Tetap Bahagia Meskipun Tidak Punya Uang

Tetap Bahagia Meskpiun Tidak Punya Uang

Tidak semuanya bisa dibeli dengan uang. Uang bukanlah segalanya. Tapi tidak memiliki uang disaat kondisi tertentu membuat pusing tidak karuan. Pada kenyataannya menjalani hidup, uang sangat berguna untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Dengan adanya uang pula bisa untuk melakukan sesuatu untuk menyenangkan diri sendiri seperti halnya liburan, belanja, kuliner, bersedekah menyenangkan orang tua, membatu orang lain yang membutuhkan dan lain sebagainya. Dari itulah uang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia.

Namanya saja roda kehidupan selalu berputar, terkadanf berada diatas kadang juga berada dibawah, nah ketika dibawah itulah disaat tidak memiliki uang. Lalu apakah bisa ketika tidak memiliki uang namun tetap bahagia? pertanyaan tersebut rasanya terlalu dalam ya bila direnungi. Berikut ini beberapa cara agar tetap mendapat kebahagian disaat tidak memiliki uang :


1. Positif thinking

Berfikir positif nyatanya sangat diperlukan didalam kondisi apapun tak terkecuali ketika tidak memiliki uang. Namun kenyataanya disaat tidak memiliki uang pikiran negatif selalu aja nongol dikepala sehingga membuat kita terlarut-larut dalam masalah ini.

Karena berpikiran negatif energinya juga cukup besar, disaat kita terlalu memikirkan masalah sepele atau kecil kita akan dijauhkan dari rasa kebahagiaan, yang akan berdampak stress dikemudian hari.

Nah untuk meminimalisir terjadinya stress ketika tidak memiliki uang ada baiknya kita mulai mengatur pola pikir yang positif seperti halnya bagaimana caranya keluar dari situasi tidak memiliki uang, usaha apa yang perlu dilakukan agar memiliki uang kembali, dan pelajaran apa yang didapat ketika berada didalam kondisi tidak memiliki uang.

Dengan begitu, energi positif akan mengalir begitu saja dikepala anda, jadi sering-seringlah berpikir positif yaaa.


Baca juga : Hal sepele yang menyebabkan kamu dibenci orang lain

2. Bersabar dan bersyukur

Jangan mudah berputus asa dan berkeluh kesah. Jika saat ini sedang diuji dengan tidak memiliki uang, alangkah baiknya anda bisa bersabar. Bersabar memang tidak mudah dalam kondisi seperti ini. Jika mampu bersabar, maka Tuhan akan memudahkan semua urusan termasuk urusan keuangan.

Bersyukur itu bukan saja ucapan “alhamdulillah”, namun lebih kepada suasana jiwa yang selalu mampu menerima dengan setiap pemberian dari Tuhan.

Yakinlah rejeki itu datangnya dari Tuhan, bukan dari manusia, sebagai  manusia hanyalah berusaha dan berdoa, untuk hasil kita serahkan pada Tuhan kita. Untuk itu hendaklah selalu bersyukur atas pemberian rejeki yang Tuhan berikan.


3. Membantu kesulitan orang lain dengan apa yang kita miliki saat ini

Pada kenyataannya menolang tidak selalu identik dengan uang, jika kamu saat ini sedang tidak memiliki uang namun ingin tetap membantu kesulitas orang lain, bisa tetap anda lakukan, antara lain dengan cara menyumbangkan baju pantas pakai kepada korban bencana alam dengan mendatangi posko yang ada, membantu anak tetangga yang mengalami kesulitan dengan pelajaran sekolahannya, menolong orang tua yang hendak menyeberang jalan, atau sekedar ikut mendoakan saudara-saudara diluar sana yang sedang mengalami cobaan. Semua itu bila dilakukan dengan ikhlas akan memberika rasa kebahagiaan terhadap diri sendiri dan orang lain.


4. Lakukan sesuatu hal yang seru bersama teman

Tidak setiap kali kesempatan bersenang-senang bersama teman selalu membutuhkan uang. Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kesenangan tanpa mengeluarkan uang, contohnya biasanya pada akhir pekan di kota tempat tinggalmu banyak acara atau festival yang diselenggarakan dengan tema beragam mulai dari musik hingga hobi.

Kabar baiknya lagi, acara atau festival tersebut sering tidak memungut biaya tiket masuk alias gratis jadi bagi kamu yang sedang tidak memiliki uang tetap bisa mendapat kesenangan dengan adanya acara ini. Meskipun gratis, tapi acaranya dikemas dengan apik, pengisi acaranya juga tidak main-main.

Baca juga : Keistimewaan seoarang pemalas

Kamu bisa juga merelakan kamar atau rumahmu dijadikan tempat nongkrong dengan begitu tidak perlu merogoh kocek seperti halnya ketika nongkrong di kafe-kafe. Kenyataannya memang bisa kok merasakan kesenangan tanpa harus mengeluarkan uang, mungkin saja kitanya yang tidak sadar hal itu ketika sedang berduit.

No comments:

Powered by Blogger.