10 Aplikasi Untuk Menemukan HP Android Yang Hilang Atau di Curi

10 Aplikasi Untuk Menemukan HP Android Yang Hilang Atau di Curi - Hidup di jaman serba canggih seperti sekarang, memang terlihat mudah untuk melakukan hal apapun, tak terkecuali untuk melacak atau menemukan smartphone yang hilang. Duh, sayang banget kan kalau sampai hilang dan jatuh ke tangan orang yang salah, terlebih apabila smartphone tersebut tidak di lock menggunakan sandi ataupun pin, privasi akan mudah diketahui oleh orang lain.

Aplikasi Untuk Menemukan HP Android Yang Hilang

Nah untuk sekedar informasi dan berjaga-jaga aja nih yaaa, nggak ada salahnya kok kamu mengetahui bagaimana sih caranya menemukan kembali smartphone yang hilang, kalau pakai cara di telepon atau di sms itu udah kuno banget, kini ada cara lain yang bisa kamu lakukan sebagai berikut :

1. Menggunakan aplikasi Clap To Find
Aplikasi Clap To Find bekerja dengan cara merespon kode dengan tepukan tangan kamu yang telah disimpan sebelumnya. Kelebihan aplikasi ini tetap mampu merespon dengan bunyi atau suara sesuai dengan yang telah kamu set, meskipun smartphone kamu dalam mode silent.

Baca juga : Aplikasi android untuk mendapatkan pulsa gratis all operator

Untuk menemukan smartphone yang hilang dengan Clap To Find, pertama kamu harus mendownload dan menginstalnya di smartphone Android mu terlebih dahulu. Kemudian atur Alert Settings dan Clap Detection Sensitivity, lalu pilih opsi Enabled. Cara kerja aplikasi Clap To Find hanya dengan beberapa kali bertepuk tangan, minimal tiga kali pengulangan tepukan yang kamu lakukan.

2. Menggunakan aplikasi Android Device Manager
Google memiliki fitur yang dinamakan Android Device Manager yang dapat digunakan untuk melacak smartphone anda melalui komputer atau smartphone lain. Caranya cukup mudah, cukup buka Google dan ketik “Smartphone Lost”, peta dan lokasi smartphone kamu akan langsung muncul di layar. Namun untuk melakukan hal ini kamu diharuskan untuk melakukan login sebelum diberikan peta lengkap beserta penunjuk lokasi smartphone. Kamu bisa membunyikan smartphone dengan opsi “Ring” atau menghapus seluruh data dengan menggunakan opsi “Recover”. Dengan begitu, kamu dapat menemukan kembali atau menghapus data penting dari smartphone.

3. Menggunakan aplikasi Whistle Android Finder
Setelah aplikasi Whistle Android Finderterinstall dengan baik di smartphone mu, kemudian atur sensitivitas suara siulan kamu pada menu Whistle Sensitivity Setup. Setelah itu silahkan Anda masukkan suara siulan anda agar bisa disimpan oleh aplikasi ini.

4. Menggunakan Perangkat Android Wear Smartwatch
Kini tidak hanya perangkat Apple saja yang sudah memiliki wearable tambahan untuk gadget-gadgetnya, tapi sudah banyak sekali smartphone android yang telah dibundling dengan perangkat smartwatch juga seperti Samsung, Xiaomi, Asus, dan lain sebagainya. Mencari perangkat Android yang hilang atau lupa tempat simpannya dengan menggunakan smartwatch atau wearable lainnya juga masih tetap menggunakan fitur Android Device Manager. Karena, pada perangkat wearable ini tidak memiliki akses internet sendiri, yang memang harus bergantung dengan perangkat smartphonenya.

Baca juga : Dengan aplikasi ini, kamera android akan secanggih DSLR

Jadi cara ini sebenarnya hanya bisa kamu manfaatkan apabila memang smartphone kamu berada masih berada dekat dengan posisi dimana kamu berada. Kelebihan dari perangakat wearable ini adalah bisa untuk langsung mengkases data-data yang ada di dalam perangkat smartphone android kamu secara langsung, bahkan menghapusnya dengan cepat dari pada harus membuka halaman website lagi.

5. Menggunakan aplikasi Ring My Droid
Install terlebih dahulu aplikasinya tersebut langsung dari Google Play Store. Jika proses instalasi telah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi tersebut langsung, lalu silahkan isikan Key Phrase yang mudah kamu ingat dan aktifkan. Karena, cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan memanfaatkan key phrase tersebut. Saat kamu lupa tempat simpan atau kehilang smartphone, maka kamu bisa menggunakan hp teman atau hp kamu yang lain untuk mengirimkan pesan teks atau SMS ke nomor yang ada di dalam smartphone yang hilang tersebut dengan menggunakan Key Phrase yang kamu input tadi. Jika SMS kamu sudah masuk ke dalam smartphone yang hilang, maka aplikasi ini akan secara otomatis membaca isi pesan tersebut, lalu melakukan verifikasi terhadap key phrase. Jika key phrase-nya cocok, maka smartphone kamu akan langsung berbunyi, walaupun dalam keadaan mode silent.

6. Menggunakan Find My Phone
Fitur lain milik Google yang dapat membantu untuk melacak smartphone yang hilang ini juga bisa mengunci layar dari jarak jauh. Kamu juga bisa melakukan panggilan telepon, mengeluarkan akun Google dari smartphone dan menghapus seluruh data. Yang menarik, kamu bisa mengunci layar dan memberikan pemberitahuan di layar smartphone. Dengan begitu, bila seseorang menemukan smartphone kamu, dia bisa langsung menghubungi dan mengembalikan perangkat elektronik ini. Sama dengan Android Device Manager, untuk menggunakan fitur ini, kamu harus memasukkan ID google dan password-nya. Setelah itu, kamu akan diberikan pilihan untuk mengunci smartphone dan memberikan pesan beserta nomer telepon yang bisa dihubungi.

7. Menggunakan Google Map Location History atau Timeline
Untuk menggunakan Timeline, kamu bisa memasuki Google map dari web browser komputer dan pilih “Your Timeline”. Setelah itu, pilih hari ketika smartphone kamu hilang.Di bagian kiri, kamu akan diperlihatkan perjalanan kamu sesuai dengan waktu yang ada. Dengan menggunakan GPS, akan terlihat smartphone kamu bergerak ke mana saja. Jika smartphone dicuri,kamu akan bisa dengan mudah melacak kemana maling smartphone itu membawanya pergi.

8. Menggunakan atau pasang aplikasi Plan B
Jika kamu tidak memiliki tau tida memasang aplikasi pelacak sebelum smartphone hilang, Plan B menyediakan solusinya. kamu bisa memasang aplikasi ini dengan membuka Google Play Store melalui komputer, masukkan id google dan password kamu, kemudian cari Plan B dari daftar aplikasi. Kemudian pasang melalui jarak jauh dan sms nomor smartphone kamu yang hilang dengan tulisan “Locate”. Aplikasi ini akan menggunakan Wi-Fi, GPS dan sinyal nomer smartphone kamu untuk melacak lokasi smartphone saat ini.

Plan B akan mengirimkan kamu sebuah email jika smartphone kamu dalam keadaan diam di tempat, dan akan mengirim email lain jika smartphone kamu bergerak. Terus sms “Locate” setiap 10 menit ke nomer smartphone kamu untuk mengetahui lokasinya secara real time. Dengan begitu, kamu akan bisa menangkap orang yang menemukan atau mencuri smartphone yang kamu miliki.

9. Menggunakan aplikasi Lockwatch
Aplikasi Lockwatch memungkinkan kamu untuk bisa menemukan lokasi dimana smartphone hilang. Berikut cara memakai aplikasi Lockwatch :

  • Download dulu aplikasi Lockwatch di Google Play Store.
  • Setelah itu buka aplikasinya, centang pada menu "Mengirim notifikasi ke email anda" >>> aktifkan.
  • Pada menu "email pemberitahuan", silahkan masukkan alamat email yang ada di samrtphone yang hilang tersebut.
  • Jika sudah memasukkan email, tunggu saja sampai ada notifikasi melalui email yang sebelumnya sudah anda masukkan tadi.
  • Aplikasi Lockwatch bisa mengetahui dan mengontrol beberapa aktifitas yang di lakukan pada ponsel yang hilang tersebut, memotret foto pelaku berulang-ulang, notifikasi saat si penemu hp mengganti SIM card di hp tersebut, merekam klik suara, mengirim sms, mengirim email dan menetapkan lokasi GPS.


10. Menggunakan aplikasi Cloud Storage DropBox
Cloud Storage DropBox merupakan layanan penyimpanan online yang bisa kita manfaatkan untuk menemukan smartphone yang hilang. Dalam Cloud Storage DropBox ini memiliki fitur yang disebut dengan camera upload, dimana setiap foto yang kita ambil akan secara otomatis di upload kedalam penyimanan online akun DropBox yang kamu miliki. Berikut caranya :

  • Login ke akun DropBox kamu melalui browser PC, dan kamu juga harus menggunakan akun yang sama dengan akun yang ada di smartphone yang hilang.
  • Setelah itu cek foto yang sudah terupload dalam penyimpanan online DropBox tersebut, jika orang yang menemukan belum melakukan aktifitas foto maka tunggu saja sampai ada foto baru yang terupload.


No comments:

Powered by Blogger.