5 Lokasi Wisata Mistis Dan Menyeramkan Di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

5 Lokasi Wisata Mistis Di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

Segala hal-hal yang berbau mistis menjadi sesuatu yang lumrah bagi masyarakat Indonesia. Maka tidaklah mengherankan jika berbagai industi yang mengusung tema misteri selalu mampu menarik minat wisatawan, mulai dari restoran, sampai tur wisata ke tempat-tempat angker. Di tempat-tempat wisata yang terlihat indah hingga bersejarah pun ternyata diyakini oleh sebagian orang sebagai tempat yang angker. Dan hampir diseluruh kota besar di Indonesia memiliki tempat-tempat yang diyakini dihuni oleh makhluk-makhluk tak kasat mata. Apakah Anda berani mengunjungi tempat-tempat paling angker di Indonesia berikut ini?

Negeri Mayat Hidup - Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Bagi Anda penggemar serial TV The Walking Dead, anda pasti sudah hapal dengan bentuk visual dari para mayat hidup, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Zombie. Jika anda ingin melihat mayat hidup yang sesungguhnya, Tana Toraja adalah jawabannya. Disini para mayat hidup benar-benar ada dan menjadi bagian dari ritual upacara adat. Sebagai salah satu budaya dengan ritual pemakaman tertua di dunia, masyarakat Toraja meyakini bahwa kematian bukanlah sesuatu yang menakutkan.

Negeri Mayat Hidup - Tana Toraja
Negeri Mayat Hidup - Tana Toraja
Mereka “merayakan kematian” dengan mengadakan prosesi pemakaman secara megah, bahkan rela menabung hingga bertahun-tahun agar bisa “merayakan” kembali kematian kerabat mereka. Selama bertahun-tahun itu, jenazah yang meninggal disimpan di dalam rumah dan diperlakukan selayaknya ia makhluk yang masih hidup, dengan diberi makan, dimandikan, terkadang dibawa ke luar rumah.
Baca juga : Wisata alam lembah gunung madu Boyolali
Menurut kepercayaan masyarakat Toraja, seseorang baru benar-benar meninggal setelah selesai dilakukan upacara pemakaman, dimana lusinan kerbau dan babi sengaja dikorbankan untuk “perayaan”  yang berlangsung sampai 11 hari lamanya. Kemudian, secara bergotong royong, arak-arakan membawa jenazah tersebut menuju bukit batu, di mana peti mati mereka telah dipersiapkan.

Bagian lain dari tradisi langka ini adalah, anggota keluarga yang masih hidup akan memandikan dan menggantikan pakaian sang jenazah setiap tahun lewat upacara Ma’Nene. Dan tak berakhir sampai di situ, jenazah kemudian dibawa ke tempat di mana mereka meninggal lalu dibiarkan berjalan kembali ke bukit. Sebagai penghormatan terakhir, dibuat pula patung-patung kayu dengan bentuk menyerupai sang jenazah lengkap dengan pakaian dan perhiasan, patung-patung kayu itu diletakkan pada lubang-lubang bukit. Masyarakat Toraja percaya bahwa patung-patung ini akan diisi oleh roh mereka yang telah meninggal supaya tetap bisa menjaga keluarganya.

Tana Toraja
Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Kerajaan Tak Kasat Mata - Gunung Merapi, Yogyakarta

Sama seperti halnya Yogyakarta yang sistem pemerintahan dijalankan oleh Keraton, gunung Merapi Yogyakarta pun diyakini terdapat sebuah kerajaan yang tak kasat mata! Sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, gunung yang menjulang setinggi 3000 meter di atas permukaan laut ini keindahan pesona alam yang mampu menarik perhatian para ribuan wisatawan setiap tahunnya.

Di balik pesonanya, konon di sekeliling area gunung merapi terdapat kerajaan tak kasat mata yang mengendalikan permukaan pegunungan, mulai dari kesuburan tanah, cuaca, hingga letusannya. Kepercayaan tersebut membuat masyarakat setempat justru menghormati keberadaan makhluk-makhluk tak kasat mata tersebut dengan terus menjaga lingkungan sekitar gunung berapi.

gunung merapi
Salah satu lokasi yang jadi favorit para penggemar mistis adalah pasar Bubrah, yang letaknya tak jauh dari puncak gunung. Area ini juga kerap digunakan sebagai lokasi berkemah bagi para pendaki yang ingin berburu sunrise, dan ketika larut malam, di area ini sering terdengar suara hiruk pikuk layaknya aktivitas di tengah pasar, dan sesekali terdengar sayup-sayup suara gamelan.
Baca juga : Daftar hotel murah dikota jogja
Spot angker lain di kawasan gunung merapi adalah, sebuah bunker tua, yang konon ceritanya, ada dua orang penjaga yang tewas terpanggang lahar panas saat gunung ini meletus. Dan menurut kepercayaan, kawah gunung merapi merupakan gerbang menuju kerajaan gaib, sekali anda masuk, jangan harap Anda bisa kembali.

Gunung Merapi
Lokasi: Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali 57363

Saksi Bisu Peristiwa Berdarah - Lubang Buaya, Jakarta

Sejatinya, sebuah monumen dibangun sebagai pengingat akan sejarah di masa lampau. Dan Lubang Buaya merupakan salah satu saksi Bisu akan peristiwa bersejarah mengenai pembunuhan sadis terhadap tujuh orang perwira TNI pada tahun 1965 silam.

lubang buaya
Peristiwa berdarah tersebut akhirnya memicu kudeta militer terhadap Presiden Soekarno kala itu.Dan dua puluh lima tahun kemudian, sebuah museum didirikan untuk mengedukasi serta mengenang peristiwa kelam tersebut. Di museum ini, terdapat berbagai diorama patung-patung lilin yang menggambarkan bagaimana para jendral tersebut diciduk dan dibantai.

 Hal yang paling menarik ditempat ini adalah, terdapatnya sebuah sumur kecil, tempat di mana jenazah ketujuh jendral tersebut dibuang.Hingga saat ini, tragedi tersebut masih menjadi kontroversi, terutama perihal bagaimana kejadian yang sebenarnya terjadi.
Baca juga : Tempat wisata air yang wajib kamu coba
Peristiwa kelam tersebut konon membuat tempat ini menyimpan berbagai peristiwa janggal dan menyimpan aura mistis. Ditempat ini kabarnya masih sering terdengar suara-suara tangisan misterius dari arah sumur maut, juga suara-suara langkah kaki di lorong museum saat tengah malam, ditambah pakaian-pakaian yang dikenakan para jendral saat dibunuh pun masih bisa kita lihat sisa-sisa lumuran darah kering.

Lubang Buaya
Lokasi: Monumen Pancasila Saki, Jl. Raya Pondok Gede, Jakarta 13810
Jam Operasional: 09.00 – 16.00
Tiket Masuk: Rp5.000,-
Telepon: 021-840 0423

Seribu Kisah Seram Di Balik Seribu Pintu -  Lawang Sewu, Semarang

Sebagai salah satu tempat wisata paling angker di Indonesia, Lawang Sewu kerap dijadikan lokasi syuting beberapa reality show misteri, vlogger, hingga komunitas pecinta mistis yang ingin merasakan dan melihat langsung penampakan-penampakan makhluk gaib. Terletak di jantung Kota Semarang, Lawang Sewu merupakan simbol kejayaan era kolonial Belanda di Indonesia, fisik bangunannya sendiri terlihat amat megah dan modern pada jamannya.

lawang sewu
lawang sewu
Lorong-lorong bawah tanah yang berguna sebagai ruang sirkulasi udara, sekaligus difungsikan sebagai terowongan penghubung antara kediaman Gubernur dengan pelabuhan.Di masa penjajahan Jepang, Lawang Sewu dipergunakan sebagai markas utama mereka di Semarang. Lorong-lorong bawah tanah dipergunakan sebagai penjara, di mana para tawanan disiksa dengan kejam, lalu kepala mereka dipenggal dan ditumpuk di sudut ruangan. Di lantai atas, suasananya lebih mencekam lagi, konon jika anda beruntung, Anda bisa melihat hantu seorang wanita muda yang sering bergentayangan di area menara.

Lawang Sewu
Lokasi: Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Semarang, Jawa Tengah 13220. Koordinat di sini.
Jam Operasional: 06.00 – 18.00
Tiket Masuk: Rp10.000,- (Lawang Sewu) | Rp30.000,- (ruang bawah tanah)


Bangunan Paling Angker Di Kota Bandung - Bandung Medical Centre

Konon, bangunan ini merupakan bangunan peninggalan Belanda, tetapi sayang sekali tidak ada kejelasan informasi mengenai siapa yang mendirikan dan kapan bangunan ini didirikan. Adapun informasi lain yang mengatakan bahwa dulunya merupaka rumah sakit polri yang saat melakukan renovasi terjadi sengketa dan akhirnya ditutup.

Kini bangunan ini sudah tidak terawat, kumuh, dan kotor selama 18 tahun, meskipun demikian, tidak sedikit orang-orang dari luar kota yang sengaja datang ke tempat ini untuk mencoba “uji nyali”, peristiwa-peristiwa diluar akal sehat pun kerap mereka rasakan, maka tidaklah mengherankan jika cerita mistis tentang tempat ini, selain membuat merinding, juga membuat pecinta wisata misteri penasaran.

Bandung medical center
Menurut orang-orang yang pernah berkunjung ketempat ini,  ruangan bayi adalah ruangan yang paling menyeramkan, dan sering terjadi penampakan. Di dalam bangunan ini terdapat pula sebuah ruang yang disegel dan pengunjung dilarang memasukinya, karena kabarnya, setiap pengunjung yang memasuki ruang tersebut sering mengalami kesurupan, dan tempat itu merupakan kamar mayat.

Bandung Medical Centre
Panatayuda Lebakgede, Jalan Taman Sari, Coblong, Kota Bandung

Terlepas dari berbagai rumor mengenai peristiwa-peristiwa janggal di sebuah tempat wisata, sejatinya gedung-gedung bersejarah mengajarkan kita untuk mengenal dan semakin menghargai kekayaan sejarah bangsa. Bagi anda penggemar wisata sejarah sekaligus wisata mistis, anda bisa memulai dengan cek harga pesawat menuju lokasi-lokasi diatas terlebih dahulu. Temukan tiket pesawat Nam Air yang menyediakan rute penerbangan langsung menuju kota-kota besar di seluruh Indonesia. Booking dan beli tiketnya melalui situs Reservasi.com.





No comments:

Powered by Blogger.