan sebelum melaksanakan olahraga.
  
Dari ke lima faktor Penyebab Kepala Pusing Setelah Olahraga, nyatanya bisa dicegah atau diminimalisir dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu, mulai dengan olahraga secara bertahap dari ringan sedang hingga ke berat (bila perlu), dan buatlah jadwal olah raga secara teratur.

No comments:

Powered by Blogger.