Peranan, Tugas dan Tanggung Jawab Divisi HRD di Perusahaan

Sering mendengar kata "HRD" namun tahukah anda apakah HRD itu? untuk menambah ilmu pengetahuan, dengan artikel ini kami akan mengulas secara detail mengenai apa itu HRD beserta tugasnya dalam suatu perusahaan.



Mungkin beberapa dari anda sudah mengetaui apa itu HRD namun hanya sebatas Human Resources Development yang sering kali disebut bagian kepegawaian atau personalia dalam perusahaan, hal itu memang benar namun untuk lebih jelasnya HRD atau Human Resources Development, adalah departemen dari perusahaan yang tugas utamanya mengelola sumber daya manusia di perusahaan.

Dimulai dari tugas perencanaan yang sering disebut perencanaan SDM, rekruitmen atau seleksi penerimaan karyawan baru sesuai dengan posisi jabatan yang diperlukan oleh perusahaan, pengembangan sering disebut pelatihan dan pengembangan karyawan perusahaan, manajemen kinerja sering disebut performance management, gaji sering disebut kompensasi dan benefit dan menumbuhkan hubungan kerja yang sering disebut dengan hubungan Industrial.



Baca juga : Peranan serta tugas general affair didalam perusahaan

Dilihat dari segi fungsi HRD yaitu internal dan eksternal.Fungsi internal yaitu seirang HRD yang
  1. bertugas sebagai trainer terhadap kepegawaian didalam perusahaan.
  2. Fungsi eksternal sendiri seorang HRD yang mengemban tugas menjadi konseling diluar lingkup perusahaan dapat dilihat dari tingkat kemampuan dan kemampuannya yang tinggi.

Seorang HRD pun dapat dikategorikan sebagai HRD yang baik, apabila memiliki kriteria sebagai berikut ;
  1. Mampu melakukan tugasnya dengan penuh rasa cinta dan hormat.
  2. Tidak mudah menyerrah meskipun berhadapan dengan berbagai masalah atau hambatan-hambatan yang ada.
  3. Bersyukur akan semua yang didapatkan dan selalu menerima apa yang telah ia lakukakan
  4. Kepercayaan diri mampu meningkatkan hasil yang maksimal.
  5. Selalu disiplin untuk tepat waktu secara tidak sadar kamu merhargai dirimu dan orang lain.
  6. Open Minded atau berpikiran terbuka dan selalu mengikuti semua perubahan positif yang ada.
  7. Memiliki integritas yang tinggi.
  8. Memiliki kemampuan berhubungan dengan orang lain denngan baik dan dapat bergabung dengan berbagai kalangan dan golongan.
  9. Bermimpi dan berpikir besar dimana setiap orang dapat bermimpi dan meluangkan pemikiran yang besar dan berkembang untuk perusahaan yang dinaungi.

Tugas seorang HRD yang umumnya diketahui oleh orang awam adalah mengurus pengiklanan informasi lowongan pekerjaan dengan posisi atau jabatan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan, diukuti dengan proses seleksi atau rekruitmen dari mulai menyortir lamaran pekerjaan yang masuk, interview, test seleksi atau tes psikologi, dan mengatur jadwal interview dengan user.

Namun pada kenyataannya HRD bukanlah sebuah predikat jabatan melainkan nama sebuah divisi, sehinggan jabatan pada divisi HRD ini masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Human Resources of Development Manager
Pengawasan dan  mengevaluasi anggaran perusahaan demi terwujudnya anggaran yang efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan. Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap setiap sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan. Melaksanakan seleksi dan promosi terhadap sumber daya manusia yang dianggap berhak dalam perusahaan. Menjalankan kegiatan pengembangan skill terhadap sumber daya manusia yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Mengemban tanggung jawab atas rekapitulasi absen setiap sumber daya manusia di perusahaan dan perhitungan gaji tunjangan serta bonus.

2. Human Resources of Development Recruitment
Membentuk prosedur untuk recruitment sumber daya manusia baru. Memasang iklan lamaran dan menyortirnya kemudian melaksanakan test psikologi dan wawancara kerja terhadap sumber daya manusia yang lolos di tahap awal juga adalah salah satu tugas HRD recruitment. Hal ini dilakukan agar mengetahui apakah sikap dan perilaku si pelamar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. General Affair Supervisor
Mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan kantor dalam hal peralatan kerja dan sarana prasarana. Menangani hubungan yang berkaitan dengan vendor atau supplier yang diajak kerjasama oleh perusahaan. Menyiapkan laporan yang akan dipakai saat rapat anggaran, laporan keuangan dan beban biaya perusahaan.

4. Non Material Warehouse Staff
Bertanggung jawab atas keluar masuknya barang-barang yang akan dipakai untuk menunjang kegiatan perusahaan. Melakukan kontrol dan pengawasan terhadap barang-barang keperluan kantor.

5. Compensation and Benefit Supervisor
Merawat fasilitas perumahan berupa perumahan, kendaraan, telepon, dan komputer sesuai dengan policy. Melakukan payroll dengan memakai data yang sebenarnya sehingga pembayaran gaji terhadap sumber daya manusia di perusahaan bisa berjalan secara tepat dan benar.

6. Payroll Staff
Mengurus proses pengambilan cuti dan tukar shift karyawan yang ada di perusahaan. Ikut membantu tugas HRD Administrasi dalam hal pengarsipan.

7. Welfare Staff
Membuat laporan dana iuran pensiun, Memeriksa hal-hal yang berkaitan izin sakit karyawan serta memberikan dana pengganti terhadap sumber daya manusia yang sakit setelah ia sudah memberikan resep.

8. Training and Development Supervisor
Memberikan training kepada newcomer dimana setahun sekali mengadakan seminar yang mempunya tema memberi motivasi kepada karyawan agar seluruh karyawan mempunyai semangat kerja yang positif.

No comments:

Powered by Blogger.