Jasa Cuci Sepatu Bisnis Modal Kecil Omset Puluhan Juta


Makin ketatnya persaingan di dunia bisnis, makin banyak pula peluang usaha baru dengan modal kecil yang mendatangkan banyak kuntungan bagi mereka yang mau bekerja keras merintis dalam usaha. Makin banyaknya kebutuhan manusia, pelaku usaha harus jeli dalam memanfaatkan peluang bisnis atau usaha baru tersebut.

Contohnya saja bisnis laundry, beberapa tahun silam bisnis laundry masih disepelekan, karena beranggapan pakaian bisa dicuci sendiri di rumah tanpa harus dicucikan oleh orang lain, namun saat ini laundry justru menjadi bisnis yang banyak dilirik oleh siapapun yang ingin membuka usaha.

Laundry identik dengan jasa pencucian pakaian, gorden, sprey dan boneka saja. Namun saat ini peluang bisnis baru muncul lagi dan tidak jauh-jauh dari laundry yaitu bisnis laundry sepatu yang kini telah mulai menjamur dan digeluti oleh para pemuda. Bisnis laundry ini menawarkan pendapatan yang tidak sedikit yang tiap bulannya bisa menginjak dinominal puluhan juta.



Adanya peluang bisnis ini memang dikarenakan pada saat itu sulitnya mencari jasa perawatan sepatu, ditambah lagi kurangnya pemahaman dari pemakai sepatu mengenau bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan sepatunya. Peluang itulah yang bisa kita manfaatkan untuk membersihkan sepatu milik orang lain dengan sabun dan teknik khusus yang sudah kita miliki. Bagaimana mendapatkan ilmu cara mencuci sepatu ? Bisa saja diperoleh dari teman yang berpengalaman atau dari artikel yang bisa ditemukan secara mudah di internet.

Baca juga : Bisnis modal kecil keuntungan besar

Untuk harga jasa laundry sepatu tergantung dari service yang diperlukan sepatu konsumen, jadi setiap sepatu harga yang dipatok pasti berbeda. Biasanya service yang ditawarkan yaitu cleaning Rp 20.000 hingga Rp 60.000, pewarnaan sepatu kembali Rp 100.000 hingga Rp 150.000, pengeleman sepatu sekitar Rp 40.000. Patokan harga jasa laundry tersebut bisa menghasilkan omset perbulannya mencapai Rp 30.000.000 apabila mampu mengerjakan 200 hingga 300 pasang sepatu dari konsumen.

Untuk bahan-bahan pembersih yang dipakai digunakan produk pembersih dari luar negeri, tapi ada juga yang memakai produk pembersih dalam negeri.

Masalah Yang Dihadapi Menekuni Usaha Cuci Sepatu

Menekuni usaha ini, problem atau masalah yang akan anda hadapi adalah tetntang kepercayaan konsumen yang tidak percaya dengan produk pembersih dalam negeri, mereka cenderung percaya dengan harga mahal produk pembersih dari luar negeri.

Baca juga : Tips mengembangkan usaha kecil menjadi besar

Selain itu 2 dari 10 konsumen juga ada yang ingin sepatunya buru-buru diselesaikan, padahal dari jasa perawatan sepatu ini tidak bisa bila dikerjakan secara buru-buru, tapi dengan berjalannya waktu, konsumen yang awam akan paham dengan kinerja cara merawat sepatu dengan baik dan benar.

Ada satu lagi resiko usaha jasa cuci sepatu yang harus kalian pahami, yaitu kesalah pahaman konsumen. Konsumen yang awam akan mengira kalau jenis usaha ini bisa menyulap sepatu yang rusak bisa berubah menjadi baru lagi, padalah bukan seperti itu pemahanya.

Usaha loundry atau cuci sepatu ini hanya membersihkan serta merawat sepatu yang kotor karena sering digunakan untuk beraktifitas. Misalnya saja sepatu olahraga sering anda gunakan untuk berlari di medan yang penuh tanah dan tanah tersebut menempel pada sepatu yang anda gunakan, tugas dari cuci sepatu adalah membersihkan sepatu anda dari tanah yang menempel tersebut, bukan menyulapnya jadi baru lagi.

Setiap jenis usaha pasti memiliki resiko dan kelebihan masing-masing, kreatifitas pemilik usahalah yang bisa menyelesaikan semua resiko tersebut, sehingga konsumen tidak salah paham lagi dan pelanggan semakin loyal dengan usaha yang sedang anda rintis.

No comments:

Powered by Blogger.