Peran Penting Tenaga Marketing Dalam Penjualan

tenaga marketing

Tenaga marketing merupakan bagian penting dari perusahaan untuk menentukan kemajuan dari perusahaan tersebut, salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan perusahaan antara lain, meningkatkan prosentase penjualan produk.

Seorang marketing erat kaitannya dengan komunikasi karena tugasnya memang membangun interaksi dengan calon pembeli agar tertarik membeli produk yang ditawarkan. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak dibeli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu ataupun kualitas saat melakukan pembelian.

Jadi kita sebagai konsumen bisa dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para marketing dalam melakukan tugasnya.

Secara komplek tugas marketing adalah sebagai berikut :
  1. Membangun interaksi dengan konsumen sebaik mungkin melalui produk yang ditawarkan, misal saja menawarkan genset gas, dengan memberikan informasi sedetail mungkin mengenai spesifikasi dan harga genset tersebut, kelebihan, garansi, ketersediaan spare part, harga genset dan lain sebagainya. Hal tersebut sebagai perwujudan konsep marketing communication.
  2. Meningkatkan angka jual genset demi perkembangan perusahaan, disinilah marketing berperan sebagai sales.
  3. Mampu menjembatani calon pembeli dengan distributor genset dimana tempat marketing itu bekerja, merupakan salah satu aspek marketing promotion.
  4. Menyerap berbagai informasi penting yang berguna meningkatkan kualitas dan penjualan genset gas adalah bentuk marketing sebagai riset pengembangan distributor genset.

Dengan adanya marketing, calon pembeli dapat memperoleh informasi sebelum membeli produk. Misalnya saja anda memiliki usaha jual mesin genset murah untuk perkantoran ataupun rumah tangga, anda bisa memanfaatkan tenaga marketing untuk mempromosikan produk yang anda jual ke konsumen. Marketing yang baik umumnya akan menjelaskan produk tersebut secara detail sehingga konsumen menjadi tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Marketing sama halnya tumpuan sebuah perusahaan, semakin cepat seorang marketing mencapai target penjualan, berpengaruh besar pada kemajuan perusahann tersebut dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, seorang marketing harus pintar membidik calon pembeli yang benar-benar berpontensi membeli produk yang ditawarkan.

No comments:

Powered by Blogger.